cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017" : 6 Documents clear
PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016 Anang Safrudin; Suratsih Suratsih; Paidi Paidi
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan internet dalam pembelajaran oleh guru Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bantul ditinjau dari aspek kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Yaitu dengan cara melakukan survei terhadap guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Sampel penelitian berjumlah 9 sekolah yang dipilih secara acak dari total 19 SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet oleh guru biologi kelas X dalam merencanakan, malaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 84% sehingga tergolong kedalam kategori baik. Ketersediaan sarana prasarana internet pada dinilai sudah cukup baik yaitu dengan persentase 71%. Sedangkan Pemanfaatan sarana prasarana oleh guru biologi sudah baik karena diperoleh persentase sebesar 87%. Meskipun pemanfaatan internet oleh guru biologi kelas X SMA sudah dinilai bagus, namun tingkat pengetahuan penggunaan internet pada guru masih dirasa kurang karena guru hanya sebatas mencari materi melalui internet dan belum mengembangkan dan menciptakan bahan ajar sederhana yang  menggunakan internet.Kata kunci: Pemanfaatan internet, guru biologi, dan pembelajaran
KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI JOGJA ADVENTURE ZONE SEBAGAI BAHAN PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BAGI SISWA KELAS X SMA Prajawan Kusuma Wardhana; Sukarni Hidayati; triatmanto triatmanto
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis – jenis capung yang terdapat di Jogja Adventure Zone, menyusun Lembar Kegiatan Siswa Mengamati Capung di Jogja Adventure Zone untuk mempelajari materi keanekaragaman hayati bagi siswa kelas X SMA, dan menilai kualitas Lembar Kegiatan Siswa yang telah disusun berdasarkan aspek materi, aspek desain, aspek penyajian, dan aspek bahasa. Penelitian ini merupakan modifikasi jenis penelitian Research Development yang mengacu pada Robert Maribe Branch 2009. Langkah-langkah penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dilakukan dengan tahap analisis, desain, dan pengembangan sampai pada tahap uji coba terbatas pada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Jogja Adventure Zone terdapat sedikitnya 35 jenis capung yang berasal dari sub-ordo Anisoptera dan Zygoptera. Potensi keanekaragaman capung di Jogja Adventure Zone dapat diangkat sebagai bahan penyususan Lembar Kegiatan Siswa Mengamati Capung karena telah memiliki kejelasan potensi ketersediaan objek dengan permasalahan yang diangkat, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kejelasan sasaran materi dan peruntukannya, kejelasan informasi yang akan diungkap, kejelasan pedoman eksplorasi, dan kejelasan perolehan yang akan dicapai. Lembar Kegiatan  Siswa yang dibuat dinilai sudah baik pada aspek penyajian, aspek desain, dan aspek bahasa, namun masih membutuhkan perbaikan pada aspek materi. Kata Kunci : Keanekaragaman Capung, Jogja Adventure Zone, Lembar Kegiatan Siswa
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DITINJ AU BERDASARKAN KEFAVORITAN SEKOLAH Dionisia Dwi Prasetyawati; Paidi Paidi; Bambang Subali
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains aspek biologi siswa SD kelas V di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan kefavoritan sekolah dan kaitannya dengan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 441 siswa kellas V dari 12 sekolah di Kota Yogyakarta yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes KKPSAK oleh Bambang Subali, dkk (2013). Data kefavoritan sekolah dengan nilai Ujian Nasional diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, data pekerjaan orang tua dari angket. Hasil analissis menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif menunjukkan rerata skor KBDKPS tergolong dalam kategori sedang (15,29 dari total skor 40). Rerata skor KBDKPS siswa di sekolah favorit (16,37) lebih tinggi daripada sekolah tidak favorit (14,38). Rerata skoor KBDKPS tertinggi diperoleh sekolah favorit dengan siswa yang orangtuanya berprofesi sebagai guru/dosen (18,32). Kata kunci: kefavoritan sekolah, keemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains
KEBERADAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM RPP BIOLOGI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA Ika Feby Putriana; slamet Suyanto; suratsih suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan keterampilan proses sains (KPS) ditinjau dari aspek materi pembelajaran dan jenis item KPS dalam RPP, serta mengetahui perbedaan jenis dan persentase keberadaan KPS dalam RPP kegiatan lapangan dan RPP kegiatan laboraturium biologi SMA Kelas X di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis) dengan cara meneliti dokumen RPP guru tanpa melihat proses pelaksanaannya di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh RPP Biologi SMA Kelas X dari sekolah SMA di Kota Yogyakarta yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu RPP dengan kegiatan lapangan dan kegiatan laboraturium. Jumlah sampel adalah sebanyak 20 RPP, meliputi 10 RPP kegiatan lapangan dan 10 RPP kegiatan laboraturium. Instrumen telah divalidasi muka oleh Dosen Pembimbing (Expert Judgement). Pengambilan data diperoleh dari instrumen penelitian yaitu berupa lembar observasi isi RPP, melalui tiga orang panelis yang telah memenuhi syarat. Kehandalan data ketiga panelis dihitung menggunakan rumus Kanonik Krippendorff. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa KPS telah dikembangkan pada berbagai materi pembelajaran dalam RPP dengan persentase keberadaan yang relatif sama yaitu RPP Fungi(75,00%); RPP Ruang lingkup biologi dan RPP Protista(70,83%) serta RPP Plantae(66,67%). Jenis item KPS yang memiliki persentase keberadaan paling tinggi adalah item keterampilan mengomunikasi, sedangkan yang terendah adalah item keterampilan mengorganisasi dan menganalisis data. Tidak terdapat perbedaan pada jenis item keterampilan proses sains yang ada dalam RPP kegiatan lapangan dan RPP kegiatan laboraturium. Perbedaan hanya nampak dalam hal persentase keberadaan keterampilan proses sainsnya, namun perbedaan persentase tersebut dikatakan tidak signifikan karena nilai persentase yang relatif sama yaitu RPP kegiatan laboraturium (72,92%) dan RPP kegiatan lapangan (68,75%). Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS),  RPP, Kegiatan lapangan, Kegiatan laboraturium.
PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBIJI KEBUN RAYA BATURADEN UNTUK SISWA KELAS X SMA Hanifudin Bayu Firmansah; Suratsih Suratsih; triatmanto triatmanto
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan berbiji Kebun Raya Baturaden dan untuk mengetahui kualitasnya dari penilaian dosen, guru dan siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif eksploratif dan penelitian pengembangan (R dan D) dengan ADDIE Models. Hasil penelitian kemudian diangkat menjadi sumber belajar biologi melalui 2 tahap identifikasi proses dan produk penelitian dan seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Sumber belajar biologi dikemas dalam bentuk modul dengan ADDIE Models yaitu Tahap Analisis (Analysis),Tahap perencanaan (Design),Tahap Pengembangan dan Produksi (Development andProduction),Tahap Implementasi (Implementation), Tahap Evaluasi (Evaluation). Modul divalidasi oleh dosen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba terbatas dilakukan kepada 10 peserta didik kelas X dan dua orang Guru Biologi SMA Negeri Sumpiuh. Instrumen penelitian ini berupa angket penilaian dan tanggapan terhadap modul yang memuat empat aspek, yaitu aspek materi, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek bahasa, yang berisi item atau indikator. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Keanekaragaman 17 jenis spermatophyta yang ditemukan di Kebun Raya Baturaden ini dapat dijadikan sumber belajar biologi berupa modul bagi siswa SMA kelas X semester I pada materi keanekaragaman hayati. Hasil uji kualitas modul ditinjau dari aspek materi, aspek penyajian, aspek kegrafisan dan aspek bahasa baik dari penilaian guru maupun tanggapan siswa termasuk baik. Kata Kunci: Modul, Keanekaragaman, Tumbuhan Berbiji, Kebun Raya Baturaden
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM INDERA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Shintya Galuh Nindy Lantasa; Paidi Paidi; Yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i1.6138

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi Sistem indera berbasis Adobe Flash CS3 yang layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RD menggunakan model penelitian ADDIE sampai tahap pengembangan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah dua guru biologi dan siswa SMA kelas XI, reviewer yaitu ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kelayakan media oleh ahli materi, ahli media, guru, lembar angket tanggapan siswa, serta soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran materi sistem indera berbasis Adobeflash CS3 yang dihasilkan dinyatakan layak menurut ahli, guru dan sangat baik menurut tanggapan siswa, serta efektif untuk meningkatkan pemahan siswa berdasarkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : media pembelajaran, sistem indera, adobe flash

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue