cover
Contact Name
Ridho Bayu Yefterson
Contact Email
kronologi@ppj.unp.ac.id
Phone
+6281363439428
Journal Mail Official
ridhobayuyefter@fis.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sejarah Jalan Prof. Dr Hamka, Kampu UNP Air Tawar Barat, Padang-Sumbar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Kronologi
ISSN : 2655996X     EISSN : 27223515     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan menginspirasi. Jurnal Kronologi berusaha menjembatani hal ini. Hasil riset akhir mahasiswa baik yang berkaitan sejarah murni dan penelitian berhubungan dengan pendidikan sejarah. Semuanya dipandang layak untuk dipublikasikan. Jurnal kronologi sebagai wadahnya. Bukan saja hasil penelitian mahasiswa sejarah Universitas Negeri Padang akan tetapi secara luas hasil penelitian akhir mahasiswa dari seluruh universitas yang terdapat di Indonesia.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi" : 20 Documents clear
Pengembangan LKPD Menggunakan Video Sebagai Stimulus Untuk Melatih Berfikir HOTS Peserta Didik SMA Semen Padang afniarti afniarti; Zafri Zafri
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.649 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.143

Abstract

Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan pertanyaan maupun materi yang baik dan disusun berdasarkan ketentuan HOTS seperti ketentuan yang tercatum dalam kurikulum 2013, hal ini tentunya akan membantu, mendorong dan melatih peserta didik untuk bisa berpikir kritis dan analisis mengerjakan soal atau memecahkan permasalahan yang ada dalam pembelajaran sejarah. Tujuan mengembangkan LKPD menggunakan video sebagai stimulus adalah untuk melatih berfikir HOTS dalam pembelajaran sejarah serta valid atau pantas digunakan. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Development disingkat dengan R & D. Model yang dipakai di penelitian ini yaitu model ADDIE. Yang dimulai dengan analisis, desain, development, implementasi dan diakhiri dengan evaluasi. Pada tahap pertama yaitu analisis, dimulai dengan analisis kebutuhan seperti melakukan observasi atau tinjauan kesekolah tempat dilaksanakan penelitian dan analisis kurikulum. pada tahap desain yaitu merancang LKPD yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan pertama dilakukan validasi angket, validasi HOTS dan validasi bahan ajar yang divalidasi oleh ahli HOTS dan ahli bahan ajar untuk melihat kevalidan dari produk. Penelitian ini memiliki keterbatasan hanya sampai pengembangan. Penelitian ini memperoleh hasil dari validasi HOTS dan validasi bahan ajar yang dilakukan sebanyak 2 kali. Hasil materi HOTS berdasarkan kevalidan HOTS yaitu 3,60 dalam kategori sangat valid dan hasil analisis bahan ajar yaitu 3,62 dalam kategori sangat valid. Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, LKPD, HOTS
Perbandingan Kompetensi Profesional Guru Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021 indah sari; Zafri Zafri
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.78 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.144

Abstract

The purpose of this study was to identify significant differences in the professional competence of teachers based on the educational background of Indonesian history subjects at MAN 2 Mandailing Natal for the 2020/2021 school year. This study of research used is ex post facto. Ex post facto in Latin means ex post facto, which is a study where the independent variables have occurred when the researcher started by observing the dependent variables in a study. The technique used to compare the professional competence of teachers based on different educational backgrounds of teachers in the Indonesian history subject at MAN 2 Mandailing Natal for the 2020/2021 academic year is through descriptive analysis and test requirements in the form of normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. Based on the results of research conducted at MAN 2 Mandailing Natal, there is a difference between the professional competence of teachers with historical education backgrounds and the professional competences of non-historical teachers in history subjects at MAN 2 Mandailing Natal in the academic year 2020/2021. This is evidenced by the average value of the professional competence ability of teachers with historical education background has an average of 127.22 and the professional competence of non-historical teachers has an average of 86.54. This is also evident from the percentage of students who state that the professional competence of teachers with historical education background is very good, namely reaching 85,1%, while the percentage of students who say that the professional competence of the teacher is very good for teachers who do not have a historical education background is only 16,2%.
Pengembangan E-LKPD Untuk Melatih Historical Empathy Peserta Didik SMA Amalini Lutfia Ozila; Aisiah Aisiah
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.082 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.146

