cover
Contact Name
Radja Erland Hamzah
Contact Email
radjaerland@dsn.moestopo.ac.id
Phone
+6285714422271
Journal Mail Official
petanda@jrl.moestopo.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Pusat 10270 Telp. 021-7720289, 7395333 Fax: 7252682
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : 26145537     DOI : -
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus, jurnal ini menaruh perhatian, tetapi tidak terbatas pada bidang ilmu komunikasi, ilmu ekonomi, ilmu sosial, dan ilmu politik. Hasil penelitian dari bidang ilmu lain dimungkinkan sepanjang obyek penelitiannya berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial humaniora. Secara garis besar Jurnal Petanda mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam lingkup komunikasi politik, ekonomi politik media, media massa dan media sosial, komunikasi dan keluarga berencana, jurnalisme dan media, kehumasan, periklanan, pembangunan sosial, gender dan pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial, pemerintahan dan hubungan internasional. Sebagai sebuah Terbitan Berkala Ilmiah, Petanda menggunakan standar peer review yang ketat dengan melibatkan peer reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi. Periode terbit jurnal ini adalah dua kali setiap hari terakhir di bulan Desember dan Juni tahun berjalan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023" : 5 Documents clear
Komunikasi Antarpribadi Mentor dan Mahasiswa dalam Meningkatkan Skill Mahasiswa melalui Program Magang ANTV Nur Wulan Abiyah Kusumah; Radja Erland Hamzah; Adiella Yankie Lubis
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/petanda.v5i2.3270

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi dan pendekatan konstruktivisme sebagai teknik pengumpulan data secara wawancara mendalam dan terbuka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi. Program magang memberikan berbagai kesempatan, dan tantangan kepada seluruh mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu meningkatkan serta mengembangkan kreativitas, kepribadian, kapasitas diri, dan kemandirian untuk mencari ilmu baru melalui berbagai kenyataan dan dinamika dilapangan seperti pemecahan masalah, komunikasi, etika komunikasi,dan berkolaborasi dengan berbagai pihak eksternal dan internal. Persaingan dunia industri yang semakin ketat membutuhkan karyawan yang tidak hanya memiliki hardskill tetapi juga softskill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman komunikasi mentor dan mahasiswa/i dalam meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa/i melalui program magang. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bagaimana makna tindakan, ucapan dan interaksi yang mendasari aktivitas kepemimpinan mentor saat membimbing mahasiswa dalam program magang agar mengetahui pengalaman komunikasi yang di rasakan, hambatan komunikasi dan gaya komunikasi serta menumbuhkan keinginan dan keterbukaan mahasiswa untuk melakukan komunikasi dengan lingkungan baru yang dapat meningkatkan hardskill dan softskill.
Berbagi Pengetahuan Antar Organisasi Sektor Publik Dalam Rangka Kerjasama Inovatif Internasional T. Herry Rachmatsyah
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/petanda.v5i2.3380

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru dan berguna mengenai kerjasama internasional di sektor publik dan khususnya mekanisme berbagi pengetahuan melalui jaringan internasional. Mekanisme ini penting karena tidak hanya menjelaskan bagaimana dan mengapa terlibat dalam kerjasama internasional, namun juga menyoroti pentingnya berbagi pengetahuan dan mekanismenya dalam konteks internasional di sektor publik. Studi kasus eksplorasi kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari lima organisasi publik melalui wawancara semi terstruktur dilakukan terhadap delapan partisipan dari lima organisasi publik berbeda di lima negara berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa mekanisme berbagi pengetahuan yang berbeda dalam konteks internasional di sektor publik mengarah pada kerjasama inovatif internasional sebagai cara baru untuk bekerjasama dengan mitra internasional. Mekanisme ini dianggap mendasar untuk meningkatkan inovasi dan memperoleh pengetahuan baru yang berharga dari berbagai negara yang dapat membantu meningkatkan pelayanan publik.
Representasi Makna Humor Dalam Live Tiktok Tante Lala Versi Hijab Bandung Musthofa Alef Rizqi
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/petanda.v5i2.3271

