cover
Contact Name
Adelina Anum
Contact Email
adelina.saburai@gmail.com
Phone
+6281225727981
Journal Mail Official
adelina.saburai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No. 468 Langkapura
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Humanis Sains
ISSN : 25274228     EISSN : 25274228     DOI : 10.24967/jshs
Core Subject : Humanities,
Jurnal Sosial dan Humanis Sains, [e-ISSN: 2527-4228] is a journal which is published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Jurnal Sosial dan Humanis Sains is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of social dan humanism, include: international relations, communication science, public policy and management, social development and welfare, sociology, and politics and government.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021" : 6 Documents clear
SISTEM INFORMASI KOMPUTERISASI HAJI TERPADU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI PADA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TULANG BAWANG Amallia, Neysa Amallia; Kusumastuti, Henni
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.53 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1136

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dan sumber informasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang dan masyarakat yang sudah berangkat dan kembali dengan menggunakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu Pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang berbasis konektivitas secara online dapat menyediakan informasi yang real time serta mencakup dukungan terhadap seluruh prosesi pelayanan jemaah Haji mulai dari pendaftaran calon jamaah haji, pemrosesan dokumen haji, persiapan keberangkatan (Embarkasi), monitoring operasional di tanah suci sampai pada proses kepulangan ke tanah air (debarkasi). Kualitas Pelayanan Jemaah Haji Pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang, masih sering terkendala dari segi penyimpanan data, bandwidth atau kapasistas yang terlalu kecil, minimnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidang informasi dan pengelolaan komputer dan belum terbentuknya acuan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang.
KNOWLEDGE MANAGEMENT TOOLS DALAM MENDUKUNG INOVASI DAN DAYA SAING ORGANISASI DI ERA NEW NORMAL Prasetyo, Sigit; Anggraini, Elisa
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.735 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1133

Abstract

Knowledge Management merupakan aset perusahaan dalam upaya menciptakan inovasi dan meningkatkan daya saing organisasi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai perangkat alat manajemen pengetahuan baik yang memanfaatkan IT maupun sebaliknya.  Community of Practise (CoP) dan blog merupakan dua perangkat manajemen pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi dalam menciptakan inovasi dan daya saing. Inovasi dan daya saing organisasi dapat dihasilkan melalui penggabungan eksternal dan internal knowledge dengan melalui kolaborasi dan pemanfaatan CoP maupun blog.  Namun demikian, pada kondisi pandemi dan pemberlakuan new normal, penggunaan CoP harus menyesuaikan berbagai protokol keselamatan yang ada.  Disisi lain pemanfaatan blog dapat membantu CoP dalam menghasilkan pengetahuan baru bagi organisasi.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEDISIPLINAN PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Ubaya, Eka
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.294 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1138

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sulitnya pegawai melaksanakan prinsip budaya melayani masyarakat di Kantor Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah, untuk mengetahui kedisiplinan pegawai dan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, quisioner dan dokumentasi serta studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif didapatkan hasil penelitian bahwa budaya organisasi yang ada belum ditaati dimana tidak adanya ketegasan dan sanksi membuat pegawai sering melanggar norma yang ada, prilaku ini menjadi kebiasaan dan menjadi budaya bagi pegawai, kedisiplinan Pegawai masih rendah dibuktikan dengan masih ada beberapa pegawai yang datang terlambat dan tidak mengejakan pekerjaan tepat waktu dan budaya organisasi berpengaruh terhadap Kedisiplinan Pegawai di Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Hal ini dibuktikan hasil produk moment dan  dari hasil analisis regresi linier sederhana. Hasil output diperoleh angka R-square sebesar 0,968 atau 96,8 %. Hal ini menunjukan bahwa persentase pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 96,8 %. Sedangkan sisanya sebesar 3,2% dipengaruhi atau dijelaskan  oleh  variabel  lain  yang  tidak  dimasukkan  dalam  metode  penelitian ini.
IMPLEMENTASI “CONTROL CHART” UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PUBLIK DIBIDANG INTERNET PADA PT. TELKOMSEL PWK, Dennis Saputra; Slamet, Alim Setiawan
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.829 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1132

Abstract

Salah satu kebutuhan masyarakat di era moden saat ini adalah internet yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai aktifitas masyarakat.  PT. Telkomsel sebagai perusahaan pemerintah dituntut untuk menyediakan layanan prima dibidang internet bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi control chart dalam rangka meningkatkan manajemen mutu layanan internet bagi publik serta implikasi dan strateginya bagi layanan internet bagi publik.  Hasil kajian menunjukan bahwa layanan publik dibidang internet yang disediakan oleh PT. Telkomsel sudah cukup baik yang dapat dilihat dari control chart.  Implikasi dari kondisi tersebut menjadikan standar pemenuhan layanan publik oleh PT. Telkomsel telah sesuai dengan ketentuan.  Dalam upaya mempertahankan kondisi tersebut maka diperlukan upaya peningkatan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan peningkatan mutu layanan oleh perusahaan sehingga mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dibidang internet.  
PENGELOLAAN RETRIBUSI DALAM PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI PASAR GISTING KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS Junaiedi, Ahmad
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.118 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1134

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Retribusi pasar gisting terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanggamus, untuk mengetahui penerimaan retribusi Pasar Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pengelolaan retribusi pasar Gisting, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Desain Penelitian melalui tahapan-tahapan yaitu menetapkan identifikasi masalah dan merumuskan masalah, menetapkan tujuan dan kegunaan penelitian, merumuskan kerangka pemikiran dan anggapan dasar atau hipotesis, mencari landasan teori dan menentukan metode penelitian, Mencari Ruang Lingkup Penelitian, Fokus Penelitian, menentukan subjek dan sumber informasi, Membuat Tekhnik Pengumpulan Data, menganalisa data, keabsahan data, mennetukan Lokasi dan Jadwal Penelitian serta menarik kesimpulan dan memberikan saran.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak tercapaianya target penerimaan retribusi pasar pada pasar gisting disebabkan pengelolaan retribusi yang dilakukan oleh Koordinator Satuan Pelaksana Pelayanan Pasar Gisting masih belum maksimal. Selain itu faktor penyebab tidak tercapainya target penerimaan retribusi pasar Gisting adalah; kurang baiknya perencanaan, pengorganisasi, pelaksanaan, sampai denganpengawasan.
FUNGSI ADMINISTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PADA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG Dewi, Lies Kumara
JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS JUNI 2021
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.161 KB) | DOI: 10.24967/jshs.v5i01.1135

Abstract

Fungsi administrasi dalam proses pelaksanaan pekerjaan yang utama adalah harus dijalankan oleh seorang pimpinan untuk mengarahkan dan menggerakkan segala kegiatan terhadap bawahan agar dapat dihindarkan adanya pemborosan-pemborosan biaya, waktu dan sarana perlengkapan kantor. Dengan memahami fungsi administrasi tersebut maka tujuan akan dengan mudah untuk tercapai dan efektifitas pekerjaan kantor akan meningkat artinya akan sangat berpengaruh pada efisiensi tenaga, biaya dan waktu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui fungsi administrasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengetahui upaya-upaya peningkatan efisiensi pelayanan  pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Dalam penelitian  ini peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan Obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis  kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa fungsi administrasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung sudah berjalan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku namun masih menemukan kendala diantaranya sumberdaya manusia yang kurang memadai baik kualitas maupun kuantitas dan sarana prasarana yang kurang mendukung.

Page 1 of 1 | Total Record : 6