cover
Contact Name
Helendra
Contact Email
jrfes@upgrisba.ac.id
Phone
+6285365652881
Journal Mail Official
jrfes@upgrisba.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Sumatera Barat. Gedung D Lantai 3. Jl Gunung Pangilun. Padang. Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRFES
ISSN : 24073563     EISSN : 25033425     DOI : https://doi.org/10.22202/jrfes.2022.v9i2
Core Subject : Science, Education,
JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and the field of physics. This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of science teachers with the aim to advance our knowledge of science education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education & environmental science. JRFES is dedicated to all physics education practitioners. The coverage of JRFES includes: experimental research, action research, qualitative research, quantitative research, and development research (model, media, and learning evaluation) aimed to improving the quality and building innovation in Physics Education, includes: Experimental Research Class Action Research Qualitative Research Quantitative Research Model Learning Development Media Learning Development Additional Learning Materials Development Learning Evaluation Literature Study    The articles in JRFES also include developments and researches in Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications). Subject areas suitable for publication include, but are not limited tothe following fields: Nuclear and Radiation Physics Electronics and Instrumentation Physics Materials Physics Theoretical and Computational Physics
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP DISERTAI KUIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP N 25 PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.9 KB)

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh proses belajar yang masih didominasi oleh guru pusat dan juga stunden cenderung bersifat pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya proses belajar fisika di kelas dua SMPN 25 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis pada hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Penelitian ini merupakan percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol postest dan menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis kuis rendah dikategorikan yaitu kelas eksperimen rata-rata adalah 20,35, sedangkan kelas kontrol rata-rata adalah 23,80. Hasil analisis uji akhir dengan menggunakan uji t, yaitu t = 5,38 dengan kriteria -0,05 dan 2,05 sehingga diperoleh data -2,05 <5,38> 2,05. lalu H0 ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis terhadap hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Kata kunci: Buzz Group, kuis, hasil belajar
PENGARUH PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 LEMBAH GUMANTI
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.857 KB)

Abstract

Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Lembah Gumanti. Hal itu terjadi karena para siswa mengalami kesulitan dalam melakukan latihan yang berbeda dengan contoh yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini ingin mengetahui pengaruh teknik pertukaran ucapan dan pertanyaan terhadap hasil domain kognitif siswa pada kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah percobaan kuasi dengan kelompok kontrol posttest hanya sebagai desain. Sampelnya adalah dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumennya adalah uji domain kognitif dalam bentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada domain kognitif, hasil siswa sampel kelas terdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen di kelas 73,32 sedangkan pada kelas kontrol adalah 58,28. Dalam pengujian hipotesis, didapatkan t-test = 3,02 lebih besar dari t-table = 1,68 yang berarti hipotesis diterima. yang dapat disimpulkan hasil siswa lebih baik dalam menggunakan teknik pertukaran ucapan dan pertanyaan daripada teknik konvensional di ranah kognitif pada siswa kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti.Kata kunci: Teknik Greeting and Questions, Domain Kognitif, Hasil Pembelajaran
PENGARUH PENERAPAN TEKA TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 14 PADANG
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.422 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2017.v3i2.2501

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Fisika siswa karena masih kurangnya minat belajar siswa saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan teka-teki silang. Penilaian pada ranah kognitif yaitu melalui tes akhir, pada ranah afektif melalui lembar observasi siswa dan pada ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian psikomotor siswa. Teknik analisis data hasil belajar yaitu dengan menggunakan uji t, dan kemudian dilakukan perhitungan effect size untuk menentukan seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan dari perhitungan effect size diperoleh d sebesar 0,69 tergolong kedalam sedang. Jadi berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa, pengaruh penggunaan teka-teki silang dalam pembelajaran discovery learning berpengaruh sedang dalam meningkatkan hasil belajar fisika kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Kata kunci :  Pembelajaran Fisika, Teka-teki Silang, Discovery Learning, Hasil     Belajar Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KIRTIS MAHASISWA DI STKIP PGRI SUMATERA BARAT
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.187 KB) | DOI: 10.22202/jrfes.2017.v3i2.2866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa pada mata kuliah Fisika Statistik Model pembelajaran yang digunakan adalah Cooerative Model . Sebagai sebuah model pengajaran, pembelajaran kooperatif dapat diterapkan pada Pembelajaran di semua level. Pada model pembelajaran ini, kelas diatur ke dalam kelompok-kelompok kecil dan dosen memberikan petunjuk berkenaan dengan tujuan yang hendak dicapai. Kelompok kecil ini bekerja melalui tugas hingga semua kelompok berhasil memahami dan menyelesaikan tugas tersebut. Pembelajaran kooperatif dapat diterapkan pada semua tugas dalam berbagai macam bentuk kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dapat dikembangkan pada model pembelajaran ini adalah: mengklasifikasi, mengasumsi, memprediksi, menghipotesis, mengevaluasi, menganalisis, dan membuat kesimpulan. Dengan nilai rata-rata tiap siklus I, siklus II dan siklus III, berturut-turut: 77,06; 81,54; dan 83,64. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis seiring dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang termasuk kategori lebih kritis dalam hierarki kategori kemampuan berpikir kritis.
PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAI LIMAU
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.545 KB)

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh pembelajaran phsysics yang masih berpusat pada guru. Efeknya adalah kurangnya motivasi belajar siswa mengikuti proses pembelajaran. Ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti menerapkan teknik pembelajaran kancing gemerincing. Kancing gemerincing adalah teknik belajar yang menggunakan kancing berwarna sebagai tanda ekspresi pendapat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik kancing gemerincing pada domain kognitif fisika kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Limau. Penelitian ini merupakan percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol hanya postest dan cluster random sampling, dan uji hipotesis adalah uji Mann - Whitney. Domain kognitif untuk kelas eksperimen rata-rata 79,55 dan kelas kontrol rata-rata 6,19. Artinya ada pengaruh penerapan teknik kating gemericing n terhadap siswa belajar fisika kelas kognitif kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau.Kata kunci: Kancing Gemerincing, Domain Kognitif, Fisika

Page 1 of 1 | Total Record : 5