cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal Transformation of Mandalika
ISSN : -     EISSN : 27455882     DOI : -
Journal Transformation Of Mandalika (JTM) e-ISSN 2745-5882 is a scientific journal that accepts articles for publication in all scientific fields. Published every month since September 2020.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): September" : 5 Documents clear
Kendala Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM): Literatur Review Lubis, Eli Marlina
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.793 KB) | DOI: 10.36312/jtm.v1i1.683

Abstract

Penyebab utama kematian secara global pada abad ke 2 adalah penyakit menular. Salah satu target dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 khususnya pada goal 3: Ensure healthy lives and well-being adalah penyakit menular. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyakit menular harus menjadi prioritas nasional yang membutuhkan penanganan secara lintas sektor termasuk Indonesia. Capaian Posbindu PTM tahun 2017-2018 belum sesuai target nasional dalam rencana strategi Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019 sebesar 50%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan Program Posbindu PTM di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan database Google Scholar terbitan tahun 2018-2022. Hasil penelitian dari 20 artikel menunjukkan bahwa Program Posbindu PTM belum berjalan secara optimal karena terdapat beberapa kendala yang dittemukan. Kendala dalam input seperti SDM, dana, dan sarana prasarana yang kurang mencukupi, selain input dalam proses juga terdapat kendala yaitu komunikasi dan koordinasi, pengawasan, monitoring dan evaluasi.
Pengaruh Kurikulum Darurat Covid dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Rosmana, Primanita Sholihah; Abdillah, Dania; Putri, Nanda Aditya; Alfazriani, Rifa Sani
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.327 KB) | DOI: 10.36312/jtm.v1i1.684

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 sangat berdampak dalam kehidupan, tidak hanya pada bidang ekonomi namun bidang pendidikan pun ikut terdampak dengan signifikan yang mengharuskan siswa belajar secara jarak jauh yang disebut pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai keadaan kurikulum darurat covid dalam membentuk kemandirian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan pengumpulan data melalui pengisian angket. Subjek penelitian ini adalah semua orang yang bersedia mengisi survey di googleform yang dituju khusus kepada Guru dan Orang Tua Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 8 hari, dimulai dari penyebaran angket hingga penyusunan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum darurat covid ini membantu guru dalam proses pembelajaran yang lebih leluasa dan meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar
Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS Kesehatan Pertiwi, Cindy
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.091 KB) | DOI: 10.36312/jtm.v1i1.685

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah tindakan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat umum, dimana meliputi perencanaan, pencatatan, pelaporan, yang disatukan dalam suatu sistem. Setiap individu berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari pemerintah yang bertanggung jawab menciptakan bentuk pelayanan kesehatan yang aman serta mudah dijangkau oleh khlayak masyarakat. Penigkatan kesehatan harus di lakukan dengan perilaku sehat meliputi kesadaran,kemampuan serta minat individu tersebut. Tingginya minat masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan ternyata masih di barengi dengan pelayanan yang tidak sesuai yang diharapkan. Dengan demikian masih belum sejalan dengan keinginan pemerintah saat meluncurkan BPJS Kesehatan.
Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS dan Non BPJS di Rumah Sakit Swasta Metta Medika di Kota Sibolga Tanjung, Dwi Vira Azzahra
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.358 KB) | DOI: 10.36312/jtm.v1i1.689

Abstract

Secara awam Mutu atau kualitas pelayanan yaitu sebagai elemen yang berguna pada pelayanan kesehatan yang mampu untuk suatu kepuasan pada masyarakat yang berobat sebagai yang memakai Sebuah jasa suatu pelayanan kesehatan di 2019 keikut persertaan pada jaminan kesehatan nasional (JKN) yang berdalih sangat di haruskan bagi seluruh warga tanpa terkecuali, sebab ini penentu sangat terdampak pada dibutuhkannya segala fasilitas kesehatan yang lebih berasal sebelumnya mengakomodasi peserta JKN,.Metode pada penelitian disini menggunakan metode penelitian Analisis kuantitatif,menggunakan desain kompratif yakni komparatif Sama seperti penelitian deskriptif yang bermaksud mencari jawaban secara yang paling mendasse tentang tee up Tanya sebab-akibat, dengan mengupayakan faktor-faktor penyebab bisa terjadinya ataupun munculnya suatu fenomena dalam tertentu.Informan yang diambik dalam penelitian ini ada sebanyak 30 informan yakni terdiri dari 15 peserta yang BPJS dan 15 peserta yang Non BPJS. Teknik pengumpulan data pada penelitian initerdapat wawancara dengan responden menggunakan Kusioner. Data yang diperoleh (berupa angka dalam bentuk kusioner) dan pada bentuk tabel agar dapat menemukan hasil yang nyata dalam setiap penelitian. Hasil Penelitian ini yakni pasien BPJS di Rumah sakit metta medika dengan mutu pelayanan(Tangible,Realibility, Responsive, Assurance dan Emphaty)merasa baik dan puas berturut-turut sebanyak (40,0%), (26,7%) , (33,3%) ,(46,7%) , (26,7%) dan yakni pasien Non BPJS di Rumah sakit metta medika dengan mutu pelayanan(Tangible,Realibility, Responsive, Assurance dan Emphaty)merasa baik dan puas berturut-turut sebanyak (46,7%), (60,0%) , (26,7%) ,(53,3%) , (40,0%).
Perencanaan Arshitektur Enterprise Dinas Kukm Perindag Kabupaten Penajam Paser Utara Niswa, Niswa; Hadisaputro, Elvin Leander
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.707 KB) | DOI: 10.36312/jtm.v1i1.690

