cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Syamsuddin, Munajad; Angel, Romanna
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i2.41602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Sarana dan Prasarana di MPLB SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB I dan II yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam kelas XI MPLB I (Eksperimen I) yang berjumlah 29 orang dan kelas XI MPLB II (Eksperimen II) yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen II adalah 65,5. Uji coba awal kelas eksperimen I dan II diketahui bahwa hasil belajar siswa masih di bawah rata-rata sebelum pengenalan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing. Hasil post-test dari kelas eksperimen I dan II mengungkapkan bahwa setelah mahasiswa terbantu pada kedua mata kuliah tersebut, hasil tes mereka mulai meningkat. Siswa kelas eksperimen I yang mendapat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share memiliki nilai rata-rata 80,87. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II yang diberi pembelajaran Model Pembelajaran Problem Posing adalah 78,83.Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,398 dan ttabel sebesar 1,705 pada taraf signifikan 95% dan dk = n1 + n2 = 29 + 31 “ 2 = 58. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,398 > 1,705. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sarana dan Prasarana. Jika dibandingkan dengan Model Pembelajaran Problem Posing yang digunakan untuk mengajar kelas XI MPLB II  dengan jumlah presentase sebanyak 74% di SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share lebih baik, dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 78,88% pada kelas XI MPLB I pada mata peelajaran Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023.
HUBUNGAN METODE BELAJAR PENUGASAN DAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS T.P 2019/2020 Dumasari, Nori; Armayanti, Nelly; Pramana, Dodi
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i2.41605

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis  Kelas X Administrasi Perkantoran T.A 2019/2020 yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t, Uji-F dan koefisiensi determinasi (R2). Dari hasil tersebut diperoleh untuk variable (X1) dengan (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (2,760 > 1,669) dengan signifikan 0,007 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap (Y). Selanjutnya untuk Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar  (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (3,809 > 1,669) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa Metode Belajar Penugasan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar  (Y). Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh Fhitung > Ftabel(16,862 > 3,17) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Metode Belajar Penugasan  (X1) dan Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar  (Y). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Belajar Penugasan dan Pemanfaatan LKS Terhadap Hasil Belajar  Siswa Kelas X AP SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis  T.P 2019/2020. 
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN SMKN 1 PATUMBAK T.A 2021/2022 Hannum, Rika Aida; Irwansyah, Irwansyah
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i2.41607

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruhPemanfaatanInternetSebagai Sumber Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X OTKPPadaMataPelajaranDasar-dasarProgramKeahlianDiSMKNegeri1Patumbak.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan expost-facto. AdapunpopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXOTKPSMKNegeri1Patumbak dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampelyangdigunakanadalahProporsionalRandomSamplingdanteknikpengambilandatayang digunakanadalahdengan menyebarkanangket. Hasilanalisisdata pada penelitianinimenggunakananalisisregresilinearbergandadarivariabelX1,X2danYmakadiperoleh persamaan Y=11,053+0,571X1+0,335X2 dan nilai uji t menunjukkan nilai ttabelsebesar 1,994 dan nilai thitung sebesar 7,401>1,994 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05makaterdapatpengaruhpositifdansignifikanantarapemanfaataninternetsebagaisumberbelajar terhadap hasil belajar.Terdapatpengaruh positif dan signifikanantaraefikasidiriterhadaphasilbelajardengannilaittabel1,994dannilaithitungsebesar4,623>1,994dengantarafsignifikansi0,000<0,05danhasilujikoefisiendeterminasidiperoleh nilai R square sebesar 0,610 yang berarti variabel pemanfaatan internet sebagaisumberbelajardanefikasidiridapatmempengaruhihasilbelajarsebesar61,0%.Berdasarkanhasilpenelitianyangdilakukandiketahuibahwapemanfaataninternetsebagai sumber belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar dan efikasi dirimemilikipengaruhpositifterhadaphasilbelajarsiswakelasXOTKPpadamatapelajarandasar-dasarprogramkeahliandiSMKNegeri1Patumbak.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruhPemanfaatanInternetSebagai Sumber Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X OTKPPadaMataPelajaranDasar-dasarProgramKeahlianDiSMKNegeri1Patumbak.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan expost-facto. AdapunpopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXOTKPSMKNegeri1Patumbak dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampelyangdigunakanadalahProporsionalRandomSamplingdanteknikpengambilandatayang digunakanadalahdengan menyebarkanangket. Hasilanalisisdata pada penelitianinimenggunakananalisisregresilinearbergandadarivariabelX1,X2danYmakadiperoleh persamaan Y=11,053+0,571X1+0,335X2 dan nilai uji t menunjukkan nilai ttabelsebesar 1,994 dan nilai thitung sebesar 7,401>1,994 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05makaterdapatpengaruhpositifdansignifikanantarapemanfaataninternetsebagaisumberbelajar terhadap hasil belajar.Terdapatpengaruh positif dan signifikanantaraefikasidiriterhadaphasilbelajardengannilaittabel1,994dannilaithitungsebesar4,623>1,994dengantarafsignifikansi0,000<0,05danhasilujikoefisiendeterminasidiperoleh nilai R square sebesar 0,610 yang berarti variabel pemanfaatan internet sebagaisumberbelajardanefikasidiridapatmempengaruhihasilbelajarsebesar61,0%.Berdasarkanhasilpenelitianyangdilakukandiketahuibahwapemanfaataninternetsebagai sumber belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar dan efikasi dirimemilikipengaruhpositifterhadaphasilbelajarsiswakelasXOTKPpadamatapelajarandasar-dasarprogramkeahliandiSMKNegeri1Patumbak.
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020 Sagala, Monalisa; Mutmainnah, Sri
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i2.41611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional guru dan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK N 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Medan Kelas X Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP 1 dan X OTKP 3, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total (total sampling) yaitu berjumlah 71 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 21.00 for windows 10.Untuk mengetahui hipotesis berpengaruh maka digunakan uji t dengan taraf signifikan 95 % dan alpha 5 %. Dari hasil tersebut diperoleh untuk variabel kompetensi Profesional Guru (X1) dengan hasil belajar  (Y) diperoleh thitung > ttabel  sebesar 2,829 > 1,99547) dengan signifikan 0,006 <0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa kompetensi professional guru (X1)  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Selanjutnya untuk pemberian reward (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh thitung > ttabel    sebesar 3,707 > 1,99547 dengan signifikan 0,00 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa pemberian reward (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y).Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh Fhitung > Ftabel sebesar 10,233 > 3.13 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 hal ini berarti  hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKP SMK N 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi professional guru dan pemberian reward berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi  kelas X  OTKP SMK N 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN BELAJAR, DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2018/2019 Utama, Reza Fauzan; Hasyim, Hasyim
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i2.41612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.2) pengaruh antara disiplin belajar terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.3) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 4) pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 5) pengaruh antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 6) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan dengan populasi sebanyak 104 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi, disiplin belajar, kreativitas belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar kewirausahaan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai kewirausahaan siswa kelas XI A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 7,982 + 0,307 X1 + 0,371 X2 + 0,239X3 + e. Hasil uji-t untuk variabel Motivasi Berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifkan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung>ttable (3,590 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Sedangkan disiplin belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai thitung>ttable (5,929 > 1,677) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Sedangkan KreativitasBelajar (X3) thitung>ttable (3,485 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Secara bersama-sama motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa sebesar 86,2%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue