cover
Contact Name
Nikma Yucha
Contact Email
iqtisad@umaha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
iqtisad@umaha.ac.id
Editorial Address
Jl Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN
ISSN : -     EISSN : 26226367     DOI : 10.51804/iqtishad
Asset-liability management, corporate governance Auditing, bank assurance, banking crises, investment banking, central banks Derivatives, structured financial products Efficiency, performance, technological progress Financing decisions, financial institution management Regulation, supervision, standards, accountability Environmental/financial/management/social accounting Risk management, internal control Asset pricing, financial engineering Bankruptcy prediction/determinants Corporate finance, venture capital Credit risk modelling/management Foreign exchange markets Law and finance, mergers and acquisitions Mutual funds/portfolio management
Articles 109 Documents
PENGARUH FASILITAS, PEMATERI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIKLAT Eka Sastra Jaya Diharja
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 1, No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.634 KB) | DOI: 10.51804/iej.v1i2.538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peerta diklat di Balai Diklat Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik Simpel Random sampling sejumlah 100 orang yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner serta diharapkan mewakili seluruh peserta diklat pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen yang di gunakan yaitu  pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan  sedangkan variabel dependenya adalah kepuasan peserta diklat. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas, pemateri  dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat di Balai Dillat PUPR Surabaya baik secara prsial maupun secara simultan. Kata Kunci : pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan dan kepuasan peserta diklat
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Ratna Ekasari; Triliana Aprilia Putri
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.264 KB) | DOI: 10.51804/iej.v3i2.937

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada UD. Bagus Jaya Meubel. Penelitian ini dilakukan terhadap populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di UD. Bagus Jaya Meubel di Sidoarjo sebesar 100 konsumen. Sampel penelitian adalah 50 orang, menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis Regresi Linier Berganda digunakan sebagai teknik analisis data dengan program”SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara individu (parsial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas pelayanan dan lokasi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 22,753 > Ftabel 2,21 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama atau simultan variabel kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,597. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 59,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 40,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel / faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA JL. RAYA BYPASS KRIAN KM. 33 BALONGBENDO – SIDOARJO Amy Nurhuda; Sigit Sardjono; Wulan Purnamasari
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.27 KB) | DOI: 10.51804/iej.v1i1.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, lingkungan kerja terhadap motivasi dan kinerja karyawan Rumah Sakit Anwar Medika jl. Raya bypass krian km. 33 balongbendo – sidoarjo. Model penelitian ini mengunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Variabel disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap motivasi tetapi berpengaruh kinerja karyawan, sedangkan untuk variabel lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Motivasi berpengaruh siginifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN, SUASANA KAFE DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INTANO COFFEE SHOP AND ROASTERY KRIAN Nikma Yucha; Septiana Nur Safitri
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 3, No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.333 KB) | DOI: 10.51804/iej.v3i1.927

Abstract

 Penelitian ini dilakukan pada Intano Coffee Shop and Roastery Krian. Dengan tujuan untuk melihat dan menganalisa pengaruh antara variabel bauran pemasaran, suasana kafe dan minat beli terhadap keputusan pembelian. Metode yang di terapkan adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang di terapkan yaitu Purposive Sampling dengan Sampel penelitian berjumlah 72 responden. Kata kunci: Bauran pemasaran, Suasana kafe, Minat Beli, dan keputusan pembelian 
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEBERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR MADUBRONTO KABUPATEN SIDOARJO Lailatul Hamidah
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 2, No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.402 KB) | DOI: 10.51804/iej.v2i1.554