Abstract

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan melalui media dari komunikator kepada komunikan, komunikasi sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimana tujuan komunikasi adalah keberhasilan komunikasi dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi memainkan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis ketika mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial. Penelitian ini berjudul Representasi Makna Humor Dalam Live Tiktok Tante Lala Versi Hijab Bandung, Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkonstruksi makna humor didalam live tiktok tante lala versi hijab Bandung, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori semiotic Ferdinand De Sausure yang menitik beratkan pada petanda (signifier) dan penanda (signified). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Signifier (petanda) : Tante Lala selalu marah – marah kepada owner hijab, penonton dan juga dirinya sepanjang live streaming karena kesal tidak dapat menggunakan hijab yang sedang dipromosikan dan tidak ada penonton yang membantunya menggunakan hijab dengan benar. Signified (penanda) : Kemarahan tante Lala pada saat live dianggap sebuah humor dimana termasuk dalam jenis humor sinisme. Humor sinisme merupakan humor yang merendahkan orang lain, dimana terdapat orang yang direndahkan tante Lala dengan cara dimarahi. Dari hasil wawancara kesimpulan yang didapat adalah promosi yang menggunakan konsep humor di Indonesia sangatlah efektif. Sesuai dengan rata – rata karakter orang Indonesia yang memiliki selera humor dengan tingkat tinggi. Begitupun dengan melakukan promosi melalui media sosial TikTok.
Implementasi Marketing Public Relations PT Gojek Dalam Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer Muhammad Fajri Aditiansyah; Rialdo Rezeky MLT; Radja Erland Hamzah
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/petanda.v5i2.3272

Abstract

Fenomena pemakaian digital dalam kehidupan  manusia di  Revolusi  Industri 4.0 semakin meningkat tajam, salah satunya terciptanya aplikasi financial technology Gopay yang merupakan milik perusahaan PT. Gojek. Perusahaan transportasi online ini menciptakan aplikasi GoPay sebagai alat pembayaran konsumen untuk berbagai kebutuhan. Keberhasilan aplikasi GoPay hingga dapat diterima masyarakat luas dikarenakan adanya peran marketing public relations. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk Marketing Public Relations PT Gojek dalam mengimplementasikan Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer. Penelitian ini menggunakan teori marketing public relations dan konsep PENCIL untuk mengulas Marketing Public Relations PT Gojek dalam mengimplementasikan penggunaan aplikasi Gopay. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme, jenis penelitian deskriptif, dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa alasan marketing public relations mempromosikan aplikasi GoPay dikarenakan masyarakat saat ini ingin melakukan segala aktivitas secara praktis dan simple seperti aktivitas untuk pembayaran apa pun tanpa biaya yang besar. Kemudian, konsep PENCIL (publications, events, news, community involvement, inform, social responsibility, lobyying) telah diterapkan dengan baik oleh humas PT Gojek didalam penggunaan aplikasi GoPay.
Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hukum Kewarisan Masyarakat Adat Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya Rita Khoerunnisa; Aceng Akbarul Muslim; Eki Sirojul Baehaqi
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/petanda.v5i2.3379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek hukum Islam dalam konteks hukum kewarisan di masyarakat adat Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya. Kampung Naga merupakan sebuah komunitas yang mempertahankan tradisi adat dan nilai-nilai budaya, termasuk sistem pewarisan harta secara turun-temurun. Penelitian ini menggali konflik atau keselarasan antara hukum Islam dan hukum adat Kampung Naga terkait pewarisan harta, serta bagaimana masyarakat mengatasi perbedaan pandangan ini. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (Field Research) dengan dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan tokoh Kampung Naga, kuncen atau juru kunci, lebe adat, dan punduh adat. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologis yaitu suatu pendekatan yang digunakan untuk melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai penunjang untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi temuan bahan nonhukum bagi keperluan penelitian atau penulisan hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan hukum kewarisan di Kampung Naga lebih banyak dilaksanakan dengan cara hibah dan hibah wasiat dan dilakukan orang tua kepada anaknya semasa hidup. Walaupun dalam pandangan Hukum Islam hal demikian tidak dapat disebut sebagai pembagian harta warisan, namun hukum Islam tidak melarang pembagian harta sepanjang dimaknai sebagai bentuk hibah atau hibah wasiat. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam menyusun kebijakan hukum yang menghormati keberagaman budaya dan agama di Indonesia, serta memberikan kontribusi pada pemahaman hukum Islam dalam konteks masyarakat adat lokal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5