cover
Contact Name
-
Contact Email
lppm.primagraha@gmail.com
Phone
+6281808834907
Journal Mail Official
lppm.primagraha@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Trip Jamak Sari, Sumurpecung, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42111
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Primagraha
Published by Universitas Primagraha
ISSN : 27745953     EISSN : 27745961     DOI : -
Research is an important component of the Tri Dharma of Higher Education which in practice can be implemented by carrying out research and publishing the results in scientific journals or other scientific forums. The large number of studies conducted by lecturers, students, teachers, practitioners, and other stakeholders requires the media to communicate ideas and thoughts on the results of these studies. Through scientific publications, research results can be communicated to the public and benefits can be taken, especially for development in the fields of economics, education, law, and engineering. Based on these considerations, the Research and Community Service Institute (LPPM) of Primagraha University created a scientific journal under the name Primagraha Journal as a medium for the publication of research results on theory and application practices which are expected to have an impact on society more broadly. The Primagraha journal contains research results related to scientific development in the fields of economics, education, law, and engineering. The Primagraha Journal is intended for researchers, practitioners, experts, and research observers from research institutions, both internally and externally according to relevant fields of knowledge as a form of intellectual property
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): MEI" : 3 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI SEKOLAH DASAR Siti Rokmanah; Fadhli Dzil Ikrom
Jurnal Primagraha Vol. 3 No. 1 (2022): MEI
Publisher : LPPM Universitas Primagraha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59605/jp.v3i1.415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPS materi potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk dengan menggunakan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui android dan laptop yang valid dan praktis untuk peserta didik di SD Negeri Serang 20. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D- Model). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 20 dengan subjek penelitian 33 peserta didik dan 1 guru kelas IV. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan peningkatan pemahaman kognitif peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi Smart Apps Creator yang praktis membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang abstrak dan mudah dalam memahami materi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI Hilda Dhaniartika Nurma'ardi; Fadhli Dzil Ikrom
Jurnal Primagraha Vol. 3 No. 1 (2022): MEI
Publisher : LPPM Universitas Primagraha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59605/jp.v3i1.416

Abstract

Rasa ingin tahu merupakan salah satu pendorong yang menjadi cikal bakal siswa dalam mempelajari sesuatu. Sebab itulah, memiliki rasa ingin tahu sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan serta memberikan gambaran mengenai pencapain dari penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media video Animasi dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas IV SDN Ranjeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian desktiptif kualitatif. Guna mencari gambaran nyata dilapangan, pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Berlandasan penelitian yang telah dilakukan, dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran PBL berbantuan video animasi dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA.
METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENDUKUNG SISTEM PEMILIHAN MITRA FREIGHT FORWARDER DALAM EKSPOR Yulian Ansori avivalentri
Jurnal Primagraha Vol. 3 No. 1 (2022): MEI
Publisher : LPPM Universitas Primagraha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59605/jp.v3i1.417

Abstract

Dalam melakukan kegiatan ekspor barang ke berbagai negara di dunia, suatu perusahaan membutuhkan mitra atau supplier sebuah perusahaan yang khusus bergerak di bidang transportasi internasional, perusahaan ini disebut perusahaan freight forwarding atau freight forwarder. Kerugian yang dialami perusahaan atas kesalahan yang dilakukan dalam pemilihan mitra seringkali menemui kendala tentang solusi apa yang dapat menyelesaikannya. Dalam penelitian ini akan dilakukan implementasi sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) guna menentukan mitra freight forwarder terbaik sehingga kemudian tidak menimbulkan permasalahan dan kerugian seperti sebelumnya. Penelitian dilakukan pada sebuah perusahaan eksportir di Indonesia dengan pengumpulan data meliputi wawancara, survey dan observasi. Hasil yang diperoleh yaitu 12 kriteria terbobot, sementara hasil dari pengujian menggunakan model Delone and McLean sebesar 70.5% dan User Acceptance Test sebesar 76.9%.

Page 1 of 1 | Total Record : 3