cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
Penyusunan Modul Pengayaan Pencemaran Air sebagai Alternatif Sumber Belajar Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan Nurul Endah Rahmawati1; Suratsih Suratsih; Tien Aminatun
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13910

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menyusun modul pengayaan pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar untuk materi ekosistem dan perubahan lingkungan, mengetahui kualitas modul pengayaan pencemaran air oleh guru, dan mengetahui respon siswa terhadap modul pengayaan pencemaran air. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau research and development (RnD) dengan objek penelitian yaitu kualitas modul pencemaran air dan respon siswa terhadap modul. Pengambilan data kualitas modul dan respon siswa dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan dengan populasi yaitu 32 siswa kelas XI IPA 4 dan 2 orang guru Biologi. Data kualitas modul dan respon siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung frekuensi kategori pada setiap aspek. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) berdasarkan penilaian oleh guru Biologi, kualitas modul tergolong baik ;(2) respon siswa terhadap modul termasuk dalam kategori sangat baik.Kata kunci: Modul pengayaan; Pencemaran air; Perubahan lingkungan;SMA Negeri 1 Pacitan; Sumber belajar.
ANALISIS MISKONSEPSI MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN BANYUMAS Venty Azulianingsih; Yuliati Yuliati; Anna Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkategorikan dan mengetahui seberapa banyak kategori miskonsepsi pada materi Archaebacteria dan Eubacteria dari buku teks biologi SMA kelas X kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten. Buku teks yang dianalisis merupakan hasil survey di SMA yang menggunakan kurikulum 2013. Unit analisis berupa teks dan gambar yang memuat materi Archaebacteria dan Eubacteria. Miskonsepsi dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu misidentification, oversimplification, overgeneralization, undergeneralization, dan obsolete concept and term. Proses identifikasi dilakukan oleh tiga panelis. Data di uji kehandalanya berdasarkan perhitungan α-Krippendorf dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks A, B, dan C mengalami miskonsepsi dengan hasil persentase 8,6%, 7,6%, 7,7% dan Kategori miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku teks adalah rata-rata misidentification (4,8% dan 14,4%), oversimplification (1,9% dan 25%), overgeneralization (0,6% dan 0% ), undergeneralization (0,3% dan 0%), dan obsolete concept and terms (0,3% dan 0%). Nilai frekuensi dari ketiga buku teks menunjukan bahwa buku A memiliki nilai persentase paling tinggi yaitu 8,6%.Kata kunci: Banyumas, miskonsepsi, archaebacteria dan eubacteria, SMA
UJI AKTIVITAS ENZIM PROTEASE BAKTERI TERMOFILIK PASCA ERUPSI MERAPI TERHADAP TEPUNG JEROAN IKAN LELE Veronica Deavina; Anna Rahmawati; Evy Yulianti
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas enzim protease dari isolat bakteri D104a pada berbagai variasi lama waktu inkubasi dan konsentrasi substrat tepung jeroan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Isolat bakteri yang digunakan adalah isolat bakteri D104a, bakteri termofilik proteolitik yang diisolasi dari Kali Gendol Atas pasca erupsi Merapi 2010. Pengujian aktivitas protease dilakukan dengan menggunakan metode Lowry. Aktivitas enzim protease kasar tertinggi diperoleh pada konsentrasi tepung jeroan ikan lele dumbo 1%, sebesar 0,9745 Unit/ml, dengan lama waktu inkubasi 12 jam. Aktivitas enzim protease kasar terendah diperoleh pada konsentrasi tepung jeroan ikan lele dumbo 4%, sebesar 0,0111 Unit/ml, dengan lama inkubasi selama 30 jam.Kata kunci: aktivitas enzim, protease, bakteri termofilik
KETERLAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA Permata Ihda Fuadina; Yuliati Yuliati; suratsih suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penilaian autentik dan kendala yang dihadapi oleh guru terkait keterlaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Pada penelitian ini seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel sehingga disebut juga dengan sensus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri Kota Yogyakarta Tahun ajaran 20016/2017. Instrumen penelitian berupa kuisioner dan analisis dokumen (dimodifikasi dari penelitian oleh Etika Dyah Puspitasari tahun 2015) serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaa penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI semester gasal tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup. Keterlaksanaan penilaian kinerja termasuk dalam kategori sangat baik. Keterlaksanaan penilaian antarteman dan penilaian diri termasuk dalam kategori baik. Keterlaksanaan penilaian produk termasuk dalam kategori cukup. Keterlaksanaan penilaian proyek termasuk dalam kategori kurang baik. Keterlaksanaan penilaian portofolio dan jurnal termasuk dalam kategori sangat kurang baik. Kendala keterlaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI semester gasal tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri Kota Yogyakarta yaitu pada tahap perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik. Pada tahap perencanaan kendala yang ditemukan yaitu kesulitan guru dalam menentukan jenis penilaian autentik dan materi yang sesuai. Pada tahap pelaksanaan kendala yang ditemukan yaitu memerlukan waktu yang lebih banyak untuk penialain autentik, sulit melakukan penilaian pada tiap peserta didik dan karakteristik peserta didik yang berbeda.Kata kunci: biologi, penilaian autentik, SMA Negeri Kota Yogyakarta
STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI LAGUNA PENGKLIK, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Nova Rahmawati; Sudarsono Sudarsono
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13913

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui struktur komunitas fitoplankton di Laguna Pengklik yang dilihat dari jumlah jenis, kelimpahan dan keanekaragaman, (2) mengetahui kualitas fisika-kimia Laguna Pengklik dan (3) mengetahui tingkat kesuburan perairan di Laguna Pengklik, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ekspolaratif. Pengamatan dilakukan di 4 stasiun ditentukan secara purposive sampling untuk mewakili lingkungan yang berbeda di laguna. Analisis data secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel, gambar, dan uraian deksripsi jenis. Struktur komunitas fitoplankton laguna Pengklik di lihat dari komposisi jenis, komposisi jenis yang tertinggi pada kelas Chloropyceae dan yang terendah pada kelas Coscinodiscopyceae. Kisaran kelimpahan fitoplankton dari 10918,36-16224,48 ind/L. Indeks dominansi tidak melebihi 1 sehingga tidak ada dominansi fitoplankton. Indeks keanekaragaman berada pada kisaran 3,11-3,38. Faktor fisik dan kima mendukung bagi perkembangan fitoplankton. Perairan laguna Pengklik termasuk perairan dengan tingkat kesuburan sedang dan termasuk perairan klasifikasi mesotrofik.Kata kunci: Fitoplankton, struktur komunitas, dan tingkat kesuburan
KARAKTERISTIK POHON INANG SEBAGAI SUBSTRAT BRYOPSIDA EPIFIT PADA BERBAGAI JENIS AREA DI HUTAN ALAM TURGO, HARGOBINANGUN, PAKEM, KABUPATEN SLEMAN Muhammad irfan; Tien Aminatun; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13919

Abstract

Penelitian tentang keragaman bryopsida epifit telah dilakukan di Hutan Alam Turgo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter pohon inang pada bryopsida epifit di berbagai jenis area. Area pengamatan terbagi dalam 3 area yaitu Hutan Adopsi merapi, Alas Tegal dan Hutan Bingungan. Terdapat 9 plot dengan luas 20 x 20 m2 berjarak sekitar 50 meter setiap plotnya. Hutan Adopsi Anggrek merupakan area dengan rata-rata 3,7 jenis tiap pohon inang sampel. Pohon yang teramati terbagi dalam 11 spesies. Pohon inang dengan bryopsida epifit terbanyak yaitu Puspa (Schima wallichii) dengan total frekuensi kehadiran bryopsida epifit sebesar 14,77.Kata kunci: Bryopsida, epifit, bukit Turgo.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue