cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
jurnalumsu@gmail.com
Phone
+6281361147192
Journal Mail Official
jurnalumsu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan Timur Sumatera Utara - Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 29855071     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam ini memuat publikasi penelitian di bidang pendidikan dan pendidikan islam seperti model, Integrasi pendidikan, Sains Pendidikan, Pembelajaran dan Pengajaran, Penelitian tentang media pembelajaran, kajian teoritis tentang islam, pengembangan kurikulum pendidikan, kemajuan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pengajaran. Tujuan dari dibentukannya jurnal ini salah satunya adalah untuk berbagi pengetahuan dan pemikiran tentang pendidikan secara umum maupun pendidikan islam yang akan berdampak positif kepada kemajuan pendidikan terkhusus di negara Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023)" : 12 Documents clear
Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa Siswa Sekolah Dasar Dinda Ikhwani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.404 KB)

Abstract

Indonesia memiliki beragam persoalan, namun karakter generasi muda masih jauh dari keyakinan Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kajian yang mengembangkan tiga kompetensi yaitu pengetahuan kewarganegaraan, karakter kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan merupakan solusi dari permasalahan karakter generasi muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evolusi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan Karakter Bangsa, serta fungsi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penggunaan perangkat penelitian kepustakaan. Analisis data isi merupakan pendekatan pengumpulan data yang meliputi dokumentasi dan analisis data. Sejak berdirinya negara Indonesia, pendidikan kewarganegaraan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan modifikasi mata pelajaran yang disajikan dan terminologi yang digunakan untuk mengajar anak didik khususnya sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan dapat disampaikan pada semua jalur pendidikan, mulai dari jalur informal, formal hingga nonformal, karena pendidikan kewarganegaraan merupakan ujung tombak penguatan sila-sila pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan demokrasi, dengan tujuan membangun warga negara yang berwatak demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan cita-cita Pancasila sehingga menjadi warga negara yang baik. Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cergam Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri Nurul Suci Ramadhani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.791 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi Trigonometri. Subjek penelitian ini adalah tiga ahli yang terdidi dari dua ahli yaitu satu guru matematika, satu dosen matematika dan satu ahli media yaitu dosen matematika. Sedangkan objeknya adalah media pembelajaran berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi trigonometri. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran. Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata diperoleh ahli materi 4,2 dan ahli media 4,3. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Muhammadiyah Sumatera Utara Tariana
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.165 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan apa upaya guru pendidikan Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Baca Lansung. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, To mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII dan VIII berjumlah 58 siswa yang dianalisis sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan observasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di sesuai dengan huruf makhrojul, tajwid dan panjang pendek 75% Lancar. Ketika faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, alokasi waktu pelajaran yang lebih sedikit, dan siswa lingkungan. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'an.
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan Kamidan
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.58 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh dosen adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Diakhir pembelajaran dosen selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS,2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah sebagai berikut: Mahasiswa terlalu sedikit menghafal mufradat/kosa kata bahasa Arab, tidak menguasai ilmu alat seperti ilmu nahwu dan sharaf, serta tidak ada keberanian mahasiswa untuk berbicara dengan bahasa Arab.3).Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh beberapa pihak seperti mahasiswa dan dosen. Upaya yang diakukan mahasiswa adalah selalu bertanya kepada dosen ataupun kawan tentang apa yang tidak dimengerti, memperbanyak menghafal mufradat bahasa Arab serta mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh dosen yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan mahasiswa untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memberi memotivasi kepada mahasiswa, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, dosen membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Arab, dosen mewajibkan mahasiswa menghafal kosa kata bahasa Arab dikelas maupun diluar kelas. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Problematika
Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP Cindy Krismayawati
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.752 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual dalam pemecahan masalah matematis pada siswa SMP. Pengembangan Bahan Ajar dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Berdasarkan hasil validasi dari angket penilaian Bahan Ajar oleh validator dinyatakan valid. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual.
Penerapan Nilai Pancasila Pada Siswa SD Guna Meningkatkan Sikap Patriotisme Cinta Tanah Air Akhirunnisa Hasibuan; Lestari Wulandari; Putri Ayu Azhari; Irfan Dahnial
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.992 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Setelah penulis menelaah sumber dari berbagai jurnal-jurnal yang mengkaji pembahasan ini serta dari sumber lain yang sesuai dengan tata pikir yang logis untuk mengkontruksikan sejumlah konsep, maka penerapan nilai Pancasila dalam meningkatkan sikap patriotism cinta tanah air terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yakni ; 1. Nilai ketuhanan yang maha Esa, 2. Nilai kemanusiaan yang beradab, 3. Nilai persatuan Indonesia, 4. Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila disekolah dasar siswa harus saling toleransi dengan perbedaan agama yang ada di negara Indonesia. Penerapan nilai-nilai Pancasila sangat berguna untuk menumbuhkan sikap patriotism dan cinta tanah air di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah. Dengan membangun sikap patriotism dan cinta tanah air dari sejak dini maka akan menciptakan generasi yang memiliki karakter yang baik dan menjadikan siswa yang bermoral baik. Kata Kunci : Nilai-Nilia Pancasila, Patriotisme
Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa Siswa Sekolah Dasar Ikhwani, Dinda
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jippi.v1i2.13

