cover
Contact Name
Opik Rozikin
Contact Email
rozikinopik@gmail.com
Phone
+6285862536992
Journal Mail Official
rozikinopik@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614 Telp/Fax. 022-7802278, email: eksyar.uinsgd1@gmail.com
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Likuid: Jurnal Ekonomi Industri Halal
ISSN : -     EISSN : 27975967     DOI : https://doi.org/10.15575/likuid.v3i1
Core Subject : Economy,
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal (e) ISSN 2797-5967 merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang mengfokuskan pada kajian ekonomi syariah dengan varian turunannya. Industri halal merupakan salah satu turunan dari ekonomi syariah yang menjadi kekhasan dalam kajian jurnal ini. Lingkup industri halal terdiri dari; keuangan syariah, bisnis syariah, dan industri produk halal itu sendiri. Fokus utama dari Jurnal Likuid dengan mengusung tagline sebagai jurnal ekonomi industri halal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal" : 6 Documents clear
PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE LEMONILO Nurhayati, Risma; Hasanuddin, Muhammad; Suyandi, Dedi
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.17401

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tingginya tingkat keinginan khalayak terhadap produk mie instan yang menyebabkan semakin banyak persaingan antar produsen mie instan, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari informasi dan menganalisis pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Bantarujeg, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari labelisasi halal, kualitas produk, dan harga, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo adalah sebesar 49,9%, sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
MOTIVASI MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI UPZ KEMENTERIAN AGAMA Fathonah, Vivi
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.18012

Abstract

Membayar zakat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Namun, kewajiban bukanlah faktor satu-satunya yang mendorong seseorang dalam menunaikan zakat. Ada juga faktor-faktor lain, seperti pendapatan muzakki, religiusitas, pengetahuan zakat, dan inovasi amil. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penulis dalam melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh pendapatan muzakki, religiusitas, pengetahuan zakat, dan inovasi terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat di UPZ Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang diolah dengan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas, pengetahuan zakat, dan inovasi, masing-masing variabel memperoleh nilai thitung > ttabel yang memiliki arti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai thitung dari masing-masing variabel berturut-turut 3,568, 2,733, dan 4,768 atau bisa dikatakan terdapat pengaruh. Variabel pendapatan muzakki memperoleh nilai thitung < ttabel yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak atau bisa dikatakan tidak terdapat pengaruh dengan nilai thitung = -2,150. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung = 25,382 dan signifikansi < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha dierima. Hasil koefisien determinasi atau (R2) dalam penelitian ini, yaitu 39% yang memiliki arti bahwa motivasi membayar zakat profesi dipengaruhi oleh variabel X1, X2, X3, dan X4. Sedangkan, sisa dari koefisien determinasi, yaitu 61% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
PERSEPSI LABELISASI HALAL DAN STRATEGI PEMASARAN MLM SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Kamila, Evita Farcha; Sopiah, Evi; Muslim, Sarip
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.18966

Abstract

Labelisasi halal menjadi kebutuhan bagi konsumen sebelum menentukan pembelian produk, dan persepsi konsumen akan labelisasi halal dipengarui akan faktor internal maupun eksternal yang didapat sebagai stimulus, semakin baik stimulus dari faktor tersebut, semakin baik pula persepsinya. Strategi pemasaran pun menjadi faktor penting sebagai pertimbangan konsumen sebelum membeli produk. Salah satu permasalahan bagi badan usaha hingga kini adalah persaingan bisnis yang semakin ketat, hingga perusahaan harus menganalisa dan mengevaluasi sistem operasionalnya kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Business Center Cikarang Utara dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menyebar kuesioner kepada 100 sampel yang telah ditentukan. Hasil jawaban responden kemudian dikumpulkan dan diolah dengan SPSS 25.Pengolahan data menunjukkan bahwa persepsi labelisasi halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara dengan indikatornya yaitu menempel pada kemasan dengan nilai thitung 4,114 > 1,991 ttabel. Demikian pula strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara dengan indikator yang sangat berpengaruh yaitu pembinaan mitra 4,299 > 1,991. Kedua variabel tersebut berpengaruh secara simultan dengan uji F, Fhitung menunjukan angka sebesar 12,451 dan Ftabel sebesar 3,09, dan nilai signifikansi 0,000. berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil R square adalah 0,609, ini berarti bahwa persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI berdampak 60,9 % terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara, sedangkan 39,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. 
Analisis Determinan Keputusan Investasi Saham Syariah Syakira, Sarah; Ilmia, Anisa
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.18968

