cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KOTA YOGYAKARTA Rosita Justianies Husnul; Bambang Subali; Paidi Paidi
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB) siswa kelas IV SD di Kota Yogyakarta ditinjau dari kefavoritan sekolah serta kaitannya dengan profesi kependidikan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dibawah penelitian payung oleh Bambang Subali, dkk (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di Daerah Istimewa Yogyakarta. KKPSAB siswa ditunjukkan oleh skor tes tipe terbuka. Data kefavoritan sekolah diperoleh dari nilai rata-rata Ujian Nasional sedangkan data profesi kependidikan orang tua siswa diperoleh melalui pengisian angket. Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk merincikan kemampuan siswa. Hasil analisis menunjukkan rerata skor KKPSAB siswa kelas IV tergolong rendah (27,19 dari total skor 120). KKPSAB siswa di sekolah favorit hanya berbeda tipis dari siswa di sekolah tidak favorit (27,7626,77). Pengaruh kefavoritan sekolah terhadap KKPSAB siswa lebih tinggi pada siswa anak guru/dosen daripada siswa bukan anak guru/dosen (3,021,5).Kata kunci: kefavoritan sekolah, kreativitas, keterampilan proses sains aspek biologi.
ANALISIS ITEM ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI DI KULON PROGO Sutarmi Sutarmi; Paidi Paidi; Yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas item Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap Biologi Kelas X TA 2014/2015 SMA Negeri di Kulon Progo ditinjau dari kesesuaian fit item dengan model Rasch melalui pemenuhan kesesuaian aspek materi, konstruksi dan bahasa, persyaratan item untuk tes tujuan prestasi belajar dan pemetaan/seleksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek yang digunakan berupa tes pilihan ganda UAS Genap Biologi kelas X di SMA Negeri di Kulon Progo berupa soal, kunci jawaban dan lembar jawab peserta didik. Sampel yang digunakan adalan lembar jawaban UAS Genap Biologi kelas X di SMA N 1 Wates dan SMA N 1 Girimulyo yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis kualitatif soal menggunakan instrumen tabel telaah soal pilihan ganda, sedangkan analisis kuantitatif soal menggunakan program QUEST untuk mengetahui fit item dengan model Rasch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara empiris item fit terhadap model Rasch. Secara kualitatif, kualitas perangkat UAS baik karena 88% item soal UAS SMA N 1 Wates dan 78% item soal UAS SMA N 1 Girimulyo tergolong kategori baik menurut aspek materi, konstruksi dan bahasa. Secara kuantitatif, item UAS sesuai tes tujuan prestasi belajar dan tidak sesuai untuk tes tujuan pemetaan/seleksi.Kata Kunci: kualitas item, analisis item, telaah soal, tes prestasi belajar
PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) TERHADAP MASA SIMPAN CINCAU HIJAU (Cyclea barbata) Rima Maemunah; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13717

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penambahan sari buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) terhadap masa simpan cincau hijau (Cyclea barbata) dan mengetahui kadar optimum pengawetan menggunakan sari buah jeruk nipis terhadap masa simpan cincau hijau serta mengetahui keberadaan bakteri Staphylococcus aureus pada cincau setelah pemberian variasi konsentrasi jeruk nipis. Sampel cincau diambil dari satu pedagang di Kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta secara random sampling. Variasi konsentrasi sari buah jeruk nipis yang ditambahkan yaitu 0%, 3%, 5%, dan 7% dengan pengujian yang dilakukan yaitu uji organoleptik dan mikrobiologi berupa Angka Lempeng Total (ALT) serta uji keberadaan Staphylococcus aureus pada sampel cincau hijau. Pengamatan organoleptik dilakukan setiap 8 jam masa simpan selama 2 hari dan uji mikrobiologi dilakukan setiap 24 jam masa simpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penambahan sari buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dengan konsentrasi 0%, 3%, 5% dan 7% tidak ada pengaruh nyata antara terhadap masa simpan cincau hijau (Cyclea barbata). Berdasarkan hasil ALT yang didapatkan, pengaruh penambahan sari buah jeruk nipis pada konsentrasi 5%. Semakin banyak penambahan sari buah jeruk nipis semakin terjaga penampakan organoleptik sampel cincau hijau. Uji keberadaan Staphylococcus aureus menunjukkan hasil negatif pada semua sampel cincau hijau.Kata kunci: Angka Lempeng Total (ALT), cincau hijau (Cyclea barbata), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), organoleptik, Staphylococcus aureus.Abstract
PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN PANGAN UMBI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA Muhammad Fajar Fathu Rhohman; Slamet Suyanto; ratnawati ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13712

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pengayaan materi keanekaragaman hayati yang layak digunakan untuk siswa kelas X SMA dan mengetahui keefektifan penggunaan modul pengayaan materi keanekaragaman hayati dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X SMA. Penelitian menggunakan desain pengembangan Research and Development (RD) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi hingga tahap development. Subjek penelitian terdiri atas 3 dosen ahli materi, 3 dosen ahli media, 2 guru biologi dan 14 siswa kelas X SMAN 2 Wonosari. Objek penelitian ini adalah e-modul pengayaan Keanekaragaman Hayati. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan modul, angket kemandirian, lembar observasi kemandirian, dan soal tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati layak digunakan sebagai bahan ajar. (2) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa X SMA. Peningkatan kemandirian belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,61, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa juga dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,62.Kata kunci: Hasil belajar, keanekaragaman hayati, kemandirian belajar, modul pengayaan.
ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MAN2 BANTUL Erna Setyaningrum; Suratsih Suratsih; Evy Yulianti
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek keterampilan proses sains yang dikembangkan dalam perencanaan pembelajaran (RPP). (2) aspek KPS yang dikembangkan dalam pelaksanaan pembelajaran. (3) kesesuaian KPS dalam RPP dan pelaksanaan pembelajaran Biologi di MAN 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek penelitian berupa tiga RPP yang dibuat guru dan rekaman video pembelajaran kelas X IPA 2. Data yang dihasilkan berupa kemunculan aspek KPS dalam RPP, aspek KPS dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di kelas X IPA 2, dan kesesuaian aspek KPS dalam RPP dan pelaksanaan pembelajaran materi Kingdom Monera, Protista, dan Jamur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek KPS yang muncul dan dikembangkan dalam RPP ada 5 dari 16 aspek: pengamatan, mengklasifikasi, komunikasi, menyimpulkan dan melakukan percobaan. (2) aspek KPS yang muncul dan dikembangkan dalam pelaksanaan pembelajaran biologi ada 3 aspek dari 16 aspek: pengamatan, mengklasifikasi, dan komunikasi. (3) persentase kesesuaian KPS dalam RPP dan pelaksanaan pembelajaran pada materi monera dan protista sebesar 12,5% sesuai dan tidak sesuai 25%, dan materi jamur sesuai menunjukkan hasil 0% dan tidak sesuai menunjukkan hasil 32%Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, KPS dalam RPP, KPS dalam pelaksanaan pembelajaran, Kesesuaian aspek KPS dalam RPP dan pelaksanaan pembelajaran
AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH PELAJARAN IPA DI SMPN KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL Nurul Jannah Yuliani; Bambang Subali; Paidi Paidi
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i3.13714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri berdasarkan lokasi sekolah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Responden penelitian yaitu 30 guru IPA SMP Negeri di Kota Yogyakarta dan 30 guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Variabel yang diamati adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu lokasi sekolah. Variabel yang diselidiki efeknya selain variabel bebas adalah keikutsertaan kegiatan MGMP, sarana prasarana sekolah, potensi siswa dan pengalaman mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kota Yogyakarta maupun Kabupaten Gunungkidul pada aspek keterampilan dasar (basic skills) ada yang sudah tidak diajarkan dan dinilai, pada aspek keterampilan proses (process skills) sebagian besar masih diajarkan dan dinilai, dan pada aspek keterampilan menginvestigasi (investigative skills) ada yang sudah tidak diajarkan dan dinilai. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa lokasi sekolah tidak berpengaruh terhadap aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri.Kata kunci: Aktualisasi, metode ilmiah, lokasi sekolah

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue