cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
+6289661704102
Journal Mail Official
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Hospital Management
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 26158337     EISSN : 2828836X     DOI : -
Core Subject : Economy, Health,
ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan September
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management" : 6 Documents clear
Analisis Pemberdayaan Struktural dan Pemberdayaan Psikologis terhadap Work Engagement dengan Conscientiousness Riyanshah, Rommi Ade
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8399

Abstract

Latar Belakang: Work engagement merupakan suatu perasaan positif yang membuat individu energik dan semangat dalam bekerja. Karyawan yang memiliki work engagement yang tinggi cenderung akan fokus pada pekerjaan yang dikerjakan, merasakan dirinya sebagian dari tim dan bagian dari organisasi yang ikut serta memajukan organisasi dan mampu dalam menghadapi tekanan pekerjaan serta mampu menghadapi tantangan dalam pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemberdayaan struktural dan pemberdayaan psikologis terhadap work engagement dengan conscientiousness sebagai variabel intervening di RS X. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan kausalitas analitik dengan pendekatan cross sectional study. Paradigma yang melandasi penelitian berbentuk paradigma jalur, dengan teknik analisis statistik yang dinamakan path analysis. Penelitian ini menggunakan teknik survey dengan menyebarkan kuesioner, data dan informasi yang diperoleh akan diolah menggunakan aplikasi AMOS. Populasi penelitian ini sebanyak 204 karyawan di rumah RS X. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan pemberdayaan struktural dan pemberdayaan psikologis berpengaruh secara simultan terhadap work engagement dengan conscientiousness di RS X. Penelitian pemberdayaan struktural dan pemberdayaan psikologis belum banyak, bahkan yang melakukan pada sektor kesehatan masih sedikit. Implikasi: Implikasi penelitian ini secara teori akan membuktikan pengaruh variabel penelitian dan secara manajerial dapat memperbaiki kinerja dari karyawan di rumah sakit. 
Peran Relationship Marketing Untuk Penguatan Sikap Kunjungan Ulang Nawawi, Yuli Yanita
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8417

Abstract

Penelitian ini dilandaskan hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah pasien umum di tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh pengalaman pasien dan ekuitas merek terhadap sikap kunjungan ulang dengan relationhip marketing sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian termasuk dalam kuantitatif dengan desain kausalitas. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan umum yang telah melakukan kunjungan lebih dari satu kali. Teknik sampling menggunakan non-probability, dengan perhitungan yang mengalikan jumlah indikator dengan 5 kali observasi, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 240 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan metode analisa menggunakan analisa three box method serta moderat regretion analysis dengan bantuan program SPSS. Hasil analisa membuktikan bahwa seluruh variabel penelitian berada pada indeks tinggi, secara simultan dan parsial pengalaman pasien, ekuitas merek dan relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kunjungan ulang, dan relationship marketing memoderasi secara positif dan signifikan pengaruh pengalaman pasien dan ekuitas merek terhadap sikap kunjungan ulang. Penting dilakukan perbaikan sistem pemasaran dengan mengedepankan experiential marketing yang berupaya memberikan pengalaman kepada pasien secara langsung melalui interkasi, sehingga pasien percaya bahwa obat yang diresepkan sesuai dengan kebutuhan pasien, dan merasakan keramahan tenaga kesehatan dalam melayani
Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Penerapan Penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X Gebriila, Mariza
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8383

Abstract

Latar belakang : Keunggulan penggunaan teknologi informasi pada rekam medis elektronik antara lain   peningkatan efisiensi pencatatan dan pengolahan data, serta informasi yang lebih akurat dan terpercaya, dengan tujuan untuk mengurangi kesalahan medis dan meningkatkan keselamatan pasien, untuk menentukan sejauh mana individu bersedia menggunakan Rekam Medis Elektronik, diperlukan penelitian untuk menguji niat menggunakan Rekam Medis Elektronik. Tujuan penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X.Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 130 orang perawat  yang menggunakan Rekam Medis Elektronik di RSIA X. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang perawat  yang menggunakan Rekam Medis Elektronik di RSIA X. Data kemudian dianalisis menggunakan Uji t, uji f dan juga koefisien determinasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, secara parsial ada pengaruh persepsi manfaat terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, ada pengaruh kemudahan penggunaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, tidak ada pengaruh kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P > 0,05.
Pengaruh Sikap Profesional, Kompetensi dan Dukungan Manajemen terhadap Budaya Keselamatan Pasien di RS X Pahlevi, Nurhayati
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8416

