cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Editorial Address
Lantai 4 Program Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo KM 4, Kota Makassar. email : jurnal.flyover@umi.ac.id
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
ISSN : 29635217     EISSN : 29635217     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, yang diterbitkan setiap bulan. Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains mencakup kelimuan teknik, yaitu: 1. Teknik Sipil 2. Teknik Mesin 3. Teknik Kimia dan akan terus berkembang pada bidang keimuan lain seperti Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Pertambangan dan Teknik Komputer
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains" : 5 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Pembangunan Melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Kawasan Perbatasan Pulau Sebatik Provinsi Kalimantan Utara Muhammad Adil; Hanafi Ashad; Sudarman Supardi
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wilayah perbatasan Sebatik memiliki potensi perekonomian, lokasi strategis, dan dukungan akses formal yang seharusnya dapat berkembang seperti beberapa kawasan perbatasan lain yang dicontohkan diatas. Berkembangnya sebuah kawasan perbatasan dengan basis potensi tersebut dapat dilakukan dalam konteks pertumbuhan ekonomi dalam pengembangan kawasan perbatasan yang menguntungkan bagi kedua pihak (Wu, 2001). Dengan melihat pada urgensi penanganan sebuah kawasan perbatasan (seperti Sebatik) yang memiliki berbagai potensi ekonomi, perspektif pertumbuhan ekonomi di perbatasan sangat diperlukan dalam merumuskan strategi yang efektif dalam mencapai fungsi kawasan perbatasan yang salah satunya adalah menciptakan kesejahteraan dengan memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regesi linier berganda, untuk mengetahui pengaruh pengembangan potensi lokal dan peningkatan peran kelembagaan lokal/daerah terhadap output pelaksanaan PISEW di Pulau Sebatik Kalimantan Utara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh variabel X1 (Pengembangan Potensi Lokal) dan Peningkatan peran kelembagaan lokal/daerah hasil pelaksanaan berpengaruh positif sebesar 0,142 atau 14,2% terhadap keberhasilan sebagai Output pelaksanaan Pisew di Pulau Sebatik Kalimantan Utara.
Kajian Kelayakan Apron, Runway, dan Taxiway pada Bandar Udara Arung Palakka Kabupaten Bone Aksar; Lambang Basri Said; Ilham Syafei
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara Arung Palakka Bone (IATA: BXE, ICAO: WAWN) adalah bandar udara yang melayani jasa transportasi udara di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Letaknya di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan atau sekitar 10 km dari pusat kota Watampone, Ibu kota Kabupaten Bone. Bandar Udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.200 m x 30 m dengan elavasi 3 mdpl, serta bangunan terminal seluas 600 m2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis panjang dan lebar runway, taxiway, dan apron Pesawat ATR72-600 Bandar Udara Arung Palakka Bone sesuai aturan SKEP dan FAA serta Membandingkan kondisi eksisting dan hasil perhitungan dan rencana induk Bandar Udara Arung Palakka Bone di Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan apakah sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan. Penelitian ini bersifat deskriptif yakni berusaha untuk menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara mendalam, luas dan terperinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang landasan (Runway) sebesar 1200 x 30 M2 sedangkan hasil perhitungan kebutuhan untuk pengoperasian pesawat ATR 72-600 sebesar 1600 x 30 M2. Untuk eksisting Taxiway sebesar 96 x 15m2 sedangkan hasil perhitungan didapatkan dimensi yang sama yakni sebesar 96 x 15 M2 telah memadai. Dan untuk dimensi apron dimensi eksistingnya sebesar 80 x 70 M2 dan hasil perhitungannya didapatkan dimensi sebesar 80 x 70 M2. Perbedaan antara kondisi dan hasil perhitungan hanya terletak pada dimensi panjang landasan runway saja, mengingat Bandar Udara Arung Palakka masih dalam tahap pengembangan.
Kajian Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas dan Kinerja Simpang Bersinyal: Studi Kasus Jl. Basuki Rahmat - Jl. Sungai Maruni, Kota Sorong, Papua Barat Muh Rizal S; Lambang Basri Said; Ilham Syafei
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Simpang Tiga Bersinyal Jl. Basuki Rahmat-Jl. Sungai Maruni KM.10 adalah salah satu titik persimpangan yang mempunyai peranan besar dikota sorong, Tingkat kepadatan dan keramaian lalulintas pada persimpangan ini cukup besar karena merupakan salah jalur utama yang menggunakan prasaranan jalan raya untuk menghubungkan antara Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Kawasan Simpang ini merupakan jalan arteri primer. hal ini menyebabkan arus lalulintas tinggi bahkan pada jam-jam sibuk sering terjadi kemacetan, Hal ini dikarenakan oleh tingginya volume lalulintas yang melewati jalan ini dan parkir liar yang ada disekitar simpang ini.Metode analisis yang digunakan adalah perhitungan kinerja simpang dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Berdasarkan hasil analisis untuk perhitungan kinerja simpang untuk kondisi simpang pada keadaan eksisting, Hasil perhitungan di dapat jumlah arus total pada jam puncak 3214 smp/jam dan nilai tundaan simpang (D) = 38,90 dengan tingkat pelayanan D.
Kajian Ketersediaan Air pada Daerah Irigasi Palakka Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan Ambo Sakka; Ratna Musa; Hanafi Ashad
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wilayah penghasil pangan terbesar ke-4 di Indonesia. Salah satu daerah yang menjadi lumbung pangan di Sulawesi Selatan ialah Kebupaten Bone. Daerah Irigasi Palakka merupakan salah satu dari 5 daerah irigasi yang terdapat di Kabupaten Bone. Sistem irigasi yang ada pada Daerah Irigasi Palakka mendapatkan supply air dari sungai palakka melalui bendungan palakka yang mengairi beberapa daerah saluran dan terdiri dari 5 sub ranting dengan luas areal potensial keseluruhan seluas 4.632 Ha sedangkan luas area fungsional seluas 3.445 Ha. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan air irigasi pada Daerah Irigasi Palakka Kabupaten Bone dan menganalisis keseimbangan antara ketersediaan air dan kebutuhan air pada Daerah Irigasi Palakka Kabupaten Bone. Metode analisis curah hujan yang digunakan adalah metode rerata aritmatik dengan menggunakan 2 stasiun curah hujan yaitu Stasiun Macope dan Stasiun Biru. Untuk analisis evapotranspirasi menggunakan metode Penman Modifikasi FAO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air irigasi pola tanam padi-padi-palawija dimulai awal penyiapan lahan pada periode 1 bulan September didapat besarnya nilai kebutuhan air irigasi maksimal masing-masing alternatif adalah 1,22 L/detik/ha. Dan perhitungan antara kebutuhan air irigasi dan ketersediaan air terlihat bahwa Defisit air terjadi pada bulan Februari periode ke 2 sampai April Peride ke 2, Juli Periode 2 sampai Agustus Periode 1, dan Bulan September periode 1 sampai dengan Desember Periode 1 dikarenakan kebutuhan air lebih besar daripada debit andalan.
Kajian Kinerja Ruas dan Simpang pada Ruas Jalan Bau Massepe Kota Pare-Pare Mahris; Lambang Basri Said; Ilham Syafei
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenomena kemacetan merupakan suatu permasalahan dalam lingkup transportasi yang hampir dihadapi oleh semua kota – kota besar khususnya di Indonesia. Sedangkan Jumlah penduduk Kota Pare-pare pada tahun 2016 yaitu sebanyak ±125.000 jiwa. dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,24%. Laju pertumbuhan penduduk diwilayah perkotaan mencakup dua sumber, yaitu penduduk asli diperkotaan dan penduduk pendatang dengan adanya arus urbanisasi masuk keperkotaan. Jumlah kendaraan di Kota pre-pare data tahun 2018 sebesar 5.931 unit kendaraan. Seiring dengan pertumbuhan permintaan pelayanan transportasi untuk mendukung kegiatan masyarakat kota yang berkembang sangat cepat, jumlah kendaraan di Kota Parepare dari waktu ke waktu terus bertambah, tetapi pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan pertambahan panjang dan kapasitas jalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat pelayan dan kinerja ruas Jalan Bau Massepe Kota Pare-Pare,. Metode penelitian mencakup analisis deskriptf kuantitatif terkait Kinerja Ruas Jalan menggunakan MKJI 1977. Hasil yang diperoleh yaitu tingkat pelayanan sebagai kinerja pada ruas Jalan Bau Massepe, masih masuk pada tingkat pelayanan kategori C dengan tingkat derajat kejenuhan lebih kecil 0,75.

Page 1 of 1 | Total Record : 5