cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret" : 8 Documents clear
RISET PEMASARAN ISLAMI : PERSPEKTIF MASA LAMPAU DAN MASA DEPAN Arif Muanas
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.669 KB)

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis alasan-alasan yang mendasari minat terhadap pemasaran Islami, membahas riset yang lampau tentang topik tersebut dan menawarkan suatu perspektif riset masa depan. Kajian ini didasarkan pada suatu telaah kritis dari literatur yang ada. Berdasarkan hasil kajian, maka ethnoconsumerism ditawarkan sebagai cara untuk mengembangkan pemahaman tentang konsumen Muslim.Kata kunci: Pemasaran Islami, Konsumen Muslim, Ethnoconsumerism.
FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM PEMILIHAN KARIR BERUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA) Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.342 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui alasan mahasiswa memilih karir berwirausaha, terdapat tidaknya kebebasan mahasiswa memilih untuk berwirausaha, dan aspirasi masa depan yang dimiliki oleh mahasiswa yang memilih karir berwirausaha. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah berwirausaha. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Selain itu juga digunakan purposive sampling yaitu peneliti memilih anggota-anggota sampel yang memenuhi kriteria tertentu yaitu mahasiswa yang berwirausaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam (indepth interview) kepada para mahasiswa yang berwirausaha. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil wawancara dengan para mahasiswa yang memilih berwirausaha, mereka memiliki alasan-alasan/ motivasi berwirausaha meliputi ingin berprestasi, mencari pengalaman, menyuarakan idealisme, dan belajar tidak tergantung pada orang lain.  Dalam menentukan pilihan terhadap karir, mahasiswa yang memilih berwirausaha mempunyai kebebasan dan tidak ada unsur keterpaksaan. Aspirasi karir mahasiswa yang berwirausaha untuk pengembangan kepribadian adalah meningkatkan kemampuan, mampu mengelola usaha lebih baik, dan mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Adapun aspirasi untuk pengembangan usaha adalah menjadikan usaha yang dijalankan saat ini menjadi lebih besar dan berkembang, dapat memperoleh pengembangan modal dan usaha yang jalankan dapat lebih besar sehingga dapat menampung banyak tenaga kerja. Kata kunci : motivasi wirausaha, aspirasi karir mahasiswa, pengembangan usaha.
ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PROMOTION MIX TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI DIKLAT DI PPM MEDIKA INDOTAMA YOGYAKARTA Edi Cahyono
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.091 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial dan menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi minat siswa mengikuti diklat di PPM Medika Indotama Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diklat dan calon siswa diklat PPM Medika Indotama. Jumlah kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini berjumlah 105 kuesioner. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang pengambilan objeknya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan regresi berganda iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial secara serentak berpengaruh signifikan terhadap minat siswa mengikuti diklat di PPM Medika Indotama Yogyakarta. Secara parsial iklan, promosi penjualan dan penjualan langsung berpengaruh terhadap minat. Diantara lima variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi minat adalah penjualan langsung.Kata kunci : iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial, minat.
KAJIAN TEORI MODEL PENELITIAN UNTUK MENILAI KESUKSESAN DAN EVALUASI SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT Endang Hariningsih
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.574 KB)

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS) merupakan salah satu bentuk investasi perusahaan. Banyak perusahaan berinvestasi dalam SIMRS karena banyak manfaat yang diperoleh. Untuk memastikan bahwa suatu sistem dapat memenuhi target manfaat yang diharapkan baik bagi karyawan individu maupun bagi organisasi, maka diperlukan evaluasi dan penilaian atas sukses tidaknya suatu sistem. Oleh karena itu diperlukan metode untuk melakukan evaluasi SIMRS dan menilai kesuksesan sistem. Dengan adanya metode pengukur kesuksesan sebagai bentuk evaluasi sistem, maka akan didapatkan parameter yang tepat untuk menilai kesuksesan sistem. Tulisan ini memaparkan tiga model penelitian untuk melakukan evaluasi dan kesuksesan sistem dengan tiga sudut pandang yang berbeda.Kata kunci : Sistem Informasi Rumah Sakit, investasi, metode evaluasi, kesuksesan sistem
MENJAGA EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL DI YOGYAKARTA Anung Pramudyo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.512 KB)