Abstract

Dalam pembelajaran sejarah, penting peserta didik untuk memahami mengapa dan bagaimana orang di masa lalu membuat keputusan beberapa keadaan dengan cara mereka lakukan. Guru sejarah perlu melatih historical empathy peserta didik. Salah satu cara dengan menggunakan media dalam bentuk LKPD berbentuk elektronik agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan E-LKPD untuk melatih historical empathy peserta didik; (2) untuk menguji kelayakan dan kepraktisan E-LKPD untuk historical empathy peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Uji kelayakan produk melibatkan ahli materi sejarah Indonesia dan ahli LKPD. Uji praktikalitas produk melibatkan dua orang guru dan 34 orang peserta didik kelas. Hasil uji kelayakan dari ahli materi sejarah Indonesia adalah 3.8 dengan kategori sangat layak dan dari ahli LKPD adalah 3.7 kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas E-LKPD oleh guru adalah 3.6 kategori sangat praktis dan peserta didik 3.5 kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD untuk melatih historical empathy peserta didik layak dan praktis digunakan.
Bahan Ajar Ebook dengan Perspektif Sejarah Lokal Kota Padang Rahfit Syahputra; Ridho Bayu Yefterson
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.492 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.148

Abstract

Historical learning can actually make students think critically and have the skills to think cause and effect to understand a historical event. One way that can be done to make history learning more meaningful is by innovating teaching materials into digital teaching materials in which there are contextual materials such as local history and containing supporting media including pictures and videos. This study aims (1) to describe the stages of the development of e-book teaching materials for Indonesian history subjects in the perspective of local history in the city of Padang in order to practice causal thinking skills. (2) To test and describe the feasibility of e-book teaching materials for Indonesian history subjects in the perspective of local history in Padang City which was developed in order to train causal thinking skills. (3) To describe the practicality of e-book teaching materials for Indonesian history subjects in the perspective of local history in Padang City which was developed in order to train the ability to think cause and effect. The method in this research is the method of research and development or R&D. Researchers used the ADDIE model in developing e-book teaching materials in the perspective of the local history of Padang City but it was trimmed down to ADDI so that this research stage only reached the implementation stage. The results showed that the material "Resistance against the Allies Comes to Indonesia" in this case the Battle of Surabaya and the local context of the Battle of the Padang Area is very suitable to be used to train students' causal thinking skills. The evaluation of e-book teaching materials experts from the perspective of local history in Padang City also shows that the teaching materials developed are very suitable to be used to train causal thinking skills as well as teaching materials in history learning. The practicality of the teacher shows that e-book teaching materials from the perspective of local history in Padang City are very practical to be used as teaching materials in learning Indonesian history and training the ability to think cause and effect. Keywords: E-book Teaching Materials, Local History, Thinking Cause and Effect, History Learning
Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Pelayangan Setelah Dibangunnya Infrastruktur Jembatan Gentala Arasy Tahun 2015-2021 Friska dewi ayuning Putri; Azmi Fitrisia
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.196 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.151

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Pelayangan Jambi Seberang serta dampak pembangunan infrastruktur Jembatan Gentala Arasy terhadap kehidupan masyrakat Kecamatan Pelayangan. Fokus kajian pada pembangunan infrastruktur Jembatan Gentala Arasy dari tahun 2015 sampai tahun 2021. Penelitian ini penting karena dengan dibangunnya Jembatan Gentala Arasy apakah perekonomian masyarakat Kecamatan Pelayangan semakin meningkat atau semakin menurun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tahun 2015 sampai tahun 2021, terjadi dinamika kehidupan sosial ekonomi terhadap masyarakat Kecamatan Pelayangan. Manusia sebagai makhluk sosial yang terus berkembang berupaya untuk beradaptasi dengan lingkungan serta perubahan yang terjadi. Hal ini mendasari terjadinya dinamika dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Pelayangan. Pembangunan infrastruktur jembatan secara langsung maupun tidak langsung telah mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kota Jambi Seberang khususnya masyarakat Kecamatan Pelayangan. Perubahan sosial ekonomi yang terjadi ada yang bernilai positif dan ada juga yang bernilai negatif. Terlepas dari dakpak-dampak yang dirasakan masyarakat sebagai akibat dari pembangunan Jembatan Gentala Arasy. Pembangunan infrastruktur jembatan ini sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan suatu daerah. Kata Kunci: Infrastruktur, Jembatan, Sosial Ekonomi
Gempa Bumi Padang Panjang dan Dampaknya terhadap Perguruan Diniyah Putri tahun 1926 - 1935 Afdal Aqzami; Siti Fatimah
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.441 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.152

Abstract

Gempa Bumi Padang Panjang dan Dampaknya terhadap Perguruan Diniyah Putri tahun 1926 – 1935 Afdal Aqzami, Siti Fatimah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Afdalaqzami48@gmail.com Abstract This study is a historical study that discusses the events of the Padang Panjang earthquake in 1926 and its impact on Diniyah Putri College from 1926 to 1935. The purpose of the study was to describe how the impact of the 1926 earthquake on West Sumatra, especially the impact of the 1926 earthquake on Diniyah Putri College and the Development of Diniyah Putri College after the 1926 earthquake. This study uses historical research methods through four stages. The first stage, Heuristics is to find and collect sources of information to obtain related data. The second stage is the criticism of sources both internally and externally. The third stage is the analysis and interpretation of data. The fourth stage, is to describe the results of research in the form of scientific writing, namely articles. The results of this study showed that in 1926 there was an earthquake that destroyed minangkabau earth. Because of this disaster, Diniyah Putri had suffered a downturn because her school building was destroyed and other losses. But in the end Diniyah Putri can rise again from the slump and maintain her existence. Keywords: College, Diniyah Putri, Earthquakes, Development, Impact. Abstrak Penelitian ini merupakan kajian sejarah yang membahas tentang peristiwa gempa bumi Padang Panjang tahun 1926 dan dampaknya terhadap Perguruan Diniyah Putri dari tahun 1926 – 1935. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana dampak gempa bumi 1926 terhadap Sumatera Barat, terutama dampak dari gempa bumi 1926 terhadap Perguruan Diniyah Putri dan Perkembangan Perguruan Diniyah Putri setelah gempa bumi 1926. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui empat tahap. Tahap pertama, Heuristik yaitu mencari dan mengumpulkan sumber informasi untuk mendapatkan data-data yang berkaitan. Tahap kedua, ialah kritik sumber baik internal ataupun eksternal. Tahap ketiga, ialah analisis dan interpretasi data. Tahap keempat, ialah mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah yaitu artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 1926 terjadi bencana gempa bumi yang meluluhlantakkan bumi Minangkabau. Dikarenakan bencana ini, Diniyah Putri sempat mengalami keterpurukan karena gedung sekolahnya hancur dan kerugian – kerugian lainnya yang menimpa Diniyah Putri. Namun pada akhirnya Diniyah Putri dapat kembali bangkit dari keterpurukan dan mempertahankan eksistensinya. Kata Kunci: Perguruan, Diniyah Putri, Gempa Bumi, Perkembangan, Dampak.
Pasang Surut Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir Tahun 1994-2020 yola magrisya; Siti Fatimah
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.741 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.153

Abstract

Abstract This research is a historical study of education which discusses the ups and downs of Dr. Muhammad Natsir 1994-2020. The purpose of this research is to describe how the ups and downs of Dr. Muhammad Natsir in Batu Bagiriak Jorong Galagah Nagari Alahan Panjang, Lembah Gumanti District, Solok Regency 1994-2020. This study uses the historical method with the following steps: Heuristics, or data collection after the data is obtained, then the source criticism process uses external criticism and internal criticism and data interpretation. The final stage is writing history or historiography so that this research can be completed. The results of this study indicate that in its development Dr. Muhammad Natsir experienced ups and downs. Dr. Muhammad Natsir was founded on 17 July 1994, who is now 26 years old in his journey that began in 1994 Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir experienced up and down in 2004 the boarding school experienced a decrease in the number of students due to policies issued by the government. In maintaining its existence in the future Dr. Muhammad Natsir has a purpose as well as a vision and mission. This is used so that the operation of the boarding school moves on the track that has been mandated by the leadership of the boarding school so that the hopes and ideals of the boarding school in the future can be achieved. Keywords: Educational Institutions, Dr. Muhammad Natsir Islamic Boarding School Abstrak Penelitian ini Merupakan Kajian Sejarah pendidikan yang membahas tentang Pasang Surut Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir Tahun 1994-2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Pasang Surut Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir Di Batu Bagiriak Jorong Galagah Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Tahun 1994-2020. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah: Heuristik, atau pengumpulan data setelah data di dapatkan kemudian proses kritik sumber menggunakan kritik eksternal dan krtik internal dan interpretasi data, tahap akhir adalah penulisan sejarah atau historiografi sehingga penelitian ini dapat diselesaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perkembangannya Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir mengalami Pasang Surut. Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir berdiri pada tanggal 17 Juli 1994 yang sekarang berusia 26 tahun dalam perjalananya yang dimulai dari tahun 1994 Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir mengalami up and down pada tahun 2004 pondok pesantren mengalami penurunan jumlah murid karena kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, Dalam mempertahankan eksistensinya di masa mendatang pondok pesantren Dr. Muhammad Natsir memiliki tujuan serta visi dan misi. Hal ini digunakan agar dalam operasioanalnya pondok pesantren bergerak pada track yang telah diamanatkan oleh pimpinan pondok pesantren sehingga harapan dan cita-cita pondok pesantren dimasa depan dapat tercapai. Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Pondok Pesantren Dr. Muhammad Natsir
Perkembangan Industri Gelamai Utama Kota Payakumbuh Tahun 1994-2020 Afdhal Maryadi; Zul Asri
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.594 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.154

