cover
Contact Name
Rizki Amalia Tri Cahyani
Contact Email
rizkiatcahyani@gmail.com
Phone
+6285233000052
Journal Mail Official
media.teknik.sipil@umm.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Media Teknik Sipil
ISSN : 16933095     EISSN : 25977660     DOI : 10.2229.
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2019): Agustus" : 6 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Penting Penyebab Masalah Penambahan Biaya Pada Proyek Jalan Kabupaten Klaten Sahid, Muhammad Nur; Setianingsih, Ika; Solikhin, Mochamad; Mulyono, Gatot Slamet; Rahman, Burhan Fauzan Nur
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.169 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.9745

Abstract

Penambahan biaya pada proyek sering kali terjadi di luar rencana anggaran biaya yang telah dibuat, tak terkecuali penambahan biaya pada proyek jalan. Hal ini disebabkan ketika biaya aktual melebihi biaya yang telah dianggarkan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang penambahan biaya pada proyek jalan APBD Kabupaten Klaten tahun 2017 sampai 2018 yang dilakukan oleh kontraktor. Dari hasil pengisian kuesioner didapat 99 kuesioner yang telah diisi oleh kontraktor dan selanjutnya data tersebut diolah menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25. Dari hasil penelitian didapatkan faktor-faktor yang menjadi penyebab masalah penambahan biaya, yaitu Estimasi Biaya, Pelaksanaan dan Hubungan Kerja, Aspek Dokumen, Material, Tenaga Kerja, Peralatan, Keuangan Proyek, dan Waktu Pelaksanaan. Faktor dominan yang menjadi penyebab penambahan  biaya pada proyek jalan APBD Kabupaten Klaten tahun 2017 sampai 2018 adalah faktor Peralatan. Besarnya potensi penambahan biaya oleh kontraktor pada proyek jalan APBD Kabupaten Klaten tahun 2017 dan 2018 yaitu, 77 responden menjawab 1-5%, 14 responden menjawab 6-10%, 3 responden menjawab 11-15%, dan 3 responden lain menjawab 16-20%, serta 2 responden menjawab lebih besar dari 20%. 
Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Pendekatan Metode Earnead Value Concept (EVM) Utari, Rini Febri; Mahabella, Lintang Satiti
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.529 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.9734

Abstract

Metode EVM digunakan untuk mengkaji biaya dan waktu pada proyek konstruksi Gedung rawat inap kelas III BRSUD Kab Tabanan dengan nilai proyek sebesar Rp. 12.730.950.288 dengan rencana waktu pelaksanaan proyek selama 6 bulan (Desember 2018 – Juni 2019). Dalam EVM tiga unsur penting untuk menganalis varian keberhasilan proyek dari segi biaya dan waktu yaitu BCWP, BCWS dan ACWP.Pada proyek ini akan dikaji kinerja pada minggu ke 8,16 dan 23 karena ditemukan adanya indikasi keterlambatan dan besarnya nilai proyek dari anggaran. Adapun pada kajian EVM dalam penelitian ini, dapat mengungkapkan nilai varians biaya dan jadwal pada saat pelaporan yaitu pada minggu ke-8 dan ke-16 prediksi pekerjaan lebih cepat dari rencana tetapi biaya lebih tinggi dari anggaran. Namun pada minggu ke-23 CV dan SV bernilai positif maka menggambarkan Pekerjaan sesuai dengan anggaran dan jadwal lebih cepat dari rencana. Dan prediksi kondisi proyek berdasarkan indeks kinerja pada minggu ke-23 nilai CPI mengalami kenaikan menjadi lebih dari satu, hal ini menandakan kinerja proyek baik atau berarti  bahwa  penyelenggaraan  proyek lebih  baik  dari  perencanaan. Dan berdasarkan nilai BEAC dan SEAC proyek mengalami percepatan penyelesaian 25,98 minggu lebih cepat dari rencana dan anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan rencana anggaran.
Efek Penggunaan Balok Tidur Terhadap Perilaku Seismik Struktur Gedung Beton Bertulang Berlantai Banyak Muin, Resmi Bestari; Hidayat, Rahmat
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.9863

Abstract

Adakalanya balok tidur harus digunakan demi mendapatkan jumlah lantai yang lebih banyak, sementara berdasarkan ilmu gaya balok tidur kurang menghasilkan desain yang optimal, dan tentunya akan berpengaruh juga terhadap perilaku seismic struktur.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku bangunan terhadap beban gempa dengan menggunakan balok tidur. Objek penelitian ini menggunakan bangunan gedung berbentuk persegi panjang. Perilaku struktur bangunan yang ditinjau antara lain respon struktur berupa gaya geser dasar, periode getar struktur, simpangan total dan simpangan antar tingkat. Analisis terhadap beban gempa menggunakan analisis dinamis respons spektrum berdasarkan SNI 1726:2012 dengan bantuan software Robot Analysis Struktur versi 2019.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan balok tidur pada bangunan menurunkan kekakuan struktur, memperbesar periode getar struktur, memperkecil gaya geser dasar, memperbesar simpangan total dan simpangan antar tingkat. Akibat penggunaan balok lebar dengan luas yang sama dengan balok normal, menghasilkan jumlah tulangan yang dibutuhkan lebih banyak 1,218% dari balok normal.
Model Pelimpah Samping Bendungan Bajulmati menggunakan Lateral Structure pada Program Hec-Ras Orfa, Lourina Evanale; Saleh, Chairil
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.98 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.11175

