cover
Contact Name
Novalia
Contact Email
novaliasholehah@gmail.com
Phone
+6285269379375
Journal Mail Official
ekombissainssaburai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No. 468 Langkapura
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis
ISSN : 25724198     EISSN : 25021796     DOI : https://doi.org/10.24967/ekombis
Core Subject : Economy,
Ekombis Sains : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, with registered number p-ISSN: 2572-4198 (print), e-ISSN: 2502-1796 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis contains scientific articles that are the result of research or analytical studies in economics, finance, and business. Issues and trends in the fields of economics and management published in this journal are expected to be able to contribute to improving the quality of science, as well as being able to contribute ideas in solving economic problems and challenges going forward.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis" : 10 Documents clear
ANALISIS PROMOSI KREDIT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT. BANK LAMPUNG KANTOR CABANG UTAMA Nelson Nelson
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.754 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.1027

Abstract

Masalah yang dihadapi adalah promosi produk kredit produktif masih dapat dikatakan kurang maksimal, sehingga berdampak sulitnya menarik masyarakat untuk menjadi nasabah di PT Bank Lampung, dan terdapat ketidakstabilan kenaikan jumlah nasabah baru pada pembiayaan kredit produktif, serta terjadi stagnansi bahkan penurunan dalam peningkatan jumlah nasabah baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh promosi kredit produktif yang dilakukan terkait penjualan produk pembiayaan (kredit produktif) di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), terhadap meningkatkan jumlah nasabah. Hipotesis yang diajukan adalah: “Terdapat pengaruh promosi kredit produktif terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama).” Objek penelitian adalah PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), yang berada di Jl. Wolter Mongonsidi, No.182, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, dan telah melakukan promosi dalam memperkenalkan produk-produk atau jasa keuangan yang ditawarkan kepada masyarakat, terutama produk kredit produktif, dengan harapan akan berdampak pada peningkatan jumlah nasabah. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik kuesioner dengan jumlah responden berjumlah 36 orang, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil uji regresi linier sederhana menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi (X) terhadap variabel nasabah (Y), diketahui nilai t hitung sebesar 3,090 dan nilai t tabel sebesar 1,691, yang artinya nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, atau dengan kata lain nilai thitung 3,090 lebih dari ttabel 1,691. Kemudian didapat nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,468, dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,219, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (promosi) terhadap variabel terikat (nasabah) adalah sebesar 21,9%. Berdasarkan nilai uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan mengenai pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama) dapat diterima.
Penerapan Flat tax di Indonesia Joko Sustiyo
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.228 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.685

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan flat tax pada beberapa negara di dunia. Keberhasilan penerapan flat tax di banyak negara dapat menjadi pelajaran bagi Kementerian Keuangan untuk membuka opsi atas penerapan flat tax. Namun demikian, Indonesia perlu mengkaji lebih lanjut terkait penerapan flat tax. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkirakan total pendapatan pajak yang akan diterima apabila menerapkan flat tax menggunakan penghasilan kena pajak (PKP) wajib pajak pada beberapa tahun terakhir. Selain itu, perlu adanya kajian lebih lanjut terkait pengaruh flat tax terhadap investasi dan tingkat pengangguran di Indonesia. Perlu juga disimulasi manfaat dan kerugian apabila menerapkan kebijakan sistem perpajakan flat tax. 
WANITA PENDULANG EMAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA Deffrinica deffrinica; Benenitkha Kikky Vuspitasari; Amanda Okta Karolina
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.361 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.746

Abstract

This research was conducted in Bengkayang West Kalimantan which aims to describe: 1. The income of female gold panning workers, 2 to see the contribution of household income of women who pan gold, 3. See the role of the involvement of women who pan gold in improving the economic welfare of the family. This research type is descriptive qualitative. The population of this study were 10 gold panning women. Data collected through direct interviews with respondents. The results of this study indicate that the economic activities carried out by women who pan gold miners provide income that can meet the needs of women's gold panning households. And the contribution made by women who pan gold in improving the economy of family welfare, amounting to 3,000,000-22,500,000 / month in Bengkayang is quite large towards the income of women who pan gold.
Analisis Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Magelang Tahun 2014-2018 Nurul Annisa Farianti
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.321 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kota Magelang.  Data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain data pajak daeran, retribusi daerah dan pendapatan asli daerah Kota Magelang. Sedangkan metode untuk mengumpulkan data dengan menggunakan data sekunder metode time series yang diperoleh dari BPS Kota Magelang dan BPS Jawa Tengah periode pengamatan 2014-2018. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pajak daerah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan asli daerah. 2) Retribusi daerah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah. 3) Pajak daerah dan retribusi daerah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan asli daerah.
PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE TOKOPEDIA) Austin Alexander Parhusip; Nurul Izzah Lubis
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.249 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.748

