cover
Contact Name
Rabwan Satriawan
Contact Email
jurnalolahragatsb@gmail.com
Phone
+6282323898556
Journal Mail Official
jurnalolahragatsb@gmail.com
Editorial Address
STKIP Taman Siswa Bima Jalan Pendidikan Taman Siswa Bima No. 1 Palibelo, Bima - NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880324     EISSN : 26850125     DOI : https://doi.org/10.37630/jpo
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal specifically concerns on main problem in the critics, analysis, evaluation, and development of physical edcutaion, sport, and health field, namely: SPORTS SCIENCE PHYSICAL EDUCATION SPORTS TOURISM TRADITIONAL SPORTS SPORTS BIOMECANICS SPORT HEALTH SPORTS PSYCHOLOGY SPORTS NUTRITION
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA" : 5 Documents clear
Pengaruh Latihan Menarik Ban terhadap Kemampuan Lempar Cakram pada Siswa Putra Kelas VIII SMPN 5 Woha Kabupaten Bima Samsudin
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v7i2.136

Abstract

Tujuan dalam ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan menarik ban terhadap kemampuan lempar cakram pada siswa putra kelas viii smpn 5 woha kabupaten bima tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan One Group Experiment atau yang disebut juga dengan Treatment By Subjects Designs. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Putra kelas VIII SMPN 5 Woha Kabupaten Bima yang berjumlah 128 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa siswa. Teknik penambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proposional Random Sampling. Analisis data yang digunakan dalam peneitian yaitu analisa statistik dengan menggunakan rumus t-test. Kesimpulan dalam penelitian ini “Ada pengaruh latihan menarik ban terhadap kemampuan lempar cakram pada siswa putra kelas VIII SMPN 5 woha kabupaten bima.
Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dengan Ketepatan Shooting ke Arah Gawang pada Peserta Ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang Dilli Dwi Kuswoyo
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v7i2.137

Abstract

Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dengan Ketepatan Shooting ke arah Gawang pada Peserta Ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan ketepatan shooting ke arah gawang pada peserta ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dengan Ketepatan Shooting Ke arah Gawang Pada Peserta Ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang yang berjumlah 20 orang. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Sebelum menghitung korelasi peneliti mencari t-score terlebih dahulu karena dalam tes kekuatan otot tungkai dan ketepatan shooting satuannya tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan (r = 0,94) antara kekuatan otot tungkai dengan ketepatan shooting ke arah gawang dengan t hitung 11,47 > t tabel 1,714 dan taraf signifikan α = 0,05 yang berarti hipotesis alternatif diterima.
Pengaruh Latihan Hight-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap Peningkatan Vo2max Pemain Sepakbola M2 United Irfan; Haris
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v7i2.138

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Adakah perbedaan pengaruh antara metode latihan plaiometrik lari lompat rintangan dan Hight-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap peningkatan hasil Vo2max pemain sepakbola M2 United tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola M2 United tahun 2017 berjumlah 22 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang pemain sepak bola. Kesimpulan Ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan Hight-Intensity Interval Training (Hiit) terhadap peningkatan Vo2max pemain sepakbola M2 United. Bila kita bandingkan dengan t-hitung 13,015 dan t-tabel 2,086 dengan taraf signifikan 0,05% maka t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (13,015>2,086). Selanjutnya, untuk mengetahui persentase peningkatan Vo2max pemain sepakbola M2 United dilakukan perhitungan (Mean difference / mean pretest x 100%) yaitu (8,909/39,6773x100%). Berdasarkan hasil perhitungan persentase diperoleh hasil bahwa peningkatan Vo2max pemain sepakbola M2 United sebesar 22,45%.
Hubungan Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Ritmik dengan Gerak Irama Mars Melalui Media Bantu Gambar dan Musik pada Siswa Kelas V SDN 11 Kota Bima Shutan Arie Shandi; Mulyadi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v7i2.139

