cover
Contact Name
Muh. Hasbi Ash. Shiddiq
Contact Email
hasbi.m.as@iain-bone.ac.id
Phone
+6281332163600
Journal Mail Official
hasbi.m.as@iain-bone.ac.id
Editorial Address
JL. HOS Cokroaminoto Watampone Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan INDONESIA
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Islamic Economic and Business Journal
ISSN : 27158853     EISSN : 29631025     DOI : 10.30863/iebjournal.v5i1.4214
Core Subject : Economy,
IEB (Islamic Economic & Business) Journal is a scientific journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business IAIN Bone. This journal contains never-before-published articles in the form of research or applied research articles, study articles related to Sharia Economy and Environment, including Sharia Business, Sharia Banking, Sharia Marketing, Human Resources, Sharia Finance, Zakat, Waqf, Poverty Alleviation, Public Finance, Monetary Economics, Economic Development, Maqasid al-Syariah, Institutional Economics, Sharia Management, Corporate Governance , Risk Management, Securitization and Sukuk, Sharia Capital Market, Insurance and other topics related to this field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal" : 6 Documents clear
PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MURABAHAH, DAN IJARAH TERHADAP RETURN ON ASSET PADA BANK MUAMALAT INDONESIA Ambarwati, Egy; Septian Haerisma SEI, MSI, Alvien; Wahyuningsih SE,MM, Nining
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6623

Abstract

Berdasarkan data dari laporan publikasi triwulan Bank Muamalat Indonesia pada 5 tahun terakhir 2019-2023 menunjukkan bahwa produk pembiayaan Mudharabah, Murabahah serta Ijarah pada Bank Muamalat Indonesia mengalami fluktuasi setiap tahunnya sampai dengan 2023. Bank Muamalat Indonesia pada 2023 memiliki aset 61,4 triliun dan pertumbuhan aset sebesar 4,2%. Namun Bank Muamalat Indonesia hanya memiliki nilai ROA sebesar 0,09%, hal ini menunjukkan bahwa angka ROA memiliki nilai dibawah standar rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pembiayaan Mudharabah, Murabahah dan Ijarah terhadap peningkatan ROA pada Bank Muamalat Indonesia. Dalam penelitian ini yang diperoleh dari data sekunder yang berupa data time series dengan rentan waktu 5 tahun mulai dari tahun 2019 hingga 2023. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka, data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat pengolahandata SPSS 22. Pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap ROA menunjukkan nilai positif. Sedangkan pembiayaan murabahah dan ijarah menunjukkan nilai negatif terhadap ROA. Based on data from Bank Muamalat Indonesia's quarterly publication report for the last 5 years 2019-2023, it shows that Mudharabah, Murabahah and Ijarah financing products  at Bank Muamalat Indonesia fluctuate every year until 2023. Bank Muamalat Indonesia in 2023 has assets of 61.4 trillion and asset growth of 4.2%. However, Bank Muamalat Indonesia only has an ROA value of 0.09%, this shows that the ROA figure has a value below the average standard. This study aims to measure the effect of Mudharabah, Murabahah and Ijarah financing  on increasing ROA at Bank Muamalat Indonesia. In this study, which was obtained from secondary data in the form of time series data with a vulnerable time of 5 years starting from 2019 to 2023. Data collection using documentation methods and literature studies, the collected data was analyzed using multiple linear regression analysis with SPSS 22 data processing tools. The effect of mudharabah financing on ROA shows positive value. Meanwhile, murabahah and ijarah financing show a negative value to ROA.
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM MENYALURKAN PEMBIAYAAN AKAD MUSYARAKAH (Studi Kasus BSI KCP Cirebon Sisingamangaraja) Fitriyatun Napisah, Nida; Eka Setiowati, Nur; Septian Haerisma, Alvien
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan kontrak pembiayaan musyarakah, penggunaan prinsip 5C dalam penyaluran pembiayaan dengan kontrak musyarakah, serta dampak prinsip 5C terhadap manajemen risiko di BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif.Hasil penelitian ini meliputi: Pertama, mekanisme pembiayaan modal kerja dengan akad musyarakah dimulai dari pengajuan pembiayaan oleh calon nasabah, diikuti oleh analisis dan penilaian agunan oleh bank untuk memastikan keaslian dokumen yang diberikan. Setelah melalui beberapa tahap analisis dan pertimbangan berbagai aspek, bank memutuskan apakah permohonan pembiayaan disetujui atau ditolak. Kedua, manajemen risiko diterapkan menggunakan prinsip 5C oleh BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon sebelum memberikan pembiayaan. Karakter nasabah dinilai dari kedisiplinannya, kepribadian yang diketahui dari orang-orang terdekatnya, dan data pinjaman dari BI Checking. Kapasitas dinilai dari keuntungan usaha dan laporan keuangan nasabah, seperti pemasukan dan pengeluaran. Modal nasabah dipertimbangkan cukup kuat jika jumlah modal yang dimiliki besar. Ketiga, persentase pembiayaan bermasalah (Non-Performing Financing/NPF) di BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon di bawah 0,5%, menunjukkan efektivitas penyaluran pembiayaan. This study aims to understand the application of musharakah financing contracts, the use of 5C principles in the distribution of financing with musharakah contracts, and the impact of 5C principles on risk management at BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon. This research is qualitative, with data collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed using descriptive methods.The results of this study include: First, the mechanism of working capital financing with a musharakah contract starts from the application for financing by prospective customers, followed by analysis and collateral assessment by the bank to ensure the authenticity of the documents provided. After going through several stages of analysis and consideration of various aspects, the bank decides whether the financing application is approved or rejected. Second, risk management is implemented using the 5C principle by BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon before providing financing. The customer's character is judged by his discipline, known personality from the people closest to him, and loan data from BI Checking. Capacity is assessed from business profits and customer financial statements, such as income and expenses. Customer capital is considered strong enough if the amount of capital owned is large. Third, the percentage of non-performing financing (NPF) at BSI KCP Sisingamangaraja Cirebon is below 0.5%, indicating the effectiveness of financing distribution.
PENGARUH E-COMMERCE DAN PEMANFAATAN IT TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SECARA ONLINE PADA PELAKU USAHA KAUM MILENIAL MUSLIM KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT Putri, Irmadany; HIDAYATI DARWIS, RAHMA; ARDI, MUHAMMAD
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha milenial muslim, apakah e-commerce dan pemanfaatan IT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim di kecamatan Tanete Riattang Barat. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan dan melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu kemudian memberikan angket berupa pertanyaan melalui online yaitu google form dan juga turun langsung ke pelaku usaha sebanyak 98 sampel yang sesuai dengan data yang dibutuhkan, serta menggunakan analisis regresi linear berganda dan menggunakan bantuan aplikasi SPSS, Kemudian hasil data penelitian dianalisis dan dideskripsikan untuk melihat lebih jauh mengenai pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT  mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim kecamatan Tanete Riattang Barat sebesar 79% dan sisanya 21% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha milenial muslim, apakah e-commerce dan pemanfaatan IT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim di kecamatan Tanete Riattang Barat. The approach used in this research is a quantitative approach with a field research design. Initially, observations were conducted, followed by administering questionnaires online via Google Form and direct engagement with business owners, totaling 98 samples that met the required data. Multiple linear regression analysis was then performed using the SPSS application. Subsequently, the research data was analyzed and described to further explore the influence of e-commerce and IT utilization on online entrepreneurial interest. The research findings indicate that the influence of e-commerce and IT utilization significantly and positively affects the online entrepreneurial interest of millennial Muslim entrepreneurs in the Tanete Riattang Barat district by 79%, with the remaining 21% influenced by other variables outside the research model.
PERAN MEDIA DAN KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERSEPSI INVESTOR TERHADAP CITRA INVESTASI SYARIAH Jumarni, Jumarni
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6341

Abstract

Investasi syariah adalah salah satu alternatif investasi paling mutahir dalam memperoleh keuntungan tanpa keluar dari nilai etika dan kepatuhan terhadap hukum islam. Meskipun investasi syariah menawarkan potensi keuntungan yang signifikan, namun persepsi investor dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk informasi yang mereka terima melalui media dan komunikasi. Jika demikian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran dari media dan komunikasi dalam membentuk persepsi investor terhadap citra dari investasi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan peran dari media dan komunikasi dalam membentuk persepsi investor terhadap citra dari investasi syariah, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu literatur dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dan komunikasi memainkan peran penting dalam membentuk persepsi investor terhadap citra investasi syariah. Informasi yang disampaikan melalui media dan komunikasi dapat mempengaruhi minat dan pengetahuan investor terhadap investasi saham. Hal ini menunjukkan bagaimana media dan komunikasi mempengaruhi persepsi investor terhadap investasi syariah membantu merancang strategi yang lebih efektif untuk memperkuat citra investasi syariah secara keseluruhan.
RASIO KEUANGAN DAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII): MODEL DATA PANEL FATYMA, GYTA; ABDIBUHASYIM, MUHAMMAD
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6622