Abstract

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per Oktober 2019 jumlah investor Syariah tercatat meningkat menjadi sebanyak 62.840, naik 41 % dari posisi pada akhir tahun lalu sebanyak 44. 536 investor. Adapun jumlah investor Syariah saat    ini telah mewakilkan 5,7 % dari total keseluruhan investor di pasar modal Indonesia. Persepsi mahasiswa bahwa investasi akan menghasilkan passive income, dividend, dan keuntungan untuk masa depan serta menjaga dari inflasi masa yang akan datang, hal inilah yang membuat banyak orang tertarik dalam berinvestasi. Namun dalam berinvetasi tidaklah selalu berbicara keuntungan tetapi juga kerugian “High Risk High Return” kerugian yang diperoleh baik dari capital loss, Resiko suspend, Resiko Likuiditas, keadaan ekonomi yang memburuk, dan pengaruh mikro dan makro faktor inilah yang mempengaruhi mahasiswa dalam berivestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal minimal, persepsi return, dan persepsi resiko terhadap keputusan              investasi saham syariah pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung baik secara parsial maupun secara simultan. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni dengan metode kuantitatif analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda yang diawali dengan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Kemudian dalam pengolahannya menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa UIN Bandung ini adalah faktor modal minimal dan faktor persepsi return. Sedangkan faktor persepsi resiko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa UIN Bandung.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PURCHASE DECISION ZOYA MUSLIMAH Nisya Nurfitria, Ratih Ajeng; Wati, Widia
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.18971

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar untuk mengetahui apa yang menjadi pengaruh dalam purchase decision konsumen terhadap produk zoya muslimah di Kota Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap Purchase Decision produk Zoya di Kota Bandung, 2) Bagaimana pengaruh harga terhadap Purchase Decision produk Zoya di Kota Bandung, 3) Bagaimana pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Purchase Decision produk Zoya di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dengan cara menyebar kuesioner. Hasil analisis data penelitian ini adalah Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision, dapat dilihat dari hasil nilai signifikasi (sig.) variabel Kualitas Produk adalah sebesar 0,002<0,05. Kemudian, dalam penelitian ini variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision, dilihat dari nilai signifikasi (sig.) hasil nilai variabel Harga adalah sebesar 0,000<0,05. Kualitas Produk memiliki hubungan positif koefisiensi sebesar 0,246. Harga memiliki hubungan positif nilai koefisiensi sebesar 0,351. Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Purhase Decision Zoya Muslimah di Kota Bandung. Hal tersebut didukung oleh hasil hipotesis secara simultan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK HALAL PT. SOKA CIPTA NIAGA Nafisah, Ulfa Junia
Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal Vol. 2 No. 2 (2022): LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal
Publisher : Sharia Economics Study Program Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sunan Gunun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/likuid.v2i2.19482

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan pasar fashion halal nasional dan internasional yang semakin ketat. Menyikapi hal tersebut maka para pelaku fashion halal harus siap menghadapi berbagai tantangan termasuk masih banyaknya masyarakat yang masih asing dengan fashion halal. Label halal pada produk fashion diduga belum menjadi faktor utama yang menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan lebalisasi halal secara parsial dan simultan terhadap minat beli produk fashion PT. Soka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik Purposive Sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan kepada konsumen SOKA di Kota Bandung. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, kualitas produk pada produk SOKA berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen dan Label halal pada kemasan produk SOKA berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan Harga, kualitas produk dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk PT. Soka sebesar 54,9%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6