cover
Contact Name
Jumrianto
Contact Email
jumrianto@ivet.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jumrianto@ivet.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur IV nomor 17, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering
Published by Universitas IVET
ISSN : 29634660     EISSN : 29634660     DOI : https://doi.org/10.31331/jsitee
System Engineering, Information Technology, Electronics Enginering, Electrical Engineering, Mechatronics, Automation, Educational Digital Media, Artificial Intelligence, and Robotic
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): Juni 2024" : 6 Documents clear
Ashof Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu Ruangan Dengan DHT11 Rosyihin, Ashof; Jumrianto, Jumrianto; Purnamasari, Dewi
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/j-sitee.v4i1.3955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah alat monitoring suhu ruangan berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan sensor suhu DHT11 dan platform Blynk IoT, Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perancangan, pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak, serta uji coba fungsionalitas alat. sensor suhu DHT11 yang memiliki kemampuan dalam mengukur suhu dan kelembaban. Data yang dihasilkan oleh sensor DHT11 dikirimkan melalui mikrokontroler ke platform Blynk IoT melalui jaringan WiFi
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Informatika di Smk Al-Munir Jepara Awwaliyah, Fatikha Tuddina
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/jsitee.v4i1.4205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). 2) Untuk mengkaji keefektifan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara. 72 halaman. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan jenis Quasi-experimental. Terdapat dua variabel yakni Creative Problem Solving (CPS) dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Informatika. Sampel penelitian ini yaitu 30 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normaliatas sesi pre-test pada kelas experimen yaitu 0,243 pada sesi post test sebesar 0,115 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,150 pada sesi pre-test dan 0,101 pada sesi post-test
Rancang Bangun Sistem Absensi Cepat untuk Guru Bimbingan Konseling (SACGBK) Berbasis Android Nuraiman, Isep; Rani, Handini Arga Damar; Sudomo, R. Irlanto
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/jsitee.v4i1.4206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi SACGBK berbasis Android guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas absensi serta menguji kelayakannya di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan waterfall yang meliputi komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan deployment. Pengujian sistem dilakukan berdasarkan standar ISO 9126, khususnya pada aspek kegunaan dan fungsionalitas, dengan 20 responden, termasuk satu guru dan satu ahli perangkat lunak.Aplikasi yang dihasilkan, yaitu Sistem Absensi Cepat untuk Guru Bimbingan Konseling (SACGBK), bertujuan untuk memudahkan absensi dan pelaporan kehadiran guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik dan mendapat penilaian sangat baik dari segi kegunaan, dengan persentase fungsionalitas 100% dan kegunaan 96%. Kesimpulannya, aplikasi ini membantu proses absensi guru BK dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut
Keefektivan Model Pembelajaran Cooperative Learning berbasis PPT Interaktif (Canva) terhadap Hasil Kognitif dan Kreatifitas Siswa pada Materi Komputer Grafis Vina, Dita Oliv; Pratama, Afis
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/jsitee.v4i1.4207

Abstract

Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu Ruangan Dengan DHT11 Menggunakan Sistem IoT Dan Blynk IoT (Study Kasus PT. Telkom Property Semarang) Rosyihin, Ashof; Jumrianto, Jumrianto; Purnamasari, Dewi
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/jsitee.v4i1.4203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah alat monitoringsuhu ruangan berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan sensor suhu DHT11 danplatform Blynk IoT, Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perancangan,pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak, serta uji coba fungsionalitas alat.sensor suhu DHT11 yang memiliki kemampuan dalam mengukur suhu dan kelembaban.Data yang dihasilkan oleh sensor DHT11 dikirimkan melalui mikrokontroler ke platformBlynk IoT melalui jaringan WiFi.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Classpoint pada Matakuliah Manajemen Organisasi PTK Wahyuningtyas, Anisa; Rani, Handini Arga Damar; Trisetiyanto, Adi Nova
Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/jsitee.v4i1.4204

Abstract

Proses pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum perguruan tinggi pada abad 21 ialah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan empat konsep keterampilan atau konsep 4C yang terdiri dari critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Keempat konsep tersebut harus dimiliki oleh semua peserta didik agar siap memenuhi tuntutan dunia kerja pada Era 4.0. Tujuan penelitian ini (1) Mengembangkan secara mendalam bagaimana penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pendidikan informatika pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4. (2) Menilai pengaruh penggunaan Classpoint dalam pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan informatika pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian R&D adalah cara ilmiah untuk meneliti, merancang, memproduksi dan vermenguji validasi produk yang telah dihasilkan (Sugiyono,2019). Hasil dari Penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint. Sebelum menggunakan media ini, nilai pre-test mahasiswa menunjukkan nilai maksimum 65,00, nilai minimum 45,00 dan nilai rata-rata 56,54. Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint, hasil post-test mahasiswa meningkat dengan nilai maksimum 95,00, nilai minimum 80,00, dan nilai rata-rata 88,46. Perbandingan hasil nilai pre-test dan post-test ini mengindikasikan bahwa mahasiswa lebih tertarik dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint. (2) Berdasarkan hasil wawancara, fitur Classpoint yang paling diminati mahasiswa adalah Multiple Choice, Short Answer, Fill in the Blanks, Video Upload, dan Image Upload. Fitur-fitur ini mempermudah evaluasi pemahaman, meningkatkan keterlibatan aktif, dan mendukung berbagai gaya belajar. Secara keseluruhan, penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4.

Page 1 of 1 | Total Record : 6