cover
Contact Name
Padriyansyah
Contact Email
lppm@univ-tridinanti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldidactique@univ-tridinanti.ac.id
Editorial Address
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
ISSN : 27215288     EISSN : 27215296     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi internal dan eksternal. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 Januari 2022" : 8 Documents clear
Bahasa Kias dalam Syair Tarsul Kutai, Ngembang Labu, Di Tanah Perdu Karya Syaipul Anwar Srikandini Narulita
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.595 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahasa kias yang digunakan dan makna dalam syair Tarsul Kutai karya Syaipul Anwar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah  Apa arti dan jenis dari bahasa kias dalam syair Ngembang Labu, di Tanah Perdu karya Syaipul Anwar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian tentang jenis dan arti bahasa kias ini adalah: 1) bahasa kias jenis Perbandingan (terdapat Personifikasi), bait ke-3 pada baris ke empat: “Bekendeng-Kendengan Remisnya Hati”; 2) bahasa kias  jenis Pengulangan: Aliterasi dan Mesodiplosis, seperti dalam bait pertama dari baris ke tiga: “Rahmat redomu mohon diberi”, mengulangi kata pertama yang diulang lagi pada kata berikutnya; 3) bahasa kias jenis Afirmasi: ada Pengulangan dan Paralelisme, pada bait ke-5 pada baris ke tiga, “Tabek-tabek”. Hasil pembahasan dari syair Tarsul Kutai adalah bahasa kias yang dipakai ada 3 macam: 1) jenis Perbandingan, ada 3 yaitu Hiperbola, Personifikasi dan Eponimi; 2) jenis Pengulangan, ada 2 yaitu Aliterasi dan Mesodiplosis dan 3) jenis Afirmasi, ada 2 yaitu Pengulangan dan Paralelisme. Kata Kunci: bahasa kias, tarsul, Kutai
ANALISIS STRUKTURAL SEMIOTIK PADA KUMPULAN CERITA PENDEK ORANG-ORANG KAMPUS KARYA A.M. LILIK AGUNG Serli Serli; F.A. Milawasri
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.322 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.885

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan mendeskripsikan unsur struktural semiotik  yang terdapat dalam buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristik dan hermeneutik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural semiotik. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampuskarya A.M. Lilik Agung. Berdasarkan hasil pembahasan  dapat  disimpulkan  Analisis struktural semiotik  dari  kumpulan  cerita  pendek  Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Hasil dari struktural  yang  berupa ; a) tema  adalah  bentuk  protes  dari  orang-orang akan  ketidakadilan  yang  dilakukan  oleh  pemimpin  baik dalam pemerintahan ataupun dalam keluarga ; b) alur dalam kumpulan cerita pendek  Orang-Orang  Kampus  yang  berjumlah  lima, dua diantara kelima cerpen beralur  campuran, tiga cerpen beralur  lurus  karena  sesuai  urutan  kelima tahapan alur ; c) tokoh-tokohnya perempuan dan laki-laki, semua berkarakter pintar dan cerdik dalam  melakukan  tindakan  yang  menentang ketidakadilan dalam kehidupan yang mereka jalani ; d) berlatar  sosial  pandangan  hidup  dan  kebiasaan, latar  tempat  kejadian  dalam cerpen ; e) tanda-tanda yang terdapat dalam keseluruhan  kumpulan  Cerita  Pendek  Orang-Orang  Kampus berupa ikon, indeks dan simbol. Tanda Ikon  berupa meja, kursi, televisi, vas bunga, megafon, lampu, kamera, topeng, pedang  dan spanduk. Tanda indek misalnya mengebu-gebu, merobek angkasa, gulungan awan, menyayat-nyayat, erat-erat dan desiran angin. Sedangkan simbol misalnya  Ayah,  Ibu,  Kakak,  Pak Lurah, Bupati, bocah, sutradara dan dosen. Kata Kunci : Struktural, semiotik, cerita pendek.
HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI CERPEN DENGAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NURUL IMAN PALEMBANG Trie Aprilya; Nyayu Lulu Nadya
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.449 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui besarnya penguasaan membaca pemahaman isi cerpen 2) Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan menulis naskah drama 3) Untuk mengetahui hubungan membaca pemahaman isi cerpen dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Nurul Iman Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 111 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 28 orang. Variabel yang dikaji yaitu membaca pemahaman isi cerpen dan keterampilan menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes, yang berupa tes objektif, esai dan menulis.. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif menunjukkan  membaca  pemahaman isi cerpen siswa berada pada kategori baik, yaitu sebesar 64,28% dan keterampilan menulis naskah drama siswa berada pada kategori cukup, yaitu sebesar 57,15%. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,952. Sementara itu, harga rtabel dengan N=28 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,374. Dari hasil tersebut terlihat nilai rhitung> rtabel, hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara membaca pemahaman isi cerpen dengan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Nurul Iman Palembang. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Cerpen, Menulis Naskah
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI KELAS XI MAN 2 PALEMBANG Zaenatul Khasanah; Edi Suryadi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.923 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing siswa kelas XI MAN 2 Palembang, sebagai sampelnya yang berjumlah 76 siswa terdiri dari Kelas MIA 4 (Kontrol) dan Kelas MIA 5 (Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain Two Group Pretest Posttest (kuantitatif), dan teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis dengan analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kemampuan menulis resensi kelas kontrol dan eksperimen dapat disimpulkan bahwa dalam kedua kelas tersebut setara (homogen) dari perhitungan yang menggunakan uji t dengan hasil 0,989, yang berarti nilai ini lebih besar dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu sebesar 0,05. Hasil uji normalitas data kelas eksperimen, diketahui nilai siginifikan 0,464>0,05, nilai tersebut apabila dibandingkan dengan ttabel 0,168 lebih besar. Hasil uji homogenitas diketahui nilai signifikan 0,989>0,05, maka distribusi data adalah homogen. Uji paired sample test, diketahui nilai signifikan (2 tailed) sebesar 0,000< 0,05. Dari hasil pretest dan posttest dapat diketahui adanya perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen yang menggunakan cara pembelajaran role playing menghasilkan nilai tertinggi dari kelas eksperimen yang jauh lebih baik, terlihat dari hasil uji t sebesar 0,829> 0,05 sedangkan hasil dari kelas kontrol dari hasil uji t sebesar 0,464>0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI MAN 2 Palembang. Kata Kunci: pengaruh, role playing, resensi buku.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI Walvi Margareta; Doni Samaya
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.584 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.881