Abstract

Indonesia memiliki beragam persoalan, namun karakter generasi muda masih jauh dari keyakinan Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kajian yang mengembangkan tiga kompetensi yaitu pengetahuan kewarganegaraan, karakter kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan merupakan solusi dari permasalahan karakter generasi muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evolusi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan Karakter Bangsa, serta fungsi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penggunaan perangkat penelitian kepustakaan. Analisis data isi merupakan pendekatan pengumpulan data yang meliputi dokumentasi dan analisis data. Sejak berdirinya negara Indonesia, pendidikan kewarganegaraan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan modifikasi mata pelajaran yang disajikan dan terminologi yang digunakan untuk mengajar anak didik khususnya sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan dapat disampaikan pada semua jalur pendidikan, mulai dari jalur informal, formal hingga nonformal, karena pendidikan kewarganegaraan merupakan ujung tombak penguatan sila-sila pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan demokrasi, dengan tujuan membangun warga negara yang berwatak demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan cita-cita Pancasila sehingga menjadi warga negara yang baik. Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cergam Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri Nurul Suci Ramadhani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jippi.v1i2.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi Trigonometri. Subjek penelitian ini adalah tiga ahli yang terdidi dari dua ahli yaitu satu guru matematika, satu dosen matematika dan satu ahli media yaitu dosen matematika. Sedangkan objeknya adalah media pembelajaran berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi trigonometri. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran. Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata diperoleh ahli materi 4,2 dan ahli media 4,3. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Muhammadiyah Sumatera Utara Tariana
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jippi.v1i2.15

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan apa upaya guru pendidikan Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Baca Lansung. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, To mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII dan VIII berjumlah 58 siswa yang dianalisis sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan observasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di sesuai dengan huruf makhrojul, tajwid dan panjang pendek 75% Lancar. Ketika faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, alokasi waktu pelajaran yang lebih sedikit, dan siswa lingkungan. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'an.
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan Kamidan
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jippi.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh dosen adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Diakhir pembelajaran dosen selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS,2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah sebagai berikut: Mahasiswa terlalu sedikit menghafal mufradat/kosa kata bahasa Arab, tidak menguasai ilmu alat seperti ilmu nahwu dan sharaf, serta tidak ada keberanian mahasiswa untuk berbicara dengan bahasa Arab.3).Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh beberapa pihak seperti mahasiswa dan dosen. Upaya yang diakukan mahasiswa adalah selalu bertanya kepada dosen ataupun kawan tentang apa yang tidak dimengerti, memperbanyak menghafal mufradat bahasa Arab serta mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh dosen yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan mahasiswa untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memberi memotivasi kepada mahasiswa, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, dosen membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Arab, dosen mewajibkan mahasiswa menghafal kosa kata bahasa Arab dikelas maupun diluar kelas. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Problematika

Page 1 of 2 | Total Record : 12