cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2025): Januari" : 5 Documents clear
Penerapan Lintasan Belajar pada Materi Bangun Ruang untuk Mengukur Volume Kubus melalui Pendekatan Kubus Satuan Hasanah, Annisa Nur; Izdahara, Dini; Panggabean, Ellis Mardiana
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 1 (2025): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis siswa. Salah satu materi yang sering menjadi tantangan adalah bangun ruang, khususnya dalam memahami konsep volume kubus. Banyak siswa kesulitan dalam menguasai konsep ini karena sifatnya yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan lintasan belajar berbasis kubus satuan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pengukuran volume kubus. Lintasan belajar adalah pendekatan yang membantu siswa memahami konsep secara bertahap dari yang konkret menuju yang abstrak. Pendekatan ini diawali dengan penggunaan kubus satuan untuk memberi gambaran fisik mengenai volume. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen kelompok kontrol pretest-posttest. Kelompok eksperimen menggunakan pendekatan berbasis kubus satuan, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Data dianalisis dengan uji t untuk membandingkan perbedaan skor pretest dan posttest antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan dalam pemahaman konsep volume kubus dibandingkan kelompok kontrol. Penggunaan alat bantu konkret seperti kubus satuan terbukti efektif dalam membantu siswa memahami hubungan antara dimensi fisik dan perhitungan volume. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis lintasan belajar dapat meningkatkan pemahaman siswa, mendorong keterlibatan aktif, serta memotivasi mereka untuk memahami konsep abstrak dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi Nabila, Aulia Putri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 1 (2025): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan berbasis kearifan lokal memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar, terutama di era globalisasi yang cenderung memengaruhi nilai-nilai budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan berbasis kearifan lokal dalam membentuk karakter siswa serta mengidentifikasi tantangan dan strategi penerapannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru dan siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kearifan lokal dapat mengintegrasikan nilai-nilai seperti gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab ke dalam kurikulum melalui kegiatan seperti seni tradisional, permainan daerah, dan pembelajaran tematik berbasis budaya. Kegiatan ini memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa, yang terlihat dari meningkatnya rasa hormat, kedisiplinan, dan kebersamaan di antara siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya sumber daya pendukung, minimnya pelatihan guru, serta pengaruh kuat budaya global terhadap pola pikir siswa. Strategi untuk mengatasi tantangan tersebut meliputi penguatan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat, pelatihan intensif untuk guru, serta pemanfaatan teknologi sebagai media untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal secara kreatif. Dengan pendekatan ini, pendidikan berbasis kearifan lokal dapat menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, tanpa kehilangan identitas budaya di tengah era globalisasi.
Pembelajaran Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kecintaan terhadap Tanah Air di Sekolah Dasar Felisa, Mita
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 1 (2025): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh media dan budaya global dapat menyebabkan generalisasi budaya, yang membutuhkan perbaikan menyeluruh. Contoh tantangan utama yang dihadapi oleh siswa adalah seperti ini. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyelidiki bagaimana kearifan lokal dapat membantu menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan meliputi analisis literatur dan berbagai sumber yang relevan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal, yang terdiri dari nilai-nilai tradisional, bahasa lokal, dan warisan budaya, memiliki potensi besar untuk menciptakan rasa cinta tanah air. Menggabungkan kearifan lokal ke dalam kurikulum pembelajaran menjadi strategi yang efektif.  Dengan menggunakan materi pembelajaran yang melibatkan bahasa lokal, tradisi, dan budaya lokal, siswa dapat lebih memahami prinsip-prinsip tersebut.  Untuk itu, kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua sangat penting untuk mendukung penerapan kearifan lokal.
Nilai Kearifan Lokal dalam Legenda Cerita Rakyat Muntok: Sebuah Kajian Pendidikan Karakter Hasibuan, Latifah Husna
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 1 (2025): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat Muntok. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis, penelitian ini menggunakan tiga cerita rakyat Muntok yang dikumpulkan dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga belas nilai kearifan lokal, yaitu gotong royong, kejujuran, dan komitment. Penelitian juga menunjukkan bahwa cerita rakyat memiliki nilai kearifan lokal yang harus direvitalisasi untuk diterapkan dan diajarkan pada generasi muda sekarang sebagai dasar pembentukkan karakter.
Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial Pinayungan, Darwin Suganda
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 1 (2025): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehidupan manusia telah sangat dipengaruhi oleh era milenial, terutama pada generasi muda. Perlu ada upaya untuk mempromosikan pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal dengan mengambil nilai dari budaya yang memiliki makna mendalam untuk digunakan sebagai rujukan pendidikan karakter agar generasi muda tidak melupakan nilai kearifan lokal bangsa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kajian pustaka, yang berarti membaca dan menelaah dokumen, publikasi, artikel jurnal, website resmi, dan data informasi lainnya yang relevan. Analisis data melibatkan pengurangan, pengklasifikasian, pemaknaan, dan penarikan kesimpulan dari tulisan. Pendidikan karakter harus ditanamkan untuk mencegah generasi milenial terbawa arus globalisasi, terutama yang berpusat pada kearifan lokal bangsa Indonesia, yang dapat diperoleh dari budaya dan tradisi lokal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5