cover
Contact Name
Hayatul Khairul Rahmat
Contact Email
hayatulkhairul@gmail.com
Phone
+6281268928954
Journal Mail Official
aiccra.pabkinesia@gmail.com
Editorial Address
Islamic Guidance and Counselling Room, Faculty of Da'wah and Communication Building, First Floor, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia, Postal Code 55281
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications
ISSN : 28083768     EISSN : 28084446     DOI : -
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications is a double-blind peer-reviewed journal published by Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia. The journal disseminate the conceptual thoughts, ideas and research results that have been achieved in the area of community services of guidance and counselling.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Desember" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN TEKNIK KONSELING UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM [THE USE OF COUNSELING TECHNIQUES TO REDUCE ONLINE GAME ADDICTION IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATIONAL PHILOSOPHY] Amalia, Tasya; Usino, U
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications Vol 3, No 2 (2023): Desember
Publisher : Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/aiccra.v3i2.266

Abstract

Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan berinteraksi dalam kehidupannya. Begitu pula dengan mahasiswa yang memiliki peran sebagai agent of change, yang seharusnya memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi sosial, namun mahasiswa yang mengalami kecanduan game online mengakibatkan hubungan sosialnya menjadi buruk. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan sosial mahasiswa yang kecanduan game online, mereka menggunakan waktu 4-6 jam dalam sehari semalam untuk bermain game online. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah tiga orang mahasiswa kecanduan game online jurusan Bimbingan dan Konseling dan satu orang mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Teknik analisis data dan interpretasi data adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Teknik penjaminan keabsahan data ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan sosial mahasiswa kecanduan game online berlangsung baik dengan orang-orang disekitarnya. Pertama, hubungan sosial mahasiswa dengan teman sebaya yaitu; kerjasama, mengerjakan tugas bersama dan membantu temannya pada saat ada permasalahan. Asimilasi, tidak memilih-milih dalam berteman, berinteraksi secara menyeluruh, dan tidak terlalu merespon orang yang bersikap tidak baik kepadanya. Akomodasi, berinteraksi secara langsung. Kedua, hubungan sosial mahasiswa dengan keluarga dalam bentuk yaitu; kerjasama, menolong orang tua menyiapkan dagangan dan menanyakan kesehatan orang tua kepada saudara. Asimilasi, berinteraksi dengan sopan dan baik. Akomodasi, berinteraksi secara langsung. Ketiga, hubungan sosial mahasiswa dengan tetangga yaitu;.kerjasama, menolong tetangga saat meminta bantuan dan ikut serta dalam kegiatan gotong royong. Asimilasi, menyapa dan mengobrol-ngobrol dengan tetangga. Akomodasi, memberikan respon yang baik ketika berkomunikasi. Keempat, hubungan sosial mahasiswa dengan pemilik kos yaitu; kerjasama, membantu pemilik kos ketika butuh bantuan dan ikut kegiatan gotong royong dan asimilasi, mahasiswa kecanduan game online dengan pemilik kos yaitu dia menyapa ketika bertemu.
SIKAP INTOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG: SEBUAH STUDI KASUS [ATTITUDE OF INTELLERENCE OF STUDENTS IN SMP NEGERI 40 PALEMBANG: A CASE STUDY] Sari, Mutia
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications Vol 3, No 2 (2023): Desember
Publisher : Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/aiccra.v3i2.241

