Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual (Journal of Informatics Engineering and Visual Communication Design), particularly focuses on the main problems in the Computer and Design: Internet and E-Commerce; Computer Vision; Information System; Networking Big Data; Artificial Intelligence; Algorithm and Programming; Tipografi; Branding; Design Thinking; Budaya Visual; Fotografi; Periklanan; Ilustrasi; Nirmana; Lukisan;
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual"
:
9 Documents
clear
Tipografi Digital yang Mudah dan Menyenangkan Berbasis Filter Instagram
Ardina Candra Kirana;
Anung Rachman;
Asmoro Nurhadi Panindias
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tipografi adalah seni yang dalam merangkai suatu huruf menjadi sesuatu yang indah. Tipografi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia desain. Pada era globalisasi seperti sekarang, tipografi digital sudah sangat marak dilakukan. Ada berbagai macam aplikasi yang memudahkan dalam pembuatan tipografi digital. Namun tidak semua orang yang menyukai tipografi digital dapat membuatnya dengan mudah dan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu orang-orang yang ingin memiliki Instagram Story estetik dengan gaya kekinian tetapi tidak punya waktu untuk mengeditnya. Belakangan ini tengah marak trend tipografi untuk mempercantik Instagram Story. Perancangan filter Instagram Tipografi dengan menggunakan metode design thinking menurut penulis merupakan metode yang cukup relevan dan dapat memberikan solusi. Filter Instagram Tipografi nantinya akan terdiri dari beberapa template dengan preset warna sekaligus. Kata kunci: Filter, Design thinking, Tipografi digital, Instagram ABSTRACT Typography is the art of assembling letters into something beautiful. Typography has become an integral part of the world of design. In the current era of globalization, digital typography is very widespread. There are a variety of applications that make it easy to create digital typography. But not everyone who likes digital typography can make it easily and quickly. The purpose of this research is to help people who want to have an aesthetic Instagram Story with a contemporary style but don't have time to edit it. Lately, there has been a trend of typography to beautify Instagram Stories. The design of the Instagram Typography filter using the design thinking method according to the author is a method that is quite relevant and can provide a solution. The Instagram Typography filter will later consist of several templates with color presets at once.
Perancangan Re-Branding Logo Corporate Identity Triplehouse Kaliwungu Kota Kendal
Suparti Parti;
Erwin Adi Saputro
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Triplehouse adalah salah satu tempat usaha sablon kaos bertema racing yang ada di Kaliwungu kabupaten Kendal. Masalah yang muncul bagaimana cara agar Triplehouse lebih dikenal di Kaliwungu. Rumusan masalah dalam perancangan ini bagaimana merancang re-branding logo Triplehouse Kaliwungu dengan menguatkan kesan racing agar lebih dikenal di Kaliwungu, media yang digunakan untuk mendukung kegiatan re-branding logo Triplehouse Kaliwungu. Tujuan perancangan ini adalah merancang re-branding logo Triplehouse dengan menguatkan brand image melalui media komunikasi visual agar lebih dikenal di Kaliwungu. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan observasi dan wawancara serta analisis SWOT. Hasil dari re-branding logo Triplehouse dengan media promosi yang sudah dirancang, Triplehouse dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan khususnya di kota Kendal
Media Dakwah Islam Dalam Video Dokumentasi Opening Ceremony Piala Dunia di Qatar tahun 2022
Atik Dina Nasikhah
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Video dokumentasi merupakan perekaman peristiwa yang faktual yang berfungsi sebagai media penyimpanan informasi tertentu. Sedangkan media merupakan sarana komunikasi, sarana komunikasi tersebut mencakup Pers, penyiaran, sinema yang berakaitan dengan berbagai jenis hiburan. Media dakwah ini sangat penting digunakan sebagai media dalam dalam bentuk video guna mensyiarkan agama Islam kepada publik atau khalayak umum. Pemanfaatan teknologi seperti Whatsapp, Youtube, instagram dll sangat berpengaruh terhadap mad’u yang menjadi sasaran dakwah, untuk itu perlu adanya teknologi yang mendukung sarana dakwah salah satunya video. Pada penelitian ini peneliti menganalisis tentang video dokumntasi opening ceremony piala dunia di Qatar tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan narasi pada video dokumentasi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Narasi video dokumentasi opening ceremony di Qatar tahun 2022 berisi tentang tokoh,masalah, konflik, lokasi dan waktu.Bentuk media dakwah berupa video dokumentasi yang berlangsung pada acara opening ceremony piala dunia di Qatar tahun 2022 sangat relevan terkait dengan sasaran dakwahnya adalah publik atau khalayak ramai. Kesamaan kebutuhan pada video ini bahwa Qatar mampu memanfaatkan moment ini untuk mensyiarkan agama Islam. Segmentasi video ini sangat menarik penonton untuk melihat opening ceremony piala dunia di Qatar tahun 2022 yang diunggah di Youtube.
