cover
Contact Name
Rekno Sulandjari
Contact Email
rekno.sulandjari@gmail.com
Phone
+6282135231314
Journal Mail Official
rekno.sulandjari@gmail.com
Editorial Address
Jl. Banjarsari Barat 1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Egaliter
Published by Universitas Pandanaran
ISSN : 25807889     EISSN : 25976877     DOI : -
Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses komunikasi, baik dari kalangan pengajar maupun pengamat sosial, internal maupun eksternal Universitas Pandanaran. Artikel yang disajikan bertujuan untuk menginspirasi secara praktis, teoritis dan sosial para pelaku komunikasi sehingga lebih hergonomis dalam mengambil sebuah kebijakan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KELAS X MIPA 2 SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL Nunuk Izzatul Fata
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) meski secara sederhana sudah mulai sangatdiperlukan pada masa pandemi Covid-19 yang dimulai Maret 2020 lalu.Diharapkan selain teknologi ini merupakan tantangan guru dalam peningkatankreativitas mengajar sebagai inovator pembelajaran dalam pengelolaan prosespembelajaran mata pelajaran fisika dan juga peningkatan hasil belajar danaktivitas siswa kelas X MIPA 2 di SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal, jugaorang tua dapat mengetahui perkembangan siswa dimanapun mereka berada dankapanpun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan danprestasi belajar fisika dengan pendekatan kooperatif tutor secara jarak jauh(Pembelajaran Jarak Jauh) meskipun di bulan Januari dan Pebruari sempatdilakukan secara tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA2 Semester 2 Tahun 2019/2020 SMAN 1 Rowosari yang berjumlah 32 pesertadidik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,angket dan ulangan harian. Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelashasil belajar siswa sebesar 63,5, dan jumlah siswa tuntas masih 78,12%.Siklus IIindikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85,52%, dan aktivitas siswa dalampembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaranmengalami peningkatan karena siswa merasa senang dan tertarik denganpembelajaran yang diterapkan guru. Lembar observasi guru menunjukkan gurusudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materiyang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapanpembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasilrefleksi, guru sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan cukup baikdan semua indikator sudah tercapai pada siklus II. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkanbahwa keaktifan peserta didik meningkat dari 74% manjadi 84,5% . Hasil prestasibelajar meningkat dari rata-rata prestasi belajar 63,5 menjadi 68,8 dan pesertadidik yang tuntas atau mencapai KKM dari 78,12% menjadi 84,5%. Oleh karenaitu, guru fisika diharapkan menerapkan pendekatan kooperatif tutor denganmemaksimalkan komunikasi personal sehingga tujuan pembelajaran tercapaisecara optimal. Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh
PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI ONLINE SHOP BRILINK_KHUMAIRA
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Promosi adalah upaya untuk memberitahu atau mengiklankan suatu produk ataujasa dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angkapenjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dari toko onlineBrilink_Khumaira. Sampel diambil sebanyak 100 responden dengan probabilitysampling menggunakan pendekatan sampel acak sederhana. Analisis tersebutmenjelaskan dalam seluruh variabel mempunyai pengaruh yang dominan terhadapkepuasan konsumen secara keseluruhan variable independen terbukti mempunyaipengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh promosi adalah segala aktifitasmarketing atau penjualan yang dilakukan di online shop Brilink_Khumaira,berdasarkan promosi yang diambil penulis dalam penelitian ini bentuk bagaimanapromosi dilakukan dan penerapannya yang bertujuan membentuk loyalitas.Kata Kunci :Promosi, pemasaran, loyalitas, penjualan
PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR NOTARIS DAN PEJABAT PEMBUATAN AKTA TANAH (PPAT) H. SUGENG BUDIMAN. SH., SpN, MH. Sinta Petri Lestari; Asriyani Asriyani
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja pegawai yang tinggi sangat diharapkan oleh perusahaan untukmempengarui kinerja pegawai yang lainnya. Semakin banyak pegawai yangmempunyai kinerja tinggi, maka perusahaan secara keseluruhan akan meningkatsehingga perusahaan akan bertahan dalam persaingan yang ketat. Pemimpindituntut untuk dapat menyelesaikan target yang diinformasikan dari kantor pusatdan dapat menghandle pegawai yang akan membantu menyelesikan tugas denganbaik, sehingga gaya kepemimpinan disinyalir mampu menstimuli pegawai untukbekerja dengan prima guna menyelesaikan serta melaksanakan tugas dantanggung jawab dengan efisien. Berdasarkan penelitian Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin terhadapKinerja Pegawai pada kantor Notaris Pejabat Pembuatan Akta Tanah (PPAT)H. Sugeng Budiman, SH., SpN., MH. Dapat ditarik simpulan bahwa VariabelGaya Komunikasi (X) sebanyak 53,84% dalam kategori sangat tinggi sedangkan,46,16% dalam kategori tinggi. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa semakinbaik gaya komunikasi pemimpin, maka komunikasi tersebut dapat meningkatkankinerja pegawai menjadi lebih baik. Sementara Variabel Kinerja Pegawai (Y)sebanyak 100% yaitu 13 orang responden dalam kategori tinggi. Maka dalam halini dapat disimpulkan kinerja pegawai merupakan aspek penting dalam sebuahperusahaan karena dapat menentukan maju tidaknya perusahaan, apabila kinerjapegawai baik maka yang terjadi adalah kemajuan yang positif bagi perusahaan Sedangkan pengaruh variabel X terhadap Variabel Y sejumlah 46,16% (6orang) responden menyatakan pengaruh gaya komunikasi terhadap kinerjapegawai dalam kategori tinggi dan 53,84% (7 orang) responden menyatakanpengaruh gaya komunikasi terhadap kinerja pegawai dalam kategori sangat tinggi,dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dari gayakomunikasi kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, karena gaya komunikasipemimpin sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Dengan adanyakomunikasi yang baik terhadap pegawainya maka menimbulkan jalinan perhatianantara pemimpin dan pegawai dan yang dikomunikasikan dapat di pahami,dimengerti kemudian dilaksanakan tanpa adanya keterpaksaan dan dapatmendorong pegawai bekerja lebih produktif dalam melaksanakan suatu pekerjaan.Kata Kunci: Gaya, Kepemimpinan, Kinerja, Pegawai
KORELASI PERAN PUBLIC RELATIONS CIVITAS AKADEMIKA DALAM SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID-19 PADA MASYARAKAT SEKITAR UNIVERSITAS PANDANARAN
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.452 KB)

Abstract

Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan akan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukanPerguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Pandanaran, karena masyarakat adalahkonsumen dari produk layanan yang dihasilkan. Ukuran keberhasilanpenyelenggara pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan dalamhal ini adalah knowledge tentang Covid-19 dan cara pencegahan sertamemproduksi produk yang diharapkan bisa mengantisipasi virus meluas.Kepuasan masyarakat Kelurahan Tembalang yang berada di sekitar kampusUnpand disinyalir dari peran PR yang melekat pada Civitas akademika kampus.Dengan demikian, peran Public Relations pada civitas akademika sebagaijembatan komunikasi sangat diperlukan karena pelayanan baik yang dicapai akanberimbas pula pada aktivitas ilmiah kemasyarakatan dapat terlaksana denganefektif dengan impact positif yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan peran public relationscivitas akademika Universitas Pandanaran maka terdapat beberapa kesimpulanyaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations civitasakademika Universitas Pandanaran pada sosialisasi pencegahan covid-19 , hal inidibuktikan dari hasil penelitian sebesar 82%. Sedangkan sosialisasi pencegahancovid-10 pada masyarakat sekitar kampus Universitas Pandanaran juga cenderungtinggi yaitu sebesar 81%. Hal ini kebanyakan diawali juga dengan kecemasanmasyarakat akan banyaknya korban akibat Covid, sehingga mereka sangat respekpada kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh civitas akademika Unpand. Hasilakhir dari tabulasi silang adalah bahwa ada hubungan positif antara peran publicrelations civitas akademika Universitas Pandanaran pada Sosialisasi PencegahanCovid-19 pada masyarakat sekitar kampus Unpand. Hal ini dibuktikan dari tabeltabulasi silang yang menyampaikan bahwa kategorisasi variabel X tinggi makavariabel Y juga tinggi sebesar 68 %. Kata Kunci : Efektifitas, Peran, Public Relations, Sosialisasi, Pencegahan,Covid-19
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019 DI SMA NEGERI I ROWOSARI
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.009 KB)

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah hasil belajar awal siswa kelas XII IPA 1SMA N 1 Rowosari pada kompetensi dasar pengaruh globalisasi terhadapkehidupan bangsa dan negara , rata-rata nilai yang dicapai hanya 68,1. Berbagaihal telah diusahakan untuk menyajikan materi namun hasilnya kurangmemuaskan. Untuk itu peneliti mencari perbaikan pembelajaran denganmenggunakan pendekatan model belajar problem based learning . Penelitian inidilaksanakan dalam tiga tahap yaitu Pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2, dalammenggunakan 4 tahapan tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkanprestasi belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan model belajar problembased learning. Dalam pembelajaran ini satu kelas dibagi 5 kelompok secara acak dengandihadapkan pada permasalahan dalam kenyataan sehari-hari. Desain penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Sumber databerasal dari aktivitas pembelajaran siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1Rowosari dengan penerapan model belajar problem based learning. Pengumpulandata dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, dokumen atau arsip. Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, diperolehhasil analisis pada ulangan pra-siklus jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah13 siswa atau mencapai 56%, pada siklus-1 diperoleh jumlah siswa yang berhasil(tuntas) adalah 18 siswa atau mencapai 75%, dan pada pada siklus ke-2 jumlahsiswa yang berhasil (tuntas) adalah 22 siswa atau mencapai 91,69%. Hasil daritiap siklus menunjukkan peningkatan dari tiap siklusnya. Berdasarkan hasilanalisis diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarkhususnya pada kompetensi dasar pengaruh globalisasi terhadap kehidupanbangsa dan negara pada siswa XII IPA 1 SMA Negeri 1 Rowosari tahun pelajaran2018-2019.Kata Kunci : Problem Base Learning, peningkatan hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5