Abstract

AbstrakPasar merupakan salah satu titik kumpul perniagaan masyarakat. Sedangkan pasar identik dengan bau , kotor, kumuh dan sebagainya. Butuhnya strategi peningkatan pasarl agar pasar tersebut tetap menjadi pilihan pembeli untuk belanja keperluan sehari-hari. Peningkatan pasar memang tidaklah mudah, dan juga akan memakan biaya yang lumayan tinggi. Jika ingin pasar yang berkembang dengan dukungan pemerintah melalui strategi revitalisasi pasar harusnya tidak hanya menciptakan kemajuan yang tampaknya nyaman secara fisik. Kategori penelitian dalam penyusunan penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research), merupakan penelitian yang di lakukan di lokasi penelitian dan melakukan observasi tentang suatu kejadian dalam  keadaan ilmiah. Sedangkan untuk pengumpulan data penelitian memerlukan metode pengumpulan dengan kuesioner, observasi serta wawancara..Penelitian ini memakai metode analisis kuantitatif. Lokasi penelitiannya dilakukan diPasar Krisna Madubronto Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian bermaksud menganalisis serta mengetahui pengaruh persepsi harga, keberagaman produk, serta lokasi terhadap kepuasan konsumen di Pasar Madubronto Kabupaten Sidoarjo.Kata Kunci : Pengaruh persepsi harga, keberagaman produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Pasar Madubronto Kabupaten Sidoarjo.
PENGARUH PENDAPATAN, LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR Donny Arif
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 4, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/iej.v4i1.1666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendapatan dan lingkungan dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa UMAHA. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif UMAHA. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden, penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah metode kausal komparatif dan menggunakan teknik analisis SmartPLS. Analisis data yang dilakukan adalah uji frekuensi data, uji validitas, uji reliabilitas, analisa koefisien jalur, uji T statistik untuk mengetahui besar pengaruh dan signifikan pendapatan dan lingkungan terhadap minat berwirausaha mahasiswa UMAHA. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara variabel X2 dengan Y secara parsial membandingkan tstatistic sebesar 1,380 lebih kecil dari nilai ttabel 1,984 dengan tingkat signifikan 0,168 lebih besar dari nilai 0.05 dinyatakan hipotesis ditolak yang artinya lingkungan tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa UMAHA
PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Emylia Dzulkharnain
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 1, No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.802 KB) | DOI: 10.51804/iej.v1i2.543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial/sendiri maupun simultan/bersama- sama pengaruh persepsi harga , citra merk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk tas sophie martin di Kabupaten Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Sidoarjo yang menggunakan produk tas sophie martin. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner. Teknik pengujian instrumen yang digunakan adalah pengujian validitas, reliabilitas,dan uji asumsi klasik. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda , Uji t , Uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) secara parsial/sendiri persepsi harga, citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif(+) dan signifikan/bermakna terhadap keputusan pembelian produk tas sophie martin di Kabupaten Sidoarjo , (2) secara simultan/bersama-sama persepsi harga, citra merk dan kualitas produk berpengaruh positif(+) dan signifikan/bermakna terhadap keputusan pembelian produk tas sophie martin di Kabupaten Sidoarjo, (3) Persepsi harga berpengaruh paling besar terhadap keputusaan pembelian produk tas sophie martin di Kabupaten Sidoarjo. Kata kunci: Persepsi Harga , Citra Merk, Kualitas Produk, Keputusaan Pembelian
ANALISIS PRODUK, PERSEPSI HARGA, PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PAVING BLOK UD. CAHAYA INDAH TAMAN SIDOARJO Muhammad Singgih Widodo; Ratna Ekasari
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.261 KB) | DOI: 10.51804/iej.v3i2.942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi terhadap volume penjualan paving blok UD. Cahaya Indah Taman Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berbelanja di UD. Cahaya Indah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang diolah menjadi data penelitian sebanyak enam puluh responden. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga dan promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap volume penjualan di UD. Cahaya Indah. Sedangkan Produk sedikit berpengaruh positif terhadap volume penjualan.Kata kunci: Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Volume Penjualan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, SEMANGAT KERJA, DISIPLIN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN TETAP PADA PT. RAMA EMERALD MULTI SUKSES Rosa Anggraini, M.Eddy Rosidi, Nuning Nurna Dewi
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.384 KB) | DOI: 10.51804/iej.v1i1.358

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya organisasi, semangat kerja, disiplin kerja, motivasi kerja dan kinerja karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan 100 sampel dan menggunakan analisis model SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan pada motivasi kerja dan kinerja karyawan. Semangat kerja berpengaruh pada motivasi kerja tetapi tidak pada kinerja karyawan. . Disiplin kerja berpengaruh pada motivasi kerja tetapi tidak pada kinerja karyawanKata Kunci : Budaya Organisasi, Semangat Kerja, Disiplin Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan. 
PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN LELE DI SIDOARJO Achmat Afandi Setyawan; Ratna Ekasari; Nuning Nurna Dewi
IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN Vol 3, No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.276 KB) | DOI: 10.51804/iej.v3i1.932

Abstract

Pengkajian dengan tema “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Ikan Lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo” bermaksud untuk mengkaji pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosi terhadap minat beli konsumen ikan lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo secara segmental dan sinkron. Masyarakat dalam pengkajian ini adalah pelanggan produk ikan lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo sebanyak 75 informan, metode pengutipan representative menggunakan probability sampling. Verifikasi instrument pengkajian ini menggunakan verifikasi validitas dan realibilitas. Verifikasi tesis klasik menerapkan verifikasi normalitas, verifikasi multikolinieritas, verifikasi heterokedastisitas dan verifikasi autokorelasi. Hitungan dari verifikasi hipotesis yang menerapkan program SPSS versi 21.0. terdapat perumpamaan regresi yaitu Y = 4,681 + 0,746X1 + 0,591X2 - 0,188X3 dengan R sejumlah 0,954 dan R2 0,911. Berlandaskan pengkajian yang dilakukan terdapat angka koefisien R2 sejumlah 0,911, hal ini menyatakan bahwa faktor kualitas produk, persepsi harga dan promosi dapat menguasai faktor minat beli masyarakat sejumlah 91,1%. Sebaliknya 8,9% dipengaruhi oleh faktor bebas lain yang tidak ada dalam pengkajian ini.Kata kunci : kualitas produk, persepsi, harga promosi dan minat beli

Page 1 of 11 | Total Record : 109