cover
Contact Name
Muh Ilham Bakhtiar
Contact Email
ilhambakhtiar@unm.ac.id
Phone
+6285299898201
Journal Mail Official
ilininstitute@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tamalate, Rappocini. kota Makassar
Location
,
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
ISSN : 28081811     EISSN : 28082184     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan Menengah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021" : 4 Documents clear
Metakognisi dan Kaitannya dengan Self Efficacy Siswa Asra Dewika; Fitria Rahmi; Yantri Maputra
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : ILIN Institute Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.684 KB) | DOI: 10.26858/dikdasmen.v1i2.1394

Abstract

Self efficacy is student’s belief about their ability to accomplish task or problem. Students with high self efficacy, will be believe to resolve the problems. There were many thing that correlation with self efficacy, one of them was metacognition. Students with high metacognition will be confident to resolve problem with their ability. This research aimed to seen positive correlation of meatcognition with self efficacy students in Junior High School 1 Sijunjung. This research was a descriptive research with quantitative approach. The measuring instrument used in this study was the Metacognitive Awareness Inventory (MAI) by Schraw and Denisson (1994) and self efficacy scale by Suri (2015). Questionnaire was given to 227 subjects who were chosen by saturated sampling type. Data was analyzed using correlation product moment pearson test. The result showed that there was significant positive correlation between metacognition and self efficacy in students Junior High School 1 Sijunjung. The result of analysis correlation showed that correlation value (r) is 0,397 with p 0,000.
The Pengaruh Pengawasan Dan Koordinasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta : Indonesia Nelly Budiyarti; Siti Hailatul Fikriyah
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : ILIN Institute Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.236 KB) | DOI: 10.26858/dikdasmen.v1i2.1400

Abstract

Pengawasan dan koordinasi kerja merupakan unsur dari manajemen kerja yang kerapkali diabaikan karena entitasnya dinilai kurang memberikan kontribusi berarti untuk merangsang pertumbuhan efektivitas kerja guru. Efektivitas kerja cenderung mengalami fluktuasi mengikuti kondisi suatu organisasi, sehingga perlu adanya peran pemimpin dalam pelaksanaan kerjanya sebagai pengawas dan mengkoordinasikan kerja semua elemen-elemen yang ada dalam lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Kelurahan Pancoran, dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Metode penelitian adalah survey kausal untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh pengawasan dan koordinasi terhadap efektivitas kerja guru. Oleh karena itu, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian adalah 1) terdapat pengaruh langsung positif pengawasan terhadap efektivitas kerja; 2) terdapat pengaruh langsung positif koordinasi terhadap efekvitas kerja, dan 3) terdapat pengaruh positif pengawasan dan koordinasi secara bersama-sama terhadap efektivitas kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu terkait dengan usaha peningkatan efektivitas kerja sehingga pencapaian tujuan suatu sekolah dapat tercapai dengan baik.
Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Bahasa Inggris Siswa John Andreas Laia
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : ILIN Institute Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.334 KB) | DOI: 10.26858/dikdasmen.v1i2.1406

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes tulisan dalam bentuk uraian, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 61,88 dengan ketuntasan siswa 33,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata adalah 81,25 dan ketuntasan kelas 91,67%. Siswa yang tidak aktif pada siklus I pertemuan pertama mencapai 60%, pertemuan kedua 40% dan pada siklus II mengalami penurunan ketidakaktifan siswa yaitu pada pertemuan pertama mencapai 30% dan pertemuan kedua 10%. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran, lebih memahami konsep materi dengan baik, daya analisis siswa terhadap masalah meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Gerak Melingkar.
Media Pembelajaran Google Classroom dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Imam Tabroni
Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : ILIN Institute Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/dikdasmen.v1i2.1419

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google clasroom terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Purwakarta mata pelajaran PAI pada masa covid-19. Mengingat perubahan sistem pembelajaran dengan menggunakan media dalam internet. Yang berdampak pada proses pembelajaran, dan tidak jarang terjadinya penurunan motivasi belajar siswa serta penurunan prestasi. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelatif, subjek penelitian sebanyak 55 responden, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil angket dari jawaban 55 siswa mengenai media pembelajaran Google Classroom, dinilai baik dengan nilai rata-rata 81,00% dan motivasi belajar siswa dinilai sangat baik dengan nilai rata-rata 82,45% dari seluruh pertanyaan. Hasil pengujian hipotesis diproleh “r” hitung sebesar 0,893. Nilai tersebut berada pada interval 0,80 – 1,000 berkorelasi sangat kuat. Persentase hubungan yaitu sebesar 0,797 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel media pembelajaran google classroo terhadap variabel motivasi belajar adalah 79,7% dan sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai Fhitung sebesar 207,813. Sedangkan Ftabel dengan df1 = k – 1 (2 – 1 = 1) dan df2 = 55 – 2 = 53 dengan taraf kesalahan 5% maka nilai Ftabel adalah 4,02. Berdasarkan perbandingan tersebut, Fhitung > Ftabel, jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya adanya pengaruh antara media pembelajaran google clasroom terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Purwakarta mata pelajaran PAI pada masa covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 4