cover
Contact Name
Helendra
Contact Email
jrfes@upgrisba.ac.id
Phone
+6285365652881
Journal Mail Official
jrfes@upgrisba.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Sumatera Barat. Gedung D Lantai 3. Jl Gunung Pangilun. Padang. Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRFES
ISSN : 24073563     EISSN : 25033425     DOI : https://doi.org/10.22202/jrfes.2022.v9i2
Core Subject : Science, Education,
JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and the field of physics. This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of science teachers with the aim to advance our knowledge of science education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education & environmental science. JRFES is dedicated to all physics education practitioners. The coverage of JRFES includes: experimental research, action research, qualitative research, quantitative research, and development research (model, media, and learning evaluation) aimed to improving the quality and building innovation in Physics Education, includes: Experimental Research Class Action Research Qualitative Research Quantitative Research Model Learning Development Media Learning Development Additional Learning Materials Development Learning Evaluation Literature Study    The articles in JRFES also include developments and researches in Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications). Subject areas suitable for publication include, but are not limited tothe following fields: Nuclear and Radiation Physics Electronics and Instrumentation Physics Materials Physics Theoretical and Computational Physics
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DISERTAI QUIZ TEAM PADA PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 22 PADANG
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.04 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2016.v3i1.2447

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar fisika siswa yang masih rendah. Hal itu disebabkan beberapa siswa dalam proses belajar yang kurang aktif. Oleh karena itu, proses pembelajaran diaplikasikan, dengan menggunakan model pembelajaran langsung oleh tim kuis. Jenis penelitian adalah percobaan kuasi, dengan desain kelompok kontrol posttest saja. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Menurut hasil uji hipotesis dengan uji Mann Withney diperoleh Z_hitung = 2,43> Z_tabel = 1,76, maka H_0 ditolak. Selain data yang diperoleh dari hasil uji akhir ada juga data hasil belajar dari domain afektif. Persentase rata-rata hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen adalah 72,38% sedangkan kelas kontrol 60,10%. Berdasarkan hasil analisis uji akhir dan data domain afektif yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa ditemukan hasil pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMPN 22 Padang yang menerapkan model pembelajaran langsung disertai Tim Kuis.Kata kunci  Pembelajaran Langsung, Tim kuiz, Hasil pembelajaran siswa
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.731 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2016.v3i1.2456

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada siswa yang tidak terbiasa dengan model discovery learning . Fenomena ini menyebabkan hasil belajar siswa dari ilmu pengetahuan alam masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik simulasi probing dalam model discovery learning terhadap hasil belajar sains siswa kelas VII SMPN 1 Sutera. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sutera yang terdiri dari delapan kelas. Metode pengambilan sampel adalah cluster random sampling yang dipilih pada kelas VII.5 sebagai percobaan, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah uji prestasi sains dalam bentuk esai. Berdasarkan uji prestasi sains diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 62 dan kelas kontrol 50. Hasil analisis data diketahui kedua sampel tersebut tidak normal distribusinya namun homogen, pada taraf nyata α = 0,05. Uji hipotesis diperoleh analisis uji mann whitney dengan Zhitung = 2,08 dan Ztable = 0,98 berarti Zhitung> Ztable sehingga hypothesis diterima. Kata kunci: Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa, Probing Prompting
Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh Sumatera Barat
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.459 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2016.v3i1.2457

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebagai hasil dari aplikasi strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah kuasi penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol acak. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh terdiri dari dua kelas. Hasil pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen XI IPA 1 75,70 dan kelas kontrol XI IPA 2 61,59. Kemudian hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 3,27 > ttabel = 2,01 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulannya adalah pengaruh aplikasi strategi pembelajaran aktif tipe Memberi Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh.Kata Kunci: Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban, Pembelajaran Aktif
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.147 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2016.v3i1.2446

Abstract

Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar dan kurang tertarik terhadap pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pencocokan lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas XI SMA N 14 Padang. Instrumen tersebut adalah uji domain kognitif pada tes akhir dan lembar observasi siswa sebagai uji domain afektif. Teknik analisis data hasil fisika siswa dengan uji t sebagai uji domain kognitif. Nilai rata-rata uji akhir pada kelas eksperimen adalah 85,53 dan pada kelas kontrol adalah 71,20. Sedangkan pada domain afektif, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,60 dan pada kelas kontrol adalah 69,17. Berdasarkan nilai rata-rata pembelajaran fisika, maka disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode matching atau kecocokan lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI SMAN 14 Padang.Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Metode Kecocokan, Hasil Studi Fisika.
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.999 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2016.v3i1.2458

Abstract

Penelitian ini dimotivasi dari hasil belajar fisika siswa yang masih rendah di SMAN 3 Lengayang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode demonstrasi dengan LKS. Jenis penelitiannya adalah percobaan kuasi, dengan rancangan desain kelompok posttest hanya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data hasil belajar melalui tes tertulis untuk domain kognitif. Teknik analisa data menggunakan uji Mann-Whitney. Rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen domain kognitif 73,74 dengan kelengkapan klasik 73,53% sedangkan kelas kontrol 64,74 dengan kelengkapan klasik 29,03%. Pada Z_Count = 4,29> Z_table = 0,99997 adalah H_0 ditolak maka uji hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dengan LKS lebih baik daripada menggunakan kelas LKS konvensional XI IPA SMA Negeri 3 Lengayang. Kata kunci: Metode demonstrasi, LKS, domain kognitif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5