Abstract

Dalam Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1).Pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli  secara online. (2).Pengaruh  kepercayaan  online  terhadap  minat  membeli  secara  online.  (3).Pengaruh  pengalaman  pembelian terhadap       minat       membeli       secara       online.       (4).Pengaruh orientasi belanja,       kepercayaan online, dan pengalaman pembelian  terhadap  minat beli  secara online.  Jenis penelitian  yang  digunakan  dalam  riset  ini adalah survei.  Populasi  pada penelitian   ini   adalah seluruh   mahasiswa   yang  berada   di   kota   Medan   yang pernah berbelanja di situs Tokopedia. Metode purposive sampling yang dugunakan dalam pengambilan sampel sebanyak 365 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil   penelitian   ini menunjukkan  bahwa:  (1).Terdapat  pengaruh’positif variabel  orientasi belanja  terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar 3,973 dan koefisien regresi 0,106 dengan signifikansi sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif variabel kepercayaan online terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar  2,949 dan koefisien regresi 0,152 dengan signifikansi sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh positif variabel pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial   diperoleh t hitung   sebesar   2,848   koefisien   regresi   0,133   dengan   signifikansi   sebesar   0,005. (4) Orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman pembelian berpengaruh positif terhadap minat beli secara online.  Hal  ini  dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh  nilai F hitung  sebesar  13,115  dengan  signifikansi (0,000 kurang dari 0,05).
PEMANGKASAN ANGGARAN KARENA IMBAS COVID 19 Ni Putu Astiti
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.099 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.710

Abstract

Anggaran mempunyai hubungan yang sangat penting dalam operasional sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan, Anggaran adalah sebuah perencaan kegiatan-kegiatan yang disusun yang kemudian disahkan dan diukur dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu. Manfaat anggaran yaitu sebagai suatu gambaran tentang prioritas alokasi sumber daya yang dipunyai karena bisa bertindak sebagai pengontrol aktivitas perusahaan atau instansi. Suatu kejadian yang tidak terduga terjadi di bulan Desember 2019, tersebarnya virus covid 19 di seluruh dunia. Virus Covid 19 adalah virus yang menyerang pernapasan. Akibat dari virus corona pemerintah harus melakukan pemangkasan anggaran APBN di Tahun 2020. Adapun pemangkasan anggaran ini yaitu kegiatan-kegiatan yang dianggap tidak lagi relevan atau tidak dalam koridor prioritas yang tidak terkait dengan penanggulangan Covid 19 dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak. Kegiatan yang tidak kena pemangkasan belanja penanggulangan Covid 19, belanja pegawai, layanan dan operasional kantor, pembinaan peserta didik, penelitian, dan pengadaan sarana dan prasarana. Sudah berbagai upaya yang dikerahkan pemerintah untuk penanganan covid 19 diantaranya memberi himbauan kepada masyarakat tentang protocol kesehatan, memberi bantuan berupa sembako, bantuan langsung tunai, pembagian masker, pembagian handsanaitaser, dan bantuan lainnya.
PENGARUH PROMOSI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. KARYA NIAGA DI BANDAR LAMPUNG Nuzleha Nuzleha
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.446 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.971