Abstract

The Open Group framework (TOGAF) adalah suatu framework untuk Arsitektur perusahaan yang memberikan pendekatan yang komprehensif untuk perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan Arsitektur informasi perusahaan. Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Penajam memerlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan teknologi informasi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Penajam saat ini pada tahap penggunaan aplikasi office, seperti dalam membuat laporan, membuat data anggaran, membuat laporan retribusi, membuat data umkm, laporan hasil kebijakan, dan hasil evaluasi. kegiatan penelitian yang dilakukan Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan dengan cara berinteraksi langsung oleh kepala Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan. Dalam hal ini wawancara dilakukan dengan pihak yang dianggap mengetahui dan menguasai seluk beluk yang bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang berkaitan dengan proses penelitian yang sedang berjalan dan dukungan teknologi informasi pada Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan framework TOGAF untuk merencanakan Arsitektur Enterprise dan teknologi informasi yang mengoordinasikan aktivitas dan strategi sistem informasi. Perencanaan Arsitektur perusahaan dan teknologi informasi adalah pencapaian utama dari Arsitektur TOGAF Arsitektur bisnis, Arsitektur aplikasi, Arsitektur data, dan Arsitektur teknologi. Kemudian pada Perancangan Arsitektur menggunakan togaf dapat meningkatkan pelayaanan yang ada di Dinas Perindakop Penajam Paser Utara

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 10 (2025): Oktober Vol. 6 No. 9 (2025): September Vol. 6 No. 8 (2025): Agustus Vol. 6 No. 7 (2025): Juli Vol. 6 No. 6 (2025): Juni Vol. 6 No. 5 (2025): Mei Vol. 6 No. 4 (2025): April Vol. 6 No. 3 (2025): Maret Vol. 6 No. 2 (2025): Februari Vol. 6 No. 1 (2025): Januari Vol. 5 No. 12 (2024): Desember Vol. 5 No. 11 (2024): November Vol. 5 No. 10 (2024): Oktober Vol. 5 No. 9 (2024): September Vol. 5 No. 8 (2024): Agustus Vol. 5 No. 7 (2024): Juli Vol. 5 No. 6 (2024): Juni Vol. 5 No. 5 (2024): Mei Vol. 5 No. 4 (2024): April Vol. 5 No. 3 (2024): Maret Vol. 5 No. 2 (2024): Februari Vol. 5 No. 1 (2024): Januari Vol. 4 No. 12 (2023): Desember Vol. 4 No. 11 (2023): November Vol. 4 No. 10 (2023): Oktober Vol. 4 No. 9 (2023): September Vol. 4 No. 8 (2023): Agustus Vol. 4 No. 7 (2023): Juli Vol. 4 No. 6 (2023): Juni Vol. 4 No. 5 (2023): Mei Vol. 4 No. 4 (2023): April Vol. 4 No. 3 (2023): Maret Vol. 4 No. 2 (2023): Februari Vol. 4 No. 1 (2023): Januari Vol. 3 No. 12 (2022): Desember Vol. 3 No. 11 (2022): November Vol. 3 No. 10 (2022): Oktober Vol. 3 No. 9 (2022): September Vol. 3 No. 8 (2022): Agustus Vol. 3 No. 7 (2022): Juli Vol. 3 No. 6 (2022): Juni Vol. 3 No. 5 (2022): Mei Vol. 3 No. 4 (2022): April Vol. 3 No. 3 (2022): Maret Vol. 3 No. 2 (2022): Februari Vol. 3 No. 1 (2022): Januari Vol. 2 No. 12 (2021): Desember Vol. 2 No. 11 (2021): November Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober Vol. 2 No. 9 (2021): September Vol. 2 No. 8 (2021): Agustus Vol. 2 No. 7 (2021): Juli Vol. 2 No. 6 (2021): Juni Vol. 2 No. 5 (2021): Mei Vol. 2 No. 4 (2021): April Vol. 2 No. 3 (2021): Maret Vol. 2 No. 2 (2021): Februari Vol. 2 No. 1 (2021): Januari Vol. 1 No. 4 (2020): Desember Vol. 1 No. 3 (2020): November Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober Vol. 1 No. 1 (2020): September More Issue