cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018" : 5 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK KE PAUD Aisyah Cendrakasih Samoeri
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini adalah bahwa rendahnya minat orang tua dalam menyekolahkan anak ke lembaga PAUD Di Desa Sungai Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua, minat merupakan unsur perasaan manusia untuk melakukan sesuatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya ke PAUD di desa sungai kuning. Metode yang digunakan dalam pngumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke PAUD di desa sungai kuning antara lain yaitu: faktor ekomoni keluarga, (2) kurangnya motivasi dalam diri orang tua dalam menjalankan minatnya, (3) faktor kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya PAUD, (4) kurangnya rasa percaya orang tua kepada sekolah karena kompetensi yang dimiliki oleh guru
PENGARUH PENGGUNAAN LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK Boru Rona Batubara
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan lagu terhadap penguasaan kosa kata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru dan untuk mengetahui metode penerapan penggunaan lagu terhadap penguasaan kosa kata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru. penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 19 orang anak di TK Angkasa Pekanbaru. menggunakan metode sampling jenuh. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 17 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan lagu yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi kemampuan penguasaan kosa kata bahasa inggris 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru. Kemudian dapat diketahui signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian penggunaan lagu berpengaruh signifikan dan meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa inggris 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru.
ANALISIS PENGASUHAN PADA ANAK TEMPER TANTRUM DI TK PERTIWI DWP SETDA PROVINSI RIAU Diah Ardianingsih
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa anak dengan ciri-ciri suka mengamuk jika permintaannya anak tersebut tidak terpenuhi, anak yang suka mengganggu dan membuat temannya menangis, Ada anak yang suka berebut mainan dikelas teman dan merengut jika apa yang dia inginkan tidak terpenuhi. Dan juga mengamuk, menangis, menendang serta memukul. Menunjukkan perilaku tantrum yang merupakan salah satu ciri anak bermasalah dalam perkembangan emosi mereka. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap anak dan orang tua anak sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit perilaku tantrum pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengasuhan orang tua memiliki peran penting atau memiliki andil terhadap sikap tantrum pada anak dimana pola asuh yang tepat dapat menghindari timbulnya temper tantrum pada anak. Hal ini bias dilihat faktor psikologis atau seperti orangtua yang terlalu menuntut anak sesuai harapan orangtua; dan faktor orangtua, yakni pola asuh yang merupakan pondasi awal pada anak orang tua membentuk karakter anak melalui pola asuh yang diterapkan kepada anaknya
ANALISIS PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN PARENTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Divita Ardia Utari
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Amal Ikhlas. Informan adalah Guru dan orang tua, untuk memperoleh data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Data analisis partisipasi orang tua dalam meningkatkan kegiatan parenting, digunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil temuan menunjukan 1). Partisipasi orang tua dalam kegiatan parenting anak masih rendah. Orang tua percayakan sepenuhnya pendidikan pada guru di TK Amal Ikhlas Dari 6 orang tua, hanya satu orang yang memiliki persepsi positif terhadap kegaiatan Parenting. Orang tua juga belum memahami pentingnya partisipasi orang tua dan manfaat serta tujuan partisipasi orang tua. Orang tua menganggap bahwa partisipasi orang tua tidak terlalu penting untuk anak. Orang tua yang menyekolahkan anaknya di TK Amal Ikhalas masih sebagian besar tidak berpartisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. 2). Selain faktor internal, pendidikan dan keadaan ekonomi orang tua, faktor eksternal juga berpengaruh terhadap partisipasi orang tua. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah lingkungan dan sosialisasi. Faktor lingkungan diketahui bahwa orang tua yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan parenting anak di TK Amal Ikhlas menyatakan tidak ada motivasi dari keluarga untuk berpartisipasi di TK Amal Ikhalas. Sedangkan faktor sosialisasi diketahui bahwa sosialisasi yang dilakukan masih sangat kurang.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI APE ROBOT MOBIL KONTROL ANALOG PADA ANAK (5-6 TAHUN) Eka Juannita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 1 (2018): JURNAL TALENTA VOL. IX NO. 1 JUNI 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru. Untuk itu diperlukan suatu peningkatan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan meningkatkan kognitif anak, penggunaan alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog. Perumusan masalah dapat peneliti rumuskan sebagai berikut : Apakah dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun melalui alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingginya peningkatan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dalam belajar seraya bermain menggunakan alat permainan edukatif robot mobil control analog di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatau pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan. Yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah subjek penelitian 18 orang anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil persentase tindakan kelas yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan menggunakan alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5