Abstract

Latar belakang: Keselamatan pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman. Keselamatan pasien di rumah sakit harus dilaksanakan dengan baik untuk mengcegah terjadinya insiden keselamatan pasien (IKP). Persentase IKP di RS X tahun 2021 tertinggi terjadi pada bulan Maret 2021 (sebesar 30%), dan kejadian paling banyak adalah KTC (sebesar 70%).Tujuan: menganalisis pengaruh sikap professional perawat dan bidan, kompetensi perawat dan bidan, serta dukungan manajemen terhadap budaya keselamatan pasien di RS X, baik secara simultan maupun parsial.Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian 79 orang perawat dan bidan yang memberikan pelayanan keperawatan langsung kepada pasien di RS X. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan kuantitatif dengan path analysis. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan uji T (T-test) dan uji F.Hasil: Dari hasil analisis deskriptif diketahui bahwa distribusi responden dari semua variabel (budaya keselamatan pasien, sikap profesional, kompetensi dan dukungan manajemen) adalah dalam kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa interaksi antar variabel semuanya bermakna (p<0,05), dimana diketahui semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap budaya keselamatan pasien (p=0,000).Kesimpulan: Sikap profesional, kompetensi dan dukungan manajemen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap budaya keselamatan pasien. Serta, secara parsial baik sikap profesional, kompetensi, maupun dukungan manajemen berpengaruh signifikan terhadap budaya keselamatan pasien
Pengaruh Pengalaman Pasien dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit X di Jakarta Amri, Novira Andriana
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8382

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa akan terjadi penurunan jumlah pasien kategori non-BPJS pada tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh pengalaman pasien dan experiential marketing terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Hasil analisis membuktikan bahwa intervensi kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman pasien dan experiential marketing terhadap loyalitas pasien, sehingga pengalaman pasien dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Secara langsung pengalaman pasien dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas pasien, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Pengalaman pasien merupakan variabel dominan yang mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pasien, sedangkan experiential marketing merupakan variabel terendah yang mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pasien
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Budaya Keselamatan Pasien: Peran Intervensi Sikap Ginianta, Ryndi Oktavica
Journal of Hospital Management Vol 7, No 02 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i02.8418

Abstract

Penelitian ini dilandaskan hasil observasi awal yang menginfromasikan bahwa terjadinya peningkatan insiden keselamatan pasien tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh kompeteni klinis dan berpikir sistematis terhadap budaya keselamatan pasien dengan sikap sebagai variabel intervening. Jenis penelitian termasuk dalam kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi yang digunakan adalah perawat yang bertugas di instalasi rawat inap. Teknik sampling menggunakan total sampling yang menjadikan seluruh perawat instalasi rawat inap berjumlah 64 sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan metode analisa menggunakan analisa three box method serta PLS-SEM dengan bantuan program Smart-PLS. Hasil analisa membuktikan kompetensi klinis dan berpikir sistematis berpengaruh signifikan terhadap budaya keselamatan pasien dengan sikap sebagai variabel intervening, sehigga dengan sikap profesional perawat, maka kompetensi klinis dan berpikir sistematis dapat lebih tinggi mempengaruhi budaya keselamatan pasien. Kompetensi klini dan berpikir sitematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan budaya keselamatan pasien, serta sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya keselamatan pasien, dan mampu mengintervensi pengaruh komptensi klinis dan berpikir sistematis terhadap budaya keselamatan pasien. Berpikir sistematis merupakan variabel dominan yang mampu meningkatkan sikap dan budaya keselamatan pasien, sedangkan kompetensi klinis terendah dalam meningkatkan sikap dan budaya keselamatan pasien

Page 1 of 1 | Total Record : 6