cover
Contact Name
Deny Murdianto
Contact Email
bearings@borneo.ac.id
Phone
+6285247195488
Journal Mail Official
bearings@borneo.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan Jl. Amal Lama No. 1, Kota Tarakan 77123 Kalimantan Utara Indonesia
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science
ISSN : 29641462     EISSN : 29641500     DOI : -
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science (P-ISSN: 2964-1462, E-ISSN: 2964-1500) is a forum for academics and practitioners to publish scientific papers, research results, literature, and analytical studies that focus on the fields of mechanical engineering and related applied science.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025)" : 4 Documents clear
Analisis Performa Motor Listrik Konversi Menggunakan Gear Set Pulley Komersial Hanif, Sholahuddin; Nurdin, Muhammad Firdan; Santoso, Hadi
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/bearings.v4i1.6468

Abstract

Kendaraan listrik saat ini telah banyak digunakan di masyarakat Indonesia. Namun, dengan harga kendaraan listrik yang masih mahal, maka cara alternatifnya adalah dengan mengkonversi kendaraan motor bakar menjadi kendaraan listrik atau biasa disebut kendaraan listrik konversi. Dalam kendaraan listrik konversi, sistem transmisi daya menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem transmisi motor listrik konversi menggunakan gear set pulley komersial yang dibandingkan dengan sistem transmisi statistik pada kendaraan listrik konversi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengujian eksperimental kuantitatif dengan cara menguji kendaraan listrik konversi pada kondisi tanpa beban dan dengan beban denga n variasi jarak 100 hingga 200 meter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gear set pulley memiliki performa lebih baik dibandingkan transmisi statis dengan mencapai kecepatan rata-rata 50,8 km/jam pada jarak 100 meter dengan waktu tempuh 10 detik. Sementara kecepatan sudut puli 2 mencapai 992,4 rad/s pada throttle 100%, menunjukkan performa tertinggi dibandingkan transmisi statistik. Kecepatan sudut puli 1 juga optimal di angka 407 rad/s pada membuka throttle 100%. Dapat disimpulkan bahwa gear set pulley lebih efisien dalam mentransfer energi dan meningkatkan kecepatan kendaraan listrik "Beatrix".
Analisis Performa Baterai Pack Rakitan Kapasitas 72 Volt 20 Ah Pada Motor Listrik Beatrix di Daerah Kota Tarakan S, M Rizal; Nurdin, Muhammad Firdan; Santoso, Hadi
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/bearings.v4i1.6549

Abstract

Kendaraan listrik merupakan solusi ramah lingkungan karena sumber tenaganya berasal dari baterai. Salah satu contohnya adalah sepeda motor listrik Beatrix, yang menggunakan baterai rakitan berkapasitas 72 Volt 20 Ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja baterai pack rakitan yang digunakan pada Beatrix di lingkungan Kota Tarakan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan beberapa variabel seperti kondisi lingkungan dan jarak tempuh.  Kinerja yang dianalisis adalah konsumsi tegangan, kapasitas, daya, dan temperatur baterai selama proses discharging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tegangan tertinggi terjadi pada kondisi cuaca panas yaitu 6,50 volt, sedangkan tegangan terendah terjadi pada kondisi cuaca hujan yaitu 2,27 volt. Untuk konsumsi kapasitas baterai tertinggi terjadi pada kondisi cuaca panas yaitu 4,30 Ah dan kapasitas terendah terdapat pada kondisi cuaca hujan yaitu 2,13 Ah. Diferensiasi temperatur baterai tertinggi terdapat pada kondisi cuaca panas yaitu 5,3°C sedangkan diferensiasi temperatur baterai terendah terdapat pada kondisi cuaca hujan dan malam hari yaitu 1,0°C. Konsumsi daya baterai tertinggi terdapat pada kondisi cuaca panas yaitu 26,22 Wh dan konsumsi daya terendah terdapat pada kondisi cuaca hujan yaitu 4,84 Wh. Konsumsi daya spesifik baterai tertinggi terdapat pada kondisi cuaca panas yaitu 2,62 Wh/km dan konsumsi daya spesifik terendah terdapat pada kondisi cuaca hujan yaitu 0,48 Wh/km.
Modifikasi Box Pendingin Termoelektrik Menggunakan Box Berbahan Plastik Mahardika, Hikmal; Murdianto, Deny; Nurdin, Muhammad Firdan
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/bearings.v4i1.6605

Abstract

Di era teknologi yang terus berkembang, sistem pendingin menjadi komponen penting dalam berbagai aplikasi, mulai dari penyimpanan makanan hingga transportasi obat-obatan. Salah satu alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan sistem kompresi uap adalah sistem pendingin termoelektrik. Namun, desain dan material yang digunakan pada box pendingin termoelektrik masih memiliki keterbatasan, terutama dalam hal isolasi termal dan ketahanan terhadap kelembaban. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi box pendingin termoelektrik dari bahan kayu menjadi bahan plastik guna meningkatkan efisiensi pendinginan. Modifikasi dilakukan dengan mengganti material box menggunakan plastik jenis Polypropylene (PP) yang memiliki sifat ringan, tahan terhadap kelembaban, dan daya isolasi termal yang baik. Box plastik ini dirancang dengan lapisan tambahan berupa busa Expanded Polystyrene (EPS) untuk meningkatkan performa pendinginan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dilakukan untuk membandingkan efisiensi sistem sebelum dan setelah modifikasi dengan mengukur suhu, daya input, serta Coefficient of Performance (COP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah modifikasi, suhu dalam box dapat mencapai 17,62°C dibandingkan dengan 19,65°C sebelum modifikasi. Selain itu, daya input berkurang dari 176 Watt menjadi 99 Watt, dan nilai COP meningkat dari 0,03 menjadi 0,06, yang menunjukkan peningkatan efisiensi pendinginan secara signifikan. Dengan demikian, penggunaan material plastik terbukti mampu meningkatkan performa pendinginan serta efisiensi energi pada sistem pendingin termoelektrik. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam desain sistem pendingin yang lebih ramah lingkungan dan efisien.
Pengaruh Penggunaan Jenis Coolant Jumbo, Megacools dan Hikari terhadap Efektivitas Pendinginan Mesin Nissan Livina 1800cc Basir, Aang Abdul; Laksana, Alfian Hudan; Himawan, Citrakara Upendra S.K.; Prasetya, Yanto Budi; Pranata, Bintang
Journal BEARINGS: Borneo Mechanical Engineering and Science Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/bearings.v4i1.6725

Abstract

This study aims to analyze the influence of using Jumbo, Megacools, and Hikari coolant types on the cooling effectiveness of Nissan Livina 1800cc engine. The research method used is experimental by testing the three types of coolant under the same engine operating conditions, comparing radiator effectiveness parameters based on differences in engine rotation time and RPM variations. Data collection was conducted systematically at standardized time intervals and engine rotations to obtain accurate and reliable results. The research findings indicate that Jumbo coolant type provides the highest cooling effectiveness compared to the other two coolant types. Based on the analysis of differences in engine rotation time, Jumbo coolant recorded radiator effectiveness of 0.234 at 30 seconds. The radiator effectiveness of Jumbo coolant also increased along with the increase in engine rotation, with the highest value of 0.246 recorded at 2200 RPM. Overall analysis shows that Jumbo coolant has the highest overall radiator effectiveness with an average value of 0.216. These findings indicate that the selection of coolant type significantly affects the performance of the engine cooling system, with Jumbo coolant as the optimal choice for improving cooling effectiveness in Nissan Livina 1800cc engines.

Page 1 of 1 | Total Record : 4