Abstract

Materi senam yang akan diberikan, baik senam dasar, senam irama, senam lantai maupun senam alat. Pada senampun gerak-gerak dasar jalan, lari, lompat, berayun, berjalan dengan tangan, keseimbangan tangan dan kaki, berguling ke depan, ke belakang, ke kiri atau kenanan dan sebagainya dapat dilakukan di segala tempat. Di dalam ruangan, ruang kelas, halaman sekolah, lapangan atau di taman atau kebun sekolah dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran senam. Rumusan Masalah yaitu: apakah ada peningkatan hasil belajar aktivitas ritmik dengan gerak irama mars melalui media bantu gambar dan musik pada siswa kelas V SDN 11 Kota Bima?. Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar aktivitas ritmik dengan gerak irama mars melalui media bantu gambar dan musik pada siswa kelas V SDN 11 Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan angka-angka dan skala-skala tertentu yang akan diukur. Sedangkan metode deskriptif adalah penelitian yang berhubungan dengan masalah (yang ada pada saat sekarang), atau penelitian yang di rancang untuk meperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Jumlah populasi dan sampel penelitian adalah 18 orang siswa kelas V SDN 11 Kota Bima. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana, korelasi product moment dan F Statistik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu garis persamaan regresi antara hasil belajar aktivitas ritmik dengan gerak irama mars melalui media bantu gambar dan musik yaitu Y= 321,76+(-19,92)X, nilai koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut menunjukan r hitung > r tabel (0,997 > 0,378), serta nilai Fhitung =2654,67 setelah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf signifikan 5% dengan deraja kebebasan 18 – 2 = 16 (db = 16) yaitu 0,400, menunjukkan bahwa Fhitung = 2654,67 > Ftabel = 0,400. Hal ini menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= 321,76+(-19,92)X dapat digunakan untuk menganalisis hasil belajar aktvitas ritmik dengan gerak irama mars (X) melalui media bantu gambar dan musik (Y). Di samping itu, dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) yaitu 0,997 serta koefisien determinasi (r2) yang diperoleh yaitu 0,994009 yang berarti bahwa hasil belajar gerak ritmik dengan gerak irama mars yaitu 99% keberhasilannya ditentukan oleh ketersediaan atau keterlibatan media bantu dalam belajar yaitu media gambar dan musik maupun intensitas latihan yang teratur. Dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada peningkatan hasil belajar aktivitas ritmik dengan gerak irama mars melalui media bantu gambar dan gerak pada siswa kelas V di SDN 11 Kota Bima.
Pengaruh Latihan Imagery terhadap Keterampilan Sepak Tahan (Passing and Stopping) (Studi Eksprimen pada Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar) Alficandra; Joni Alpen; Sasmarianto
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v7i2.140

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat masih rendahnya keterampilan passing dan Stopping Permainan sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar. Hal ini dimungkinkan karena kurang tepatnya metode latihan yang digunakan oleh pelatih dalam proses latihan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh latihan imageri terhadap keterampilan passing dan Stopping Permainan sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua pemain sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar berjumlah 15 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sampel atau disebut juga dengan total sampling yang berjumlah 15 orang. Tes yang digunakan adalah tes Passsing dan stopping. Data dianalisis menggunakan tatistic uji-t dependend sample. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh latihan imageri yang signifikan terhadap Keterampilan Passing dan Stopping pemain sepakbola, dari rata-rata (mean) sebesar 62.26. Kemudian dilakukan perlakuan eksperimen dengan latihan imagery selama 12 kali pertemuan, setelah itu dilakukan tes akhir (pos-test) yaitu tes keterampilan passing dan stopping dengan skor keseluruhan post-test yaitu sebesar 1078 dengan rata-rata (mean) sebesar 71.86, dengan hasil = 11.22 yang bearti lebih besar dari taraf signifikan 5% = 2.14. dengan kesimpulan, Ho ditolak, dan Ha diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 5 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 11 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA Vol. 7 No. 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA More Issue