Abstract

Abstract This study aims to see the development of the traditional gelamai food business (typical of the Darek or Payakumbuh region) from its inception to the decline in production in 2020. The method used in this research is a historical research method which is divided into four steps, namely heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. The result of this research is that the Gelamai Utama Industry has developed betterly in terms of capital and marketing. Gelamai Utama is able to become one of the largest production plants in the city of Payakumbuh, even in the province of West Sumatra. Keywords: Gelamai, Industry, and Development Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat perkembangan usaha makanan tradisional gelamai (makanan khas daerah Darek atau Payakumbuh) dari awal berdiri sampai penurunan produksi pada tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian sejarah yang terbagi dalam empat langkah, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah bahwa Industri Gelamai Utama mengalami perkembangan yang cukup baik terutama dari segi modal dan pemasaran. Gelamai Utama mampu menjadi salah satu pabrik produksi gelamai terbesar yang ada di kota Payakumbuh, bahkan wilayah provinsi Sumatera Barat. Kata Kunci : Gelamai, Industri, dan Perkembangan
Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah Rana Yolanda; Wahidul Basri
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.013 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.155

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terdapatnya bahan ajar digital yang memadai untuk membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Selain itu, kurangnya penggunaan media mengakibatkan proses pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan modul elektronik berbasis flip pdf pro dengan tujuan membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Dalam pengembangan modul elektronik ini dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas terbagi dua yaitu uji validitas materi dan bahan ajar. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru sejarah dan 20 orang peserta didik kelas X IPA 2. Hasil dari uji validitas materi dan bahan ajar oleh validator materi sejarah Indonesia dan validator bahan ajar didapatkan hasil sebesar 3,6 dan 3,52 dengan kategori sangat layak oleh ahli materi dan bahan ajar. Sedangkan uji praktikalitas oleh guru sejarah dan siswa X IPA 2 di dapatkan hasil 3.88 dan 3,55 dengan kategori sangat praktis digunakan oleh guru dan siswa.
Bahan Ajar Handout Berbasis Gambar Dalam Melatih Kemampuan Berfikir Kronologis Siswa Maydia Suryani; Ridho Bayu Yefterson
Jurnal Kronologi Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.65 KB) | DOI: 10.24036/jk.v3i2.156

Abstract

Abstract The objectives of this study were (1) to determine the stages of developing image-based handout teaching materials. (2) determine the feasibilityof developing image-based handout teaching materials. Researchers use research development or R&D methods. The development model in this study is the ADDIE model. This development consists of Analysis (Analyze), Design (Design), Development (Development), Implementation (Implementation), Evaluation (Evaluation). However, this research was carried out only until the was depelopment stage (Development) the result showed that the image-based handout teaching materials were provent feasible to be applied in high school with the average data validation test from materials experts of 3,43 and 3.40. Based on the results of the validation test, it can be concluded that the image-based handout teaching materials is suitable for use in history learning. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tahapan pengembangan bahan ajar handout berbasis gambar. (2) mengetahui kalayakan dari pengembangan bahan ajar handout berbasis gambar. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Pengembangan ini terdiri dari Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Namun penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap Pengembangan (Development). Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar handout berbasis gambar terbukti layak untuk diterapkan di SMA dengan uji validasi data rata-rata dari ahli materi dan ahli bahan ajar sebesar 3,43 dan 3,40. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout berbasis gambar layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Bahan ajar Handout, Pembelajaran Sejarah , Berfikir Kronologis

Page 1 of 2 | Total Record : 20