cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
pematarbiyah@uinsu.ac.id
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
pematarbiyah@uinsu.ac.id
Editorial Address
Kampus UIN Sumatera Utara Medan Kantor Jurnal PEMA Tarbiyah Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate North Sumatera, Indonesia 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pema Tarbiyah
ISSN : -     EISSN : 29619289     DOI : 10.30829
Core Subject : Education,
JOURNAL PEMA TARBIYAH is a peer-reviewed journal about education, especially community service, sharing knowledge and information about research reports on all aspects of education and community service. JURNAL PEMA TARBIYAH specifies on Education Publications published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about education, islamic education, to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and instructional media.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025)" : 6 Documents clear
PELATIHAN KETERAMPILAN AGAMA BAGI PEMUDA DAN REMAJA MASJID DI DESA HUTAPADANG KABUPATEN ASAHAN Ahyani, Salman
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.3936

Abstract

Pentingnya keterampilan agama bagi pemuda dan remaja masjid di HutaPadang Kabupaten Asahan mengingat bahwa makna keagamaan yang berarti ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Allah Swt. Tujuan dari Pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan tentang keterampilan agama melalui pelatihan. Metode: Pengabdian masyarakat ini diperuntukkan pemuda dan remaja masjid dan metode yang digunakan adalah metode partisipatif sebuah pendekatan yang berfokus pada upaya meningkatkan keilmuan keterampilan agama bagi pemuda dan remaja masjid yang berperan serta sebagai pengurus dan anggota secara aktif, pelatihan ini dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan, pendampingan dan penguatan. Hasil: Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan wawasan keilmuan bagi peserta pelatihan, kegiatan terlaksana dengan baik dan peserta yang cukup antusias dibuktikan dengan pemahaman pada materi utama dan tambahan baik pada praktikum maupun pada reward via quiz. Kesimpulan: Besar harapan peserta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan beragama di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.
SCRAPBOOK SEBAGAI MEDIA EFEKTIF/KREATIF DALAM MANAJEMEN WAKTU ANAK Rahmadani, Atika; Harahap, Apriani; Fatanah, Amrina; Shalsa, Adelia Mauritia; Putri, Amalia Rahma; Ardiana, Ardiana; Febrianti, Aliyah; Sari Harahap, Yulia; Saragih, Nurul Azmi
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.4642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan scrapbook sebagai media kreatif dalam membantu manajemen waktu anak-anak panti asuhan. Kegiatan dilaksanakan selama satu minggu, waktu pembuatan mulai dari tanggal 28 April hingga 4 Mei 2025, dengan melibatkan 15 anak berusia 12-15 tahun. Anak-anak diminta membuat scrapbook bertema bebas melalui tahapan menentukan tema, mengumpulkan bahan, merancang tata letak, menempelkan foto serta dekorasi, hingga memberikan sentuhan akhir. Selain meningkatkan kreativitas, proyek scrapbook ini juga membantu anak-anak belajar menyusun prioritas dan menyelesaikan pekerjaan sesuai target waktu yang ditetapkan. Dengan demikian, scrapbook terbukti dapat menjadi media edukatif yang efektif untuk melatih manajemen waktu sekaligus mengembangkan kreativitas pada anak-anak panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu pendekatan yang bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena sosial secara mendalam dan holistik melalui proses interaksi antara peneliti dan subjek penelitian dan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan scrapbook sebagai media kreatif dalam mengembangkan keterampilan manajemen waktu pada anak-anak panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam manajemen anak di lihat dari hasil scrapbook mereka dan scrapbook merupakan cara efektifitas anak dalam memanajemen waktu dan mangasah kreatifