cover
Contact Name
Annisa Nurramadhani
Contact Email
annisanurramadhani@unpak.ac.id
Phone
+6281807775704
Journal Mail Official
pedagogia@unpak.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Jl. Pakuan No 01, Kel. Tegallega, Kec. Kota Bogor Tengah Kota Bogor - 16143 Indonesia
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 16935799     EISSN : 24602175     DOI : https://doi.org/10.55215/pedagogia
Core Subject : Education, Social,
The scope of our journal includes (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education, (7) Visual arts, dance, music, and design education, (8) Management Education and (9) Educational Community Service fields in elementary school, middle school, high school, even in college which will be published online.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 9 Documents clear
Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas Mardianis Mardianis
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.797 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4817

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mngetahui model direct instruction dan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas. Mendeskripsikan hasil keterampilan menulis puisi bebas sebelum dan sesudah menggunakan model direct intrucion dan media audio visual. Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang menulis puisi bebas dengan menggunakan model direct instruction dan media audio visual. Penelitian dengan menggunakan model direct instruction dan media audio visual membuat peserta didik merasa senang. Model ini dapat digunakan sebagai variasi dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan model ini, nilai rata-rata  keterampilan menulis puisi bebas hanya 61,75 dengan presentase ketuntasan 25%. Kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan  model direct intrucion dan media audio visual  pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 72,27 dan 82,02 pada siklus 2. Dari uraian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dan media audio visual dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti menyarankan model direct intrucion dapat dijadikan sebagai alternative dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah-sekolah di Dinas Pendidikan Kota Bogor
Science Integrated Concept: Penguasaan dan Kompetensi Guru IPA Annisa Nurramadhani; Irvan Permana; Siti Aqilah; Najla Nurul Amalia
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.45 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.5811

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran sains yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar sains yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep sains yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Pemahaman sains akan bermakna jika pembelajaran sains diarahkan pada pengembangan kemampuan koneksi sains antar berbagai ide, memahami bagaimana ide-ide ilmiah saling terkait satu sama lain sehingga terbangun pemahaman menyeluruh, dan menggunakan sains dalam konteks di luar sains seperti Optik dan Cahaya. Metode yang digunakan adah deskriptif analisis dengan instrumen yaitu angket. Pelaksanaan penelitian ini dalam bentuk seminar dan workshop yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten. Narasumber ini akan menjelaskan dengan detail konsep optik dan cahaya serta merekomendasikan berbagai startegi pembelajarannya. Diharapkan dengan demikian pemahaman guru mengenai konsep optik dan cahaya mengalami peningkatan sehingga guru tidak lagi kebingungan menentukan startegi pembelajarannya yang sesuai. Bila strategi pembelajarannya sesuai diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep optik dan cahaya. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman guru mengenai konsep optik dan cahaya dengan science integrated concept memiliki peningkatan ke arah yang lebih baik. Guru merasa lebih mudah dalam memahami, dan menyusun rencana pembelajaran untuk pembelajaran di kelas. Guru lebih tertarik karena materi optik dan cahaya tidak hanya dibahas dari sudut pandang fisika saja, tetapi dari sudut pandang biologi, kimia, dan lingkungan kegiatan sehari-hari. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, dengan guru lebih menguasai  science integrated concept, guru akan lebih paham mengenai pembelajaran IPA sesungguhnya dan lebih mudah dalam menyusun rancangan pembelajaran di kelas.
The Efforts to Increase Teacher's Competence in Online Learning Through Megicom Workshop During The Covid -19 Pandemic Aidawati Aidawati
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.835 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4844

Abstract

This research aims ro improve teacher`s competence in online learning through Megicom Workshop during the Covid-19 pandemic in the 2020/2021 academic year of SMA Negeri 9 Bogor. This research was conducted in two cycles with 45 teachers in SMA Negeri 9 Bogor. The research was carried out for 5 (five) months, namely July – November 2020. Based on the reasearch results, after going through the Digital Media Competency Workshop, the competence of teachers in carrying out synchronous online learning has increased. From the results of observations through academic supervision, it was found that in cycle 1, as many as 38%  were very good in carrying out online learning activities in the classroom, 49%  were good, and 13% were quite good in carrying out online learning activities in the classroom. While in cycle 2, 49% were very good in carrying out synchronous online learning activities, 51%  were good, and there was no longer sufficient category). The competence of teachers in implementing synchronous online learning has increased. The results showed that in cycle 1, as many as 42% were very good at carrying out synchronous online learning activities, 47% were good, and 11% were quite good in implementing asynchronous learning activities. While in cycle 2, 60% were very good in carrying out asynchronous online learning activities, 40% were good, and there was no longer sufficient category. The average value of supervision results in synchronous classroom management, has increased from 85.14 to 87.64. Meanwhile, the average value of supervision results in asynchronous classroom management has increased from 85.06 to 87.47. The competence of teachers in the use of digital media has increased, after participating in the Megicom Workshop. This can be seen from the increasingly varied media used, such as Google Classroom, WhatsApp, Quizizz, Google Meet, Zoom Meeting, Instagram, and YouTube. It could be be concluded that the competence of teachers in online learning during the Covid -19 pandemic at SMA Negeri 9 Bogor for the 2020/2021 academic year could be improved through the Megicom Workshop.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial Pujiati Pujiati
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.932 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Abstract

Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang aritmetika sosial di kelas VII A melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 13 Bogor sebanyak 35 orang, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 16 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.  Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), suasana kelas jadi menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai 74,3 dengan persentase 60persen; sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 87 dengan persentase 89persen terjadi peningkatan hasil belajar siswa, atau peningkatan ketuntasan belajar sebesar  29persen.  Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-ratanya mencapai 75,36persen pada siksus pertama, sedangkan siklus kedua mencapai 88,57persen.  Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam  materi aritmetika sosial.
The Efforts to Increase Teacher's Competence in Implementing A Scientific Learning Approach Through In House Training (IHT) Aidawati Aidawati; Swasti Endriani
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.281 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.5332

Abstract

This research aims  to improve the competence of SMA Negeri 6 Bogor teachers in implementing a scientific learning approach through In House Training (IHT). The research was carried out for four months, from July to October 2019. Based on the results of the research, the results of the understanding of SMA Negeri 6 Bogor teachers on the scientific approach after the implementation of In House Training (IHT) increased. This could be seen from the results of the pre-test and post-test, namely the average results of 67.05 in the pre-test and 85.3 in the post-test. Good understanding in theory has correlation with practice. This could be seen from the results of peer teaching observations about the implementation of scientific learning approach with an average value of 80.85, the highest score of 85 obtained by 4 teachers, a score of 83 obtained by 2 people and there are still 50% of teachers who get a score between 70 -76.77. It could be concluded that the implementation of In House Training (IHT) is effective in increasing the competence of SMA Negeri 6 Bogor teachers in implementing the scientific learning approach.
Peningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Desi Heliyanty
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.013 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4803

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas berdasarkan keluhan beberapa guru  dan data guru pembimbing yang menyatakan peserta didik  cenderung kurang mampu dalam bersosialisasi sehingga keberhasilan belajarnya rata-rata lebih rendah dari kelas lainnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dan mengetahui tingkat interaksi sosial siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial dan mengetahui tingkat efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk interaksi sosial peserta didik. Layanan Bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial siswa diujicobakan kepada 15 anak sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa. Metode penelitian ini  digunakan melalui angket dan observasi di kelas. Analisis data yang digunakan dengan metode kualitatif. Kesimpulan  dari penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap hubungan social peserta didik, karena dalam pelaksanaannya peserta didik sebagai anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk melatih diri dalam mengemukakan pendapat, saling menghargai dan menciptakan dinamika kelompok yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan hubungan social dengan teman sebaya
The Effect of Leadership Behavior Organizational Culture, Work Motivation, and Decision Making on Work Performance Aidawati Aidawati; Dewi Widianingsih
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.111 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.5333

Abstract

The objective of the research is to determine the direct effects of the State Public Junior High School Principals’ Leadership Behaviour, Organizational Culture, Work Motivation, and Decision Making towards Work Performance. The data were collected through 4 months survey to the State Public Junior High Schools in Bogor Regency and Bogor City involving samples of 62 Principals had been selected from the target population of 102 principals. The path technique was used to analyse the data. The research found positive direct effect of leadership behaviour, organizational culture, work motivation, decision making on work performance; leadership behaviour, organizational culture on work motivation; leadership behaviour, organizational culture, work motivation on decision making. Based on the result of research, this indicates the crucial role of leadership behaviour, organizational culture, work motivation, and decision making on the principals’ work performance. This implies that improved work performance of the State Public Junior High School Principals can be realized through improving on leadership behaviour, organizational culture, work motivation, and decision making. These findings suggest that the leadership behaviour, organizational culture, work motivation, and decision making are important determinants of the principals’ work performance.
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sistem Pencernaan Manusia Christina Suryaningsih
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.364 KB) | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia; (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Sistem Pencernaan manusia sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen; (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan metode eksperimen hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 69,03 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode eksperimen  menjadi 77,82 pada siklus 1 dan 87,55 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh  karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan metode eksperimen disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.
Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi pada Materi Metabolisme Sri Lelis; Sri Redjeki; Usep Sutisna
Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.5675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan PCK mahasiswa calon guru biologi pada materi metabolisme. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kenyataan di lapangan banyak ditemukan guru dan mahasiswa calon guru biologi yang memiliki kemampuan pedagogik rendah sementara penguasaan konsep tinggi, sebaliknya ada juga yang teknik mengajar bagus, tetapi memiliki kelemahan dalam penguasaan konsep. Solusi dari kondisi tersebut adalah mahasiswa calon guru biologi harus memiliki kemampuan PCK, agar bisa mengkombinasikan pengetahuan pedagogik dan pengetahuan konten, sehingga bisa meningkatkan kualitas PBM. Jenis dan metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan  untuk menggambarkan keadaan fenomena-fenomena yang ditemukan dan dideskripsikan apa adanya, tidak dimodifikasi atau diberi perlakuan. Desain penelitian menggunakan desain triangulasi, di mana peneliti mengumpulkan secara bersama data kualitatif dan kuantitatif, membandingkan hasilnya dan kemudian menggunakan temuan untuk melihat apakah saling memvalidasi satu sama lain. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi yang terdaftar di semester VII, FKIP UNWIR sebanyak 27 orang. Sedangkan sampelnya sebanyak 6 orang, dengan teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling, artinya peneliti mengambil sampel tersebut berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian serta meganggap sampel tersebut representatif. Hasil penelitian menunjukkan ke-enam mahasiswa calon guru biologi berada pada level PCK yang berbeda yaitu : SNK, BG, AA, DN dan ND berada pada level Growing PCK, dan SS berada pada level Pra PCK.

Page 1 of 1 | Total Record : 9