Abstract

Pertumbuhan pasar pusat perbelanjaan dan pasar modern yang semakin besar telah mengancam keberadaan dan kelangsungan hidup pasar tradisional. Padahal banyak pedagang kecil dan masyarakat tingkat bawah yang kehidupannya sangat tergantung pada keberadaan pasar tradisional. Perlu usaha yang sungguh-sungguh dari pemerintah dan masyarakat untuk dapat mempertahankan keberadaan atau eksistensi pasar tradisional dari ancaman tersebut. Beberapa usaha yang dapat dilakukan adalah membuat berbagai regulasi yang berpihak pada kepentingan pedagang kecil di pasar tradisional, melakukan revitalisasi pasar tradisional, peningkatan kualitas sumber daya dan pengelolaan pasar tradisional, peningkatan kualitas pelayanan oleh pedagang, dan meningkatkan inovasi serta peran serta masyarakat dalam pengembangan pasar tradisional. Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan eksistensi pasar tradisional tetap dapat terjaga.Kata kunci : Pasar Tradisional, Pasar Modern, Pedagang Kecil.
ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA YOGYAKARTA Sarjita Sarjita
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.413 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh brand predictability, brand competence, brand reputation, company characteristic dan consumer brand characteristic terhadap brand loyalty dan menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi brand loyalty. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu peneliti memilih anggota-anggota sampel yang memenuhi beberapa kriteria. Peneliti memilih anggota-anggota sampel yang memenuhi kriteria tertentu yaitu: konsumen yang telah mengkonsumsi air minum Aqua kurang lebih 3 bulan terakhir. Sampel ini diambil dengan anggapan bahwa dalam kurun waktu tersebut pengguna telah merasakan manfaat produk yang digunakannya. Jumlah kuesioner yang dapat diolah berjumlah 96 kuesioner.Kata kunci : brand predictability, brand competence, brand reputation, company characteristic, consumer brand characteristic, brand loyalty.
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PELANGGAN PEMAKAI FASILITAS DI PT ERATEL MEDIA DISTRINDO Andi Sulaiman
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.145 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dan membuktikan apakah variabel-variabel yang ada dari bauran pemasaran seperti variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi mempengaruhi pelanggan pemakai fasilitas dari PT Eratel Media Distrindo. Menurut metode yang digunakan, jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jumlah pelanggan yang diambil sebagai sampel adalah sebanyak 278 orang pelanggan di PT. Eratel Media Distrindo. Analisisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui apakah pengaruh variabel-variabel yang ada dari bauran pemasaran seperti variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap pelanggan pemakai fasilitas dari PT. Eratel Media Distrindo. Hasil analisis data adalah bahwa lima variabel yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan kelompok referensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pelanggan pemakai fasilitas di PT. Eratel Media Distrindo. Kata Kunci: bauran pemasaran, pelangganKata Kunci: bauran pemasaran, pelanggan
ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA Indri Hastuti Listyawati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.713 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh citra merek yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta dan menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan mengambil responden para pengguna kartu Telkomsel di Yogyakarta khususnya kartu Simpati. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Jumlah responden yang diambil adalah 100 orang dan jumlah kuesioner yang kembali dan dapat diolah berjumlah 98 kuesioner. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan regresi berganda citra pembuat, citra pemakai dan citra produk secara serentak dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta dan diantara tiga variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian kartu Simpati di Yogyakarta adalah citra pengguna. Kata kunci: citra pembuat, citra pemakai, citra produk, keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol. 11 No. 2 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - Maret Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - September Vol 5 No 1 (2018): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 4 No 1 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 2 No 2 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Agustus More Issue