cover
Contact Name
Izzat Pratama
Contact Email
jurnal.swarna@gmail.com
Phone
+6287843305581
Journal Mail Official
jurnal.swarna@gmail.com
Editorial Address
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram Jl. Tawak-Tawak Karang Sukun, Mataram - NTB 83121 e-mail: jurnal.swarna@gmail.com or swarna@45mataram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SWARNA
ISSN : 2963184X     EISSN : 2963184X     DOI : https://doi.org/10.55681/swarna
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service, with the online registered number E-ISSN 2963-184X. This multidisciplinary scientific journal in the field of community service is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development. SWARNA is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage of areas: Human development and nation competitiveness, Local resource-based poverty alleviation, Management of rural and coastal areas of local wisdom. Economic Development, Entrepreneurship, Cooperatives, Creative Industries, Education, Animal Husbandry, Fisheries, Marine, Public Health, UMKM, Development of environmentally sound technologies. Health, nutrition, tropical diseases, herbal medicines, Art, literature, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH: PERAN GURU, ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA Riasnugrahani, Missiliana; Djono, Olivia Budi; Nasya, Amanda Eillen; Khalisha, Mazaya Afatharani; Fadhiya, Raysha Auliya; Michel, Michel; Sabrina, Azra Nur; Belinda, Carissa; Manalu, Cicilya Theodora; Azka, Zauzan
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i12.1468

Abstract

Pembelajaran positif diperlukan oleh siswa agar dapat terlibat secara emosi, pikiran dan perilaku. Siswa yang terlibat di sekolah akan tampak aktif dalam kegiatan sekolah, mengerjakan tugas dan belajar dengan baik. Faktor-faktor pembentuk keterlibatan sekolah (school engagement) adalah parental involvement, parenat autonomy support dan parent structure. Melalui metode psikoedukasi orang tua dan guru diberikan materi tentang bagaimana memahami anak dan menunjukkan kepedulian pada kegiatan anak, mendorong kemandirian serta memberikan aturan yang jelas. Sementara siswa kelas 1-6 diberikan psikoedukasi melalui permainan edukatif yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai pertemanan, saling menghormati, empati dan saling mengasihi. Nilai-nilai ini diharapkan dapat menghambat perilaku negatif seperti bullying. Hasil kegiatan menunjukkan semua faktor orang tua berkaitan erat dengan keterlibatan siswa di sekolah, dan siswa pun memahami pentingnya menjalin pertemanan yang positif, untuk membentuk lingkungan belajar yang positif.
PENERAPAN EDUKASI GIZI SEIMBANG BERBASIS EMPAT PILAR DAN ISI PIRINGKU BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH RUTH BANDUNG Edwin, Christian; Safitri, Maudina; Raga, Andika; Saputra, Yonathan Adi; Qolbi, Latiful; Trifena, Monica; Budianto, Goldwin; Kharis, Jhosua; Budi, Livia Bhelina; Verzaendri, Nayla Khalida; Makolola, Melati Arindhiani
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i12.1469

Abstract

Masalah gizi pada anak usia dini merupakan isu penting dalam upaya pencegahan stunting di Indonesia, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak di rumah penampungan. Rumah Ruth Bandung, sebagai rumah singgah bagi anak-anak usia 3–6 tahun yang ditinggal orang tua, menjadi lokasi strategis untuk edukasi gizi seimbang. Anak usia dini berada pada masa emas pertumbuhan, sehingga diperlukan pendekatan edukatif yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan konsep gizi seimbang melalui empat pilar gizi dan pendekatan “Isi Piringku” secara sederhana dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi interaktif dengan bantuan visual seperti poster makanan, permainan edukatif, serta pelatihan ringan bagi pengasuh dalam menyusun menu harian berdasarkan prinsip gizi seimbang. Hasil kegiatan menunjukkan respons positif dari anak-anak terhadap materi yang disampaikan melalui media visual dan aktivitas bermain. Selain itu, para pengasuh menunjukkan peningkatan pemahaman dalam menyusun menu yang bervariasi sesuai kebutuhan gizi anak. Kegiatan ini tidak hanya menambah pemahaman tentang pola makan sehat, tetapi juga mendorong pembentukan kebiasaan makan yang berkelanjutan di lingkungan rumah singgah. Diharapkan, kegiatan ini mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Rumah Ruth.
PENGAJARAN MENGENAI TEKNIK MENYIKAT DAN PENGGUNAAN BENANG GIGI KEPADA PANTI ASUHAN PUTERA MARANATHA SERTA EVALUASI KEBERHASILANNYA Sugiaman, Vinna Kurniawati; Varensia, Ellyvia; Kristianti, Vivian Okta; Kristiawan, Sarah Parmashta; Christiane, Jesslyn Febe; Batuaji, Stefani Alphina; Saputra, Albertus Christian; Setiawan, Angelique Aprilla; Santoso, Chillie Aimeelita; Chriscendio, Felix
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i12.1470

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut memegang peranan penting dalam menjaga kualitas hidup seseorang. Namun, pemahaman dan penerapan teknik menyikat gigi serta penggunaan benang gigi yang baik dan benar sering kali masih kurang, terutama di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai teknik menyikat gigi dan penggunaan benang gigi kepada anak-anak di Panti Asuhan Putera Maranatha serta mengevaluasi keberhasilannya. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan dengan demonstrasi langsung, pembagian materi edukasi visual, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan anak-anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Temuan ini menegaskan akan pentingnya program edukasi kesehatan gigi untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan perawatan gigi sejak dini.
Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi sebagai Solusi Limbah Rumah Tangga di Yayasan Nurul Iman Pematang Gajah Sari, Tias Nanda
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i12.1477

Abstract

Abstract: Pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan baku lilin aromaterapi merupakan solusi inovatif dalam mengatasi limbah rumah tangga sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan di Yayasan Nurul Iman Pematang Gajah. Minyak jelantah yang secara fisik dan kimia mengalami perubahan berpotensi mencemari lingkungan jika dibuang sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan teknis pengolahan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi yang ramah lingkungan serta mendorong kewirausahaan masyarakat. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, praktek pembuatan lilin aromaterapi secara bertahap, dan pendampingan produksi dengan bahan utama minyak jelantah yang telah disaring dan dinetralisasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan limbah minyak dan keberhasilan pembuatan lilin dengan aroma yang stabil dan efektif sebagai aromaterapi. Program ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengurangan limbah minyak jelantah serta pemberdayaan ekonomi lokal secara berkelanjutan. Kesimpulannya, pengolahan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi menjadi alternatif solusi lingkungan dan sosial yang aplikatif di komunitas setempat.
Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Dalam Sosialisasi Edukasi Strategi Sinergi Penanganan Sampah Domestik di Kelurahan Kilasah Syahid, Ahmad Habibi; Al-andalusi, M. Saddam; Badegesy, M. Zuhair
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i12.1481

Abstract

Pengelolaan sampah domestik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang mendesak di berbagai wilayah, termasuk di Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen. Rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah dan mengolah sampah menyebabkan meningkatnya pencemaran lingkungan, penyebaran penyakit, serta penurunan kualitas sanitasi. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga mengenai pengelolaan sampah berbasis konsep 3R (reduce, reuse, recycle). Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, mahasiswa KUKERTA menyusun materi sosialisasi dan berkoordinasi dengan aparat kelurahan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab, dan praktik langsung pemilahan serta pengolahan sampah organik dan anorganik. Evaluasi dilakukan untuk menilai pemahaman masyarakat sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan, di mana pemahaman pemilahan sampah meningkat hingga 90%, penerapan konsep 3R mencapai 88%, serta keterampilan pengolahan sampah organik dan anorganik naik menjadi 75% dan 80%. Dengan demikian, kegiatan KUKERTA ini berperan penting dalam membangun kesadaran lingkungan dan memberikan keterampilan praktis kepada masyarakat. Hasil ini menegaskan bahwa sinergi antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah sangat diperlukan dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 10 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2025 Vol. 4 No. 9 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2025 Vol. 4 No. 8 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2025 Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025 Vol. 4 No. 6 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2025 Vol. 4 No. 5 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2025 Vol. 4 No. 4 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2025 Vol. 4 No. 3 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2025 Vol. 4 No. 2 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2025 Vol. 4 No. 1 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari, 2025 Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024 Vol. 3 No. 11 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2024 Vol. 3 No. 10 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2024 Vol. 3 No. 9 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2024 Vol. 3 No. 8 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2024 Vol. 3 No. 7 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2024 Vol. 3 No. 6 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2024 Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024 Vol. 3 No. 4 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2024 Vol. 3 No. 3 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2024 Vol. 3 No. 2 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2024 Vol. 3 No. 1 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2024 Vol. 2 No. 12 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2023 Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023 Vol. 2 No. 10 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2023 Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023 Vol. 2 No. 8 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2023 Vol. 2 No. 7 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2023 Vol. 2 No. 6 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2023 Vol. 2 No. 5 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2023 Vol. 2 No. 4 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2023 Vol. 2 No. 3 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2023 Vol. 2 No. 2 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2023 Vol. 2 No. 1 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2023 Vol. 1 No. 4 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2022 Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022 Vol. 1 No. 2 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2022 Vol. 1 No. 1 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2022 More Issue