Abstract

Objek penelitian ini adalah PT. Karya Niaga di Bandar Lampung merupakan perusahaan perdagangan lampu philips, dihadapkan pada masalah persaingan dalam pemasarannya dengan usaha sejenisnya. Oleh karena itu harus mendapatkan perhatian dan diberikan informasi atau promosi mengenai perkembangan produk harga maupun mutu dan pelayanannya, sehingga diharapkan efektivitas kerja karyawan yang tinggi dalam penjualan menjadi stabil bahkan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di  Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel deret waktu (n = 10). Metode penelitian yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis diperoleh persamaan bahwa : Y = -50,51  + 22,37 X, berarti r = + 1 atau mendekati + 1, mengartikan bahwa, apabila anggaran promosi dinaikan atau dikurangi 1%, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan bertambah atau berkurang sebesar 22,37 % sedangkan bila anggran promosi tetap, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan berkurang sebesar Rp. 50.510.000,-. Sehingga terbukti ada pengaruh promosi yang positif terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung.  Hasil pengujian menggunakan rumus t student, menunjukkan bahwa t hitung   19,85 lebih dari t tabel 2,828, berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Analisis Preferensi Konsumen Wanita Terhadap Green Packaging Cosmetics Pada Produk Bedak Novia Indah Lestari
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.165 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dari konsumen terhadap kemasan ramah lingkungan pada produk kosmetik khususnya produk bedak pada perusahaan green cosmetics di Indonesia. Sampel yang digunakan penelitian ini berjumlah 100 sampel yang merupakan konsumen wanita yang menggunakan produk green cosmetics yang berada di Porvinsi banten dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan conjoint analysis untuk mencari preferensi yang paling diinginkan oleh konsumen terhadap kemasan green cosmetic pada produk bedak dengan menggunakan 4 atribut kemasan yaitu : warna dan gambar, bentuk kemasan,  informasi produk, dan teknologi kemasan. Berdasarkan hasil conjoint analysis dapat diketahui bahwa konsumen wanita di Provinsi Banten menginginkan kemasan green cosmetic pada produk bedak yang memiliki warna dan gambar dengan desain klasik, bentuk kemasan lurus (straight), informasi pada produk dijelaskan secara rinci dan menampilkan teknologi pada kemasan itu sendiri. Selain itu, seluruh konsumen wanita menjadikan atribut teknologi kemasan sebagai preferensi utama dalam memilih kemasan green cosmetic pada produk bedak dengan nilai kepentingan relatif sebesar 29.5%.
PENGARUH TEKANAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. SENTOSA DI BANDAR LAMPUNG Yuliana Yamin, Kuswarak
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.597 KB) | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.983

Abstract

Bagi seorang pemimpin, tekanan-tekanan yang diberikan kepada seorang karyawan haruslah dikaitkan dengan apakah tekanan yang ditimbulkan oleh tekanan-tekanan tersebut masih dalam keadaan wajar. Kinerja (performance) adalah hasil dari interaksi antara kinerja, kemampuan (abilities), dan peluang (opportunities). Rumusan dalam penelitian ini adalah ”Apakah tekanan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CV. Sentosa?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tekanan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CV. Sentosa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Sentosa yang berjumlah 42 karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung sebesar 38,569 nilai tersebut jika dibandingkan dengan t tabel dimana dk = n-2 yaitu 42-2=40 dengan taraf kesalahan 5% nilai t tabel adalah 2,020 dengan nilai sig 0.05. Hal ini berarti hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tekanan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Sentosa. 
Pengaruh Tingkat Pemahaman Dan Pertimbangan Pasar Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Potensi Utama Dalam Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Ratih Anggraini Siregar; Febby Yoana Siregar
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2020): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v5i2.742

Abstract

Akuntan berperan sebagai tulang punggung utama dalam profesi akuntansi. Untuk memperoleh gelar sebagai akuntan harus menempuh pendidikan di jurusan akuntansi pada suatu universitas serta lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Salah satunya yaitu akuntan publik, akuntan publik merupakan para akuntan yang berprofesi sebagai auditor atau konsultan pada kantor akuntan publik atau jasa akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pemahaman dan pertimbangan pasar kerja mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Potensi Utama terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden Mahasiswa/I Universitas Potensi Utama sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan uji t pertimbangan pasar kerja (X1) berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) dengan nilai thitung (2,449) lebih besar daripada ttabel (1,661) dan pertimbangan pasar kerja (X2) berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) ) dengan nilai thitung (21,614) lebih besar daripada ttabel (1,661). Berdasarkan uji f pemahaman mahasiswa (X1) dan pertimbangan pasar kerja (X2)berpengaruh secara simultan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) dengan nila fhitung 689,483 lebih besar dari ftabel 3,09 dengan besaran pengaruh 93,4% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10