cover
Contact Name
Yusep Supriadi
Contact Email
supriadi@iaipibandung.ac.id
Phone
+6281221770776
Journal Mail Official
islamicedujournal@iaipibandung.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciganitri No.2, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
IJED
ISSN : 28287908     EISSN : 28287894     DOI : https://doi.org/10.54801/ijed
IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and non-formal education. Topics might be about Islamic educational studies in a madrasa, pesantren, Islamic higher education, and the worldviews upon the practices in those settings. 1. Leasson Plan 2. educational Psycology
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2025): IJED: Islamic Journal of Education in proses" : 1 Documents clear
Integrasi Targhib-Tarhib dan Neurospiritual Education: Inovasi Pendidikan Karakter Islami Berbasis Afeksi-Transendental di Era Generasi Z Nasrulloh, Rully; Syahida Nahdlotusilmi, Nida
Islamic Journal of Education Vol. 4 No. 1 (2025): IJED: Islamic Journal of Education in proses
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/vbm5ps85

Abstract

Artikel ini membahas integrasi antara metode targhib-tarhib dengan pendekatan neurospiritual education dalam pendidikan karakter Islami, khususnya di kalangan Generasi Z. Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan nilai sosial, generasi ini menghadapi tantangan serius dalam membentuk karakter Islami yang kokoh dan berkelanjutan. Targhib (motivasi pahala) dan tarhib (peringatan hukuman) merupakan metode klasik Islam yang terbukti efektif dalam pembentukan moral, namun aplikasinya saat ini memerlukan pembaruan sesuai konteks psikologis dan neurologis peserta didik. Dengan pendekatan neurospiritual, metode ini tidak hanya menyentuh dimensi kognitif, tetapi juga mempengaruhi sistem limbik, hormonal, dan pusat afeksi spiritual (seperti rasa takut, harap, dan cinta kepada Allah). Studi literatur dan analisis tematik terhadap beberapa jurnal dan hasil eksperimen pendidikan menunjukkan bahwa integrasi ini dapat meningkatkan efektivitas pembinaan karakter Islami yang lebih mendalam, menyentuh sisi afeksi-transendental peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum karakter Islami berbasis neurospiritual yang adaptif terhadap kebutuhan dan tantangan Generasi Z.

Page 1 of 1 | Total Record : 1