Abstract

Pelimpah bendungan berfungsi untuk membuang kelebihan air tampungan pada saat kondisi banjir. Pada Bendungan Bajulmati, pelimpah yang digunakan adalah pelimpah samping. Program Hec-Ras digunakan untuk memodelkan aliran yang dilengkapi oleh model untuk menyerupai struktur di bagian aliran. Pada Program Hec-Ras terdapat Lateral Structure yang dapat memodelkan konstruksi pada sisi penampang saluran. Untuk memodelkan sesuai dengan karakteristik aliran di pelimpah samping maka akan digunakan Lateral Structure yang ada di Program Hec-Ras. Dari hasil permodelan menunjukkan bahwa permodelan geometri menggunakan Storage Area dan Lateral Structure dapat digunakan untuk memodelkan aliran di pelimpah. Tetapi harus diawali dulu dengan pembuatan initial condition untuk mendapatkan aliran dasar. Mengingat bahwa Program Hec Ras tidak bisa disimulasi untuk aliran kering. Boundary Condition hulu menggunakan debit inflow dan boundary condition hilir menggunakan muka air. Lateral Structure yang digunakan berupa weir karena pelimpah bendungan berupa pelimpah dengan tipe Ogee.
ANALISA KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN RAYA MOJOAGUNG – JALAN RAYA SUMOBITO – JALAN RAYA MOJOWARNO Amal, Andi Syaiful
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.256 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.9922

Abstract

Simpang empat bersinyal Jalan Raya Mojoagung  – Jalan Raya Sumobito – Jalan Raya Mojowarno, Jombang  merupakan  jalur  utama bus dan truk menuju arah Surabaya – Madiun – Solo – Yogyakarta dan juga terdapat pasar terpadu, dan pabrik serta berdekatan dengan daerah sekolah yang hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan, kecelakaan, antrian dan tundaan. Tujuan dilakukannya penelian ini untuk mengetahui kondisi karakteristik arus lalu lintas dan kinerja simpang empat bersinyal Jalan Raya Mojoagung  – Jalan Raya Sumobito – Jalan Raya Mojowarno,  Jombang.  Metode yang digunakan dalam penelitian  analisa kinerja simpang   bersinyal ini menggunakan/mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997 yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga. Hasil evaluasi kinerja simpang empat besinyal Jalan Raya Mojoagung  – Jalan Raya Sumobito – Jalan Raya Mojowarno dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan pada masing-masing lengan yaitu pendekat Utara DS = 0,75 dengan panjang antrian QL = 86,88 m, pendekat Selatan DS = 0,78 dan QL = 99,58 m, pendekat Timur DS = 0,94 dan QL = 254,70 m, pendekat Barat DS = 0,89 dan QL = 302 m. Tundaan rata-rata simpang 47,31 det/smp
Pemanfaatan Limbah Olahan Rotan sebagai Serat Beton Respati, Rida; Santoso, Achmad Imam
Media Teknik Sipil Vol 17, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jmts.v17i2.9489

Abstract

Kalimantan Tengah sebagai komoditas penghasil kerajinan rotan.Pemanfaatan limbah hasil kerajinan inilah yang digunakan sebagai serat pada beton. Adapun persentase yang digunakan adalah 0,1%, 0,3% dan 0,5% berdasarkan kebutuhan semen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang serat rotan jika digunakan pada campuran beton, mengetahui nilai kuat tekan yang dihasilkan akibat penambahan serat limbah rotan dan seberapa besar perbandingan yang terjadi akibat penambahan serat limbah rotan.Tahapan penelitian meliputi persiapan bahan, pemeriksaan bahan, pembuatan benda uji, perendaman benda uji, uji kuat tekan serta analisa dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kuat tekan rata-rata pada beton dengan tipe campuran tanpa serat sebesar 391,378 kg/cm², sedangkan pada tipe campuran 0,1% sebesar 371,734 kg/cm², tipe campuran 0,3% sebesar 308,267 kg/cm² dan tipe campuran 0,5% sebesar 297,689 kg/cm². Masing-masing pada tipe campuran terjadi penurunan sebesar 5,02 %, 21,24 % dan 23,94 %. Semakin banyak serat yang ditambah semakin menurun kuat tekan yang didapat, namun semakin banyak serat yang digunakan semakin besar kekuatan beton dalam menahan retakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6