Abstract

Intoleransi merupakan masalah serius yang dihadapi Indonesia khususnya di bidang pendidikan. Fenomena ini terjadi dengan berbagai peristiwa yang muncul ke permukaan. Ada banyak alasan munculnya intoleransi di kalangan remaja. Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama begitu penting di negara yang plural ini, maka ada juga beberapa alternatif untuk membendung gerakan intoleransi anak muda yaitu dengan mengajarkan pendidikkan toleransi di sekolah. Guru sebagai pendidik sangat berperan penting dalam mengajarkan dan menumbuhkan sikap toleran agar tidak terpapar paham dan sikap yang radikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Benuk penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah komunnikasi langsung dengan menggunakan alat pengumpul data pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk intoleransi yang terjadi di kalangan siswa SMP Negeri 40 Palembang adalah kurang menghargai dan menghormati perbedaan, perbedaan pendapat, kurangnya kesempatan bagi non muslim untuk menjadi pemimpin dan menutup diri. Adapun peran guru dalam membentuk sikap toleransi siswa yaitu dengan menjadi panutran pada peserta didik, menjadi teladan, tidak diskriminatif terhadap status sosial, ekonomi, agama, bahasa dan sebagainya, memberikan pemahaman ajaran mengenai toleran yang dimasukkan dalam pembelajaran, dan menggunakan metode pembelajaran secara diskusi dan berkelompok agar mengedepankan kerjasama antar siswa sebagai wujud menumbuhkan toleransi.
PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MENGGUNAKAN MODEL PROGRESIF SEBAGAI INSTRUMEN PENANAMAN NILAI KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA [LEARNING AL-QUR'AN HADITH USING THE PROGRESSIVE MODEL AS AN INSTRUMENT OF INSTRUMENTING THE CHARACTER VALUE OF TOLERANCE IN STUDENTS] Yusriyah, Y
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications Vol 3, No 2 (2023): Desember
Publisher : Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/aiccra.v3i2.357

Abstract

One way to practice character education is through the subject of Al-Qur'an Hadith. Each educational unit must include lessons on the Qur'an Hadith because it helps students understand their place in society, both as individuals and as part of a group. In practice using the progressive learning model, the importance of character in developing quality students highlights the need for effective character education which aims to develop character as an integral part of everyday experience. The method in this study is qualitative with a descriptive approach. The inculcation of progressive learning-based character education values through Al-Qur'an Hadith subjects can be seen from various angles, such as Al-Qur'an Hadith material which is analyzed for character values, RPP and Al-Qur'an Hadith Syllabus which are characterized , the method of planting by the teacher, character-based learning media, and evaluation of learning to instilling character education values. Values such as friendliness or communicativeness, social care, environmental care, religion, and solidarity are taught as part of a progressive learning program based on student tolerance character education at MAN 2 Banyumas.
KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI RUKIAH PADA PENDERITA GANGGUAN OBSESIF KOMPULSIF [ISLAMIC COUNSELING USING RUQYAH THERAPY FOR PEOPLE WITH OBSESSIVE COMPULSIVE DISORDER (OCD)] Asrori, Moh. Mizan; Lessy, Zulkipli
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications Vol 3, No 2 (2023): Desember
Publisher : Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/aiccra.v3i2.238

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji gangguan obsesif kompulsif yang dialami oleh seorang individu. Gangguan yang bermula dari kecemasan sehingga membuat individu yang mengalaminya melakukan tindakan yang sama atau cemas secara berulang-ulang untuk menghilangkan kecemasan tersebut. Gangguan obsesif kompulsif ini memberikan dampak negatif pada aktivitas sehari-hari dari orang tersebut, sehingga diperlukan penanganan untuk mengatasinya. Terapi rukiah adalah terapi yang menjadi pilihan para peneliti disini untuk diterapkan kepada orang-orang yang mengalami gangguan obsesif kompulsif. Fokus penelitian ini pada dua aspek: (1) Bagaimana penerapan terapi rukiah kepada klien dengan gangguan obsesif kompulsif; (2) Bagaimana hasil terapi rukiah kepada klien dengan gangguan obsesif kompulsif. 
RELIGIOUS MODERATION IN PREACHING: THE RELEVANCE OF THE PSYCHOLOGY OF DAKWAH IN Q.S. THAHA: 43-44 IN THE MODERN ERA Khair, Abul
Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications Vol 3, No 2 (2023): Desember
Publisher : Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59027/aiccra.v3i2.366

Abstract

This article aims to analyze the relevance of the psychology of da'wah found in the Qur'an in Thaha: 43-44 by means of preaching by preachers in modern times. This is urgent to study because the psychology of da'wah plays an important role in providing the effectiveness of da'i preaching in spreading Islam. This study uses a qualitative method by examining literature reviews, as well as commentary books that discuss Surah Thaha: 43-44. This research resulted in a conclusion that in Thaha: 43-44 there is a da'wah method, namely the qaulan layyina da'wah method. This method has something to do with the psychology of propaganda. The researcher also found that there is a relevance between the psychology of da'wah contained in Surah Thaha: 43-44 and the way da'i carry out preaching in modern times. This method will also remain relevant over time, due to the fact that all humans accept peace and reject violence.

Page 1 of 1 | Total Record : 5