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write dalam menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.  Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang tahun 2020/2021 sebanyak 290 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes menulis teks negosiasi dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS versi 25,0. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 55,98 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,20.  Selanjutnya, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 65,25 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72,55.  Hipotesis penelitian, yaitu signifikan karena t-test 0,00 < 0,05 dan derajat kebebasan untuk t-tabel 78 adalah 1,66 dan hasil dari nilai t-hitung adalah 4.132 yang lebih besar dari nilai t-tabel 78, yaitu 1,66. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write lebih berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 11 Palembang.  Kata Kunci: teks negosiasi, think talk write.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA AZ- ZAHRA PALEMBANG Vivi Okta Sary; Nurulanningsih Nurulanningsih; Mukhlas Mukhlas
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.02 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen.Populasi penelitian ini berjumlah 220 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022, dan teknik dalam penentuan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang dengan jumlah 60 orang, kelas IPA 2 dengan jumlah siswa 30 orang yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol, dan kelas IPA 1 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 47,56, dan pada kelas eksperimen sebesar 48,23. Pada saat pelaksanaan  posttest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 74,23, dan pada kelas eksperimen sebesar 79,16. Terdapat peningkatan sebesar 4,93. Berdasarkan uji t-p-value< Sig. (2 tailed), diperoleh hasil 0,000<0,05. Jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Simpulan penelitian ini adalah media gambar berseri berpengaruh daripada model konvensional siswa kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Kata kunci: menulis, cerpen, gambar berseri
NILAI DIDAKTIS DALAM FILM KELUARGA SOMADN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA TRISAKTI BATURAJA Ratih Utami Ramadhaniati
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.663 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai didaktis dalam film Keluarga Somadn relevansinya terhadap pengajaran sastra di SMA Trisakti Baturaja, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber  data dalam penelitian ini adalah film Keluarga Somad episode hari kartini karya anak bangsa diproduksi oleh PT. Animasi Kartun Indonesia pada tahun 2004. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, serta menggunakan teknik penganalisisan data yang berupa teknik analisis karya. Pada penelitian ini menunjukan adanya nilai didaktis yang terkandung pada film Keluarga Somad episode Hari Kartini yang terdiri dari nilai kesusilaan/budi pekerti, kecerdasan, sosial, agama, kemandirian, kesabaran. Hasil penelitian film Keluarga Somad episode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran materi teks memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/drama baik lisan maupun tulisan di tingkat SMA karena terdapat kesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa film Keluarga Somadpisode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar materi memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/ drama baik lisan maupun tulisan Kata kunci: nilai didaktis, film, pembelajaran sastra
MINAT MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI Puja Sulistiani; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.815 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca siswa dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Palembang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 211 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket minat baca dan tes menulis teks eksplanasi berupa kejadian-kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi saat ini. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik statistic parametris. Analisis deskriptif dengan melakukan penyajian data melalui tabel, histogram dan diagram batang, sedangkan analisis statistic parametris melalui teknik korelasi product moment. Kemudian, nilai rata-rata minat baca adalah 70 dan menulis teks eksplanasi adalah 71 yang keduanya telah berada di atas nilai KKM sekolah. Hasil Fhitung dari minatbaca dan kemampuan menulis tekse ksplanasi sebesar 0,811 yang lebih besar dari hasil kisaran Ftabel 42 untuk kisaran 5%=0,3044 dan dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa telah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa di MAN 2 Palembang kelas XI MIA 5. Kesimpulannya yaitu hipotesis nol (H0) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima dan telah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA 5 MAN 2 Palembang. Kata kunci: minat membaca, menulis teks eksplanasi

Page 1 of 1 | Total Record : 8