Abstract

Dalam berinvestasi, penting untuk mempertimbangkan tidak hanya return tetapi juga rasio keuangan yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Rasio dan imbal hasil keuangan tidak dapat dipisahkan karena memiliki hubungan positif; Rasio keuangan sangat kuat dalam memprediksi return saham di masa depan dan memiliki daya prediksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rasio lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap return saham bagi perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan Fixed Effect Model (FEM) sebagai model analisis terbaik. Hasil uji statistik dengan nilai probabilitas 0,0000 < 0,05 menunjukkan bahwa rasio keuangan berpengaruh signifikan terhadap return saham. In investing, it is important to consider not only returns but also the financial ratios that influence a company's performance. Financial ratios and returns are inseparable because they have a positive relationship; financial ratios are very strong in predicting future stock returns and have a higher predictive power compared to other ratios. This research aims to determine the effect of financial ratios on stock returns for companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) during the period 2020-2022. This study employs panel data regression analysis with the Fixed Effect Model (FEM) as the best analysis model. Statistical test results with a probability value of 0.0000 < 0.05 indicate that financial ratios have a significant influence on stock returns.
ANALISIS PENERAPAN SUSTAINABLE FASHION DAN TREND FORECASTING 2023-2024 PADA BUTIK WILSENWILLIM ARZAQ KARIMAH, NILNA; HERMAWAN ADINUGRAHA, HENDRI
Islamic Economic and Business Journal Vol. 6 No. 1 (2024): Islamic Economic and Business Journal
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/iebjournal.v6i1.6610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sustainable fashion dalam perekonomian, manfaat sustainable fashion, penerapan sustainable fashion sesuai dimensi keberlanjutan, dan penerapan tema berdasarkan prediksi tren butik Wisen Willim tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif kualitatif dengan melakukan kajian literatur, data, dan informasi secara komprehensif. Analisis data juga digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa butik Wisen Willim telah menerapkan sustainable fashion melalui proyek pengolahan step by step dengan menampilkan koleksi berkelanjutan pada acara atau fashion show yang diikutinya, menerapkan ekonomi sirkular di industri fashion seperti memperpanjang waktu penggunaan pakaian dan memberikan kesempatan untuk menyewa pakaian, serta mengedepankan aspek estetika daripada aspek keberlanjutan. Jika Anda ingin membuat pakaian yang ramah lingkungan dan tahan lama, sustainable fashion adalah pilihan yang tepat. Sangat penting bagi bisnis fashion untuk menerapkan tren berkelanjutan dan mengikuti tren yang terus berubah setiap tahunnya. Dengan melakukan hal tersebut, dampak negatif terhadap lingkungan dapat dikurangi dan minat beli konsumen dapat terus meningkat, yang berarti lingkungan aman dan produksi terus meningkat. Ini adalah tinjauan literatur terstruktur yang meneliti dan menjelaskan manfaat pakaian hijau berkelanjutan. Bagaimana pakaian hijau dapat diimplementasikan berdasarkan proyek daur ulang bertahap, ekonomi sirkular, dimensi keberlanjutan, dan peramalan tren 2023/2024. This research aims to evaluate the application of sustainable fashion in the economy, the benefits of sustainable fashion, the application of sustainable fashion according to sustainability dimensions, and the application of themes based on predicted trends for the Wisen Willim boutique in 2023/2024. This research uses qualitative and descriptive qualitative methodology by conducting a comprehensive review of literature, data, and information. Data analysis is also used.This research shows that the Wisen Willim boutique has implemented sustainable fashion through a step-by-step processing project by displaying sustainable collections at events or fashion shows that it participates in, implementing a circular economy in the fashion industry such as extending the time of use of clothes and providing opportunities to rent clothes, and prioritizing aspects aesthetics rather than sustainability aspects. If you want to make clothes that are environmentally friendly and long-lasting, sustainable fashion is the right choice. It is very important for fashion businesses to implement sustainable trends and follow trends that continue to change every year. By doing this, negative impacts on the environment can be reduced and consumer buying interest can continue to increase, which means the environment is safe and production continues to increase. This is a structured literature review that examines and explains the benefits of sustainable green clothing. How green clothing can be implemented based on step recycling projects, circular economy, sustainability dimensions, and trend forecasting 2023/2024.

Page 1 of 1 | Total Record : 6