Penerapan Metode Vertikal Pada Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Dalam Divisi Keuangan Puskesmas Patebon
Yuni Handayani;
Rahmi Darnis
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Increasingly sophisticated technological developments require an information system that produces valid information including this study discussing the Patebon Public Health Center reporting system including recording income, recording costs, and presenting financial reports, for this reason as an institution that is developing Public Health Center Patebon requires the development of information technology to achieve better quality. The head of the finance sector, who so far still uses the manual writing format, some of the problems that still often arise are in the preparation of financial reports or profit/loss caused by human error because the recording is also sometimes done soberly. In addition, there is no financial accounting information system that meets the financial department so it often experiences several problems related to financial data management. The method that the author uses in the Financial Information System uses the vertical method. Vertical analysis is an analysis performed on only one period of financial statements. The analysis is carried out between existing posts, in one period. The information obtained is only for one period and no progress is known from period to period
Penciptaan Video Company Profile Triplehouse sebagai Media Promosi
Wiji Luluk Agustina;
Hidayatulloh
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Triplehouse merupakan usaha clothing yang berada di Kaliwungu. Produk yang ditawarkan Triplehouse meliputi penjualan kaos bertema racing dan pembuatan sablon kaos secara custom satuan ataupun dalam jumlah besar. Tema racing menjadi unique selling point dengan segmentasi market menyasar ke kalangan penggemar racing. Selain Triplehouse, di Kaliwungu terdapat Filantropi, yaitu usaha clothing dengan konsep yang hampir sama dengan Triplehouse. Filantropi juga menawarkan penjualan kaos dan pembuatan kaos yang dikerjakan dengan teknik sablon. Melalui strategi prmosi yang cukup kreatif, Filantropi terbukti memiliki lebih banyak pelanggan. Oleh karena itulah perlu dibuatkan media promosi sehingga Triplehouse dikenal lebih luas. Video company profile menjadi pilihan sebagai media promosi. Melalui media ini, citra Triplehouse sebagai usaha clothing sablon bertema racing yang profesional dibangun. Video diciptakan melalui tiga tahap kerja, yaitu Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Naskah video diperoleh dari hasil analisis data menggunakan SWOT, sementara informasi terkait Triplehouse dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara. Video company profile Triplehouse diupload di berbagai media sosial sehingga dapat menjagakau banyak kalangan. Kata kunci: Triplehouse, video, company profile.
Perancangan Aplikasi Kasir Studi Kasus di Toko Hikmah
Rahmi Darnis;
Fiki Khoirunisa
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The development of information technology in the field of business has been widely applied and is able to provide capabilities which greatly helps the activities of a company. One technology that can be applied is a sales information system or cashier application. The wisdom store is one of the shops engaged in the retail sector that sells Office Stationery, currently the wisdom shop still implements a manual system for sales transactions, but the manual system is considered to be no longer effective considering the large number of transactions that occur per day so a cashier application design is needed. which can be used by wisdom shops in services, the design of this application uses the PHP programming language with the MySql database and in system development will use a prototype model. The design of the cashier application at the Wisdom store is able to help the shop in serving customers faster, especially in the purchase queue, this cashier application can also help the Wisdom store in managing stock of goods and providing more structured sales reports.
Board Game Sebagai Media Pembelajaran Rempah-Rempah Khas Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar
Moch. Yordan Rismarinandyo;
Raden Wisnu Wijaya Dewojati;
Nafik Azizah;
Fikri Khoirul Umardi
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Food is a necessity for every human life. Each country or region has its own special food. Indonesia has various regions that have their own special food, or often called traditional food. Traditional food has a distinctive taste that results from various kinds of herbs and spices. Spices are one of Indonesia's largest export commodities. Indonesia has various kinds of spices which are not only useful for flavoring dishes but can also maintain health. Each of these spices has its own shape, aroma and function. To introduce the various kinds and properties of this spice, learning media are needed that are effective, easy to accept and fun. Educational Teaching Aid (APE) is one of the media used, in this study the APE used is a board game. Board games will be used as a medium to measure students' speed in recognizing and understanding various kinds of Indonesian spices. The purpose of this research is to develop effective, efficient and fun learning media to introduce Indonesian traditional plant learning materials. The research method used is quasi-experimental. The TKT level in this study was level 3. The research location was at SDN Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Representasi Gaya Hidup Pada Iklan Galaxy Watch Active Dalam Website Kumparan
Lisa Odillia;
Shella Safera Marghantia
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Technological development and communication affect the outcome of product functions. With changes in business technology, the human mindset also changes because users prefer something instant to support the comfort of life. In this analysis, a representation of smartwatches represents a minimalist modern life. In addition to supporting the appearance and utilizing technology, smartwatches offer benefits that make life healthy, easier and faster. The minimalist lifestyle is when someone limits ownership of goods and focuses on important needs in his life. The existence of a full-featured smartwatch provides opportunities for consumers to minimize the cost of purchasing communication devices, reducing consumption of health products and focusing on self-development.
Prediksi Penjualan Gula untuk Optimalisasi Produksi dengan Simulasi Monte Carlo
Rahmi Darnis;
Arika Juwita Z
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Simulasi dilakukan guna memprediksi stok barang secara keseluruhan di masa mendatang dengan tujuan memaksimalkan utilisasi dan menghindari kerugian akibat pemborosan penyimpanan barang. PT Budi Sweet merupakan PT yang memproduksi bahan setengah jadi seperti gula dan tepung. Untuk meminimalisir terjadinya penumpukan stok gula di Gudang penjualan dan kegiatan produksi gula harus diselaraskan dengan cara melakukan prediksi pada penjualan gula pada setiap bulannya. Simulasi monte carlo dapat melakukan peraamalan terkait stok barang ataupun tingkat pembelian suatu barang. Data yang diolah dalam melakukan simulasi monte carlo adalah data penjualan gula ditahun 2019 dan 2020, data hasil simulasi penjualan gula di tahun 2019 akan dibandingkan dengan data real penjualan gula pada tahun 2020, sedangkan hasil simulasi dari data penjualan di tahun 2020 akan dibaandingkan dengan data real pada tahun 2021. Dari serangkaian kegiatan simulasi monte carlo dalam memprediksi penjualan gula didatkan nilai akurasi sebesar 84.31% untuk tahun 2020 dan 91.56% prediksi penjualan untuk tahun 2021.