cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2021): Desember" : 5 Documents clear
EKONOMI KERAKYATAN PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA SERTA IMPLIKASINYA Akhmad Suyono
PEKA Vol. 9 No. 2 (2021): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.311 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(2).8354

Abstract

Kajian ini berfokus pada pembahasan kasus ekonomi kerakyatan pada masa krisis ekonomi 1998, ketika Orde Baru berperan membantu usaha mikro, UKM dan koperasi. Penting bagi negara memahami penguasaan atas kepentingan hidup rakyat banyak, dan tatanan pemerintahan memahami apa yang terdapat di bumi dan air, serta menggunakannya untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan apa yang dipikirkan ekonomi Islam tentang perekonomian nasional dalam kaitannya dengan pemikiran Mohammad Hatta dan Indonesia. Metodelogi dalam tulisan ini adalah kualitatif studi kepustakaan.. Hasil tinjauan pustaka ini menunjukkan bahwa pemikiran ekonomi kerakyatan ini relevan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Jika aturan seperti ini terbukti membuahkan hasil, secara otomatis pemerintahan telah menunaikan segala kewajibannya dalam memakmurkan suatu tatanan masyarakat.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI ELEKTRONIK BERBASIS PROYEK Purba Andy Wijaya; Agus Baskara; Fitriani
PEKA Vol. 9 No. 2 (2021): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.612 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(2).8399

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar akuntansi elektronik, pada mata kuliah akuntansi perbankan dengan materi akuntansi simpanan berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta perubahan proses pembelajaran dari tatap muka langsung menjadi pembelajaran jarak jauh (daring). Pendidik menggunakan bahan ajar terbatas, satu atau dua buku. Dan juga banyaknya peserta didik yang menggunakan smartphone tetapi cenderung tidak dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran. Ketersediaan bahan ajar cetak ketika pembelajaran daring merupakan permasalahan tersendiri khususnya di program studi Pendidikan Akuntansi FKIP UIR. Melihat karakteristik wilayah tempat tinggal mahasiswa di Riau menyebabkan akses untuk mendapatkan bahan ajar cetak perkuliahan mengalami kesulitan, dengan demikian perlu bagi dosen sebagai pengampu mata kuliah memberikan variasi bahan ajar dalam bentuk elektronik/digital. Pengembangan bahan ajar ini telah diuji kelayakannya baik dari segi teknis maupun materi melalui validasi pakar. Dari hasil validasi tersebut, telah dilakukan revisi dan perbaikan produk sehingga bahan ajar ini valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KESIAPAN MENTAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 PEKANBARU Sukarni; Rani Puji Rahayu Sitompul
PEKA Vol. 9 No. 2 (2021): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.955 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(2).8495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif eksplanasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 6 Pekanbaru pada bulan Februari 2021. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 136 orang siswa. Adapun teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah uji path analysis atau analisis jalur dan uji sobel dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan secara langsung minat terhadap hasil belajar sebesar 0,285 dengan p-value nya sebesar 0,001 ≤ dari 0,05, 2) terdapat pengaruh kesiapan mental terhadap hasil belajar sebesar 0,288 dengan p-value sebesar 0,001 ≤ dari 0,05, 3) terdapat pengaruh signifikan minat terhadap kesiapan mental sebesar 0,472 dengan p-value 0,000 ≤ dari 0,05, dan 4) terdapat pengaruh signifikan secara tidak langsung minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental yaitu sebesar 14,77% dengan p-value(Z sig(two)) sebesar 0,0463 ≤ dari 0,05.
PENGARUH METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUK MERANTI KABUPATEN PELALAWAN Dede Ratna Sari; Nurhuda
PEKA Vol. 9 No. 2 (2021): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(2).12322

Abstract

Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dengan media gambarterhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Teluk Meranti Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Teluk Meranti yang berjumlah 44 siswa. Variabel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah metode diskusi dengan media gambar sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Adapun tekhnik pengambilan data yang digunakan ialah kuesioner (angket). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode diskusi dengan media gambar untuk meningkatkan minat belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Teluk Meranti. Hasil pre-test dari dua kelas yang telah dilakukan maka didapatlah rata-rata kelas XI IPS1 sebesar 64,77% dan kelas XI IPS2 sebesar 67,23%, dan data post-testnya iyalah rata-rata kelas XI IPS1 sebesar 87,05% dan rata-rata kelas XI IPS2 sebesar 96,36%. Maka dapat dilihat bahwa hasil meningkat setelah dilakukan perlakuan yaitu menggunakan metode diskusi dengan media gambar. Serta disarankan bagi guru sebagai acuan dalam pembelajaran untuk lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran agar siswa tidak jenuh.
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU Kamela Putri; Zakir Has
PEKA Vol. 9 No. 2 (2021): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(2).12323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jumlah populasi sebanyak 189 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil semua sesuai dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 189 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif, menggunakan alat pengumpulan data yaitu angket dan daftar nilai ulangan harian siswa. Sedangkan pengolahan datanya adalah melakukan perhitungan dengan program SPSS dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Diuji dengan hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar didapat nilai t hitung diketahui nilai 3,209 > 1.653 maka Ha diterima karena koefisien a signifikan, kemudian disamping dan peneliti dapat melakukan perbandingan dengan signifikan 0,002 ini jauh lebih kecil dari 0,05 (sig 0,002 < 0,05) dengan demikian Ho ditolak, Ha diterima artinya terdapat pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap hasil belajar (Y). Pengelolaan kelas dengan indikator menciptakan iklim yang tepat, mengatur ruang belajar, dan mengelola interkasi kegiatan belajar mengajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 12 Pekanbaru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5