cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PREDICT,OBSERVE,EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG Alia; Dwi Salmah
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung tahun ajaran 2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 40 soal dengan alternatif a, b, c, d. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi kelas eksperimen 52,8621 dan tes akhir 71,7241. Nilai rata-rata tes kelas kontrol 33,7931dan akhir 39,810. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol,71,7241 banding 39,8103 jadi selisihnya adalah 31,91.Berdasarkan analisis tahap pertama menunjukan bahwathitng (11,145) > ttab (1,672) dengan derajat keabsahan 56 (df 56). Dengan memperhatikan kriteria pengujian, yaitu probability <0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima
INTERTEKSTUAL NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA A. FUADI DAN NOVEL 9 SUMMER 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN Ernani; Dewi Purnama
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Intertekstual Novel Rantau 1 Muara Karya A. Fuadi dan novel 9 Summer 10 Autumns Karya Iwan Setyawan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah teks dalam novel Rantau 1 Muara Karya A. Fuadi dan Novel 9 Summer 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Langkah analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir (flow model ofanalysis), yang meliputi tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur novel Rantau 1 Muara dan novel 9 Summer 10 Autumns meliputi: (1) tema; (2) alur; (3) penokohandanperwatakan; (3) latar; (4) sudut pandang pengarang; dan (6) amanat. Teknik transformasi yaitu 1) ekspansi atau pengembangan pada alur ditahap penyelesaian, teknik 2) konversi pada alur ditahap perkenalan, klimak, dan anti klimaks, teknik 3) modifikasi atau mengubah dan melakukan manipulasi pada alur dibagian konflik dan latar sosial, dan teknik 4) ekserp atau penyerapan digunakan pada pemunculan tokoh, latar tempat, latar waktu, amanat dan tema. Dibuktikan dengan tahun terbit yang lahir lebih awal adalah novel 9 summer 10 Autumns yaitu pada tahun 2011 dan novel Rantau 1 Muara terbit pada tahun 2013
PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KAYUAGUNG Ima Maryana
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen 73,89 dan tes akhir 84,95. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 61,16 dan tes akhir 70,52. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (10,445) lebih tinggi dari ttable (1,669) dengan derajat keabsahan 62 (df 62) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa SMP Negeri 1 Kayuagung
PENGARUH STRATEGI PROBABLE PASSAGES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR Yeyen Yusniar; Iin Parlina; Husniati
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Strategi Probable Passages Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir tahun 2018/2019 berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan diperiksa menggunakan validitas isi. Tes telah di ujicobakan untuk mencari reliabilitas tes. Kolmogorov smirnov digunakan untuk menilai oleh inter-rater. Hasil tes menggunakan uji-t dengan bantuan spss 22. Berdasarkan hasil uji sampel independen, hasil penelitian ini menunjukan bahwa thitung adalah (5,039) dengan level signifikan p<0,05 dalam test penyesuaian derajat keabsahan 58. Nilai kritis dari ttable (1,671). thitung (5,039) lebih tinggi dari ttable (1,671). Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis cerita fantasi siswa yang diajar menggunakan strategi probable passages dengan siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik
PENGARUH STRATEGI 3W2H DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Novi Santi; Yulia Marheni
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi 3W2H dalam kemampuan menulis teks berita. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling, diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu unjuk kerja menulis teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pembelajaran kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas VIII.1 yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi 3W2H dengan siswa kelas VIII.4 yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dam kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 86,2917 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 73,2500. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh thit sebesar 7,662 dan ttab 1,67866 dengan derajat keabsahan 46 (df 46) jadi thit > ttab, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, strategi 3W2H berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung
PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG Juniarti
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model deep dialogue/critical thinking terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji rata-rata tes awal kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen 65,97 dan tes akhir 78,22. Nilai rata-rata awal kelas kontrol 64,20 dan tes akhir 74,91. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yakni 78,22>74,91. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa thitung (3,197) lebih tinggi dari ttabel (1,667) dengan derajat keabsahan 68 (df 68) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model deep dialogue/critical thinking memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa SMK Negeri 1 Kayuagung
PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Devi Nafriyanti
Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode chain writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 (kelas eksperimen) dengan menggunakan metode chain writing dan VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan metode saintifik SMP Negeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis teks eksplanasi dengan menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai Thitung (4,844) lebih tinggi dari Ttabel (1,668) dengan derajat keabsahan 66 pada taraf signifikan probability di bawah 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode chain writing berpegaruh terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Dialektologi Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi Vol 9 No 2 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol 9 No 1 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 9 No. 1 (2024): Dialektologi Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Dialektologi Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi Vol 8 No 2 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Dialektologi Vol. 8 No. 1 (2023): Dialektologi Vol 8 No 1 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Dialektologi Vol 7 No 02 (2022): DIALEKTOLOGI Vol 7 No 01 (2022): DIALEKTOLOGI Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dialektologi Vol. 7 No. 2 (2022): Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 2 (2021): Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Dialektologi Vol 5 No 02 (2020): DIALEKTOLOGI Vol 5 No 01 (2020): DIALEKTOLOGI Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 2 (2020): Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Dialektologi Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Dialektologi Vol 3 No 2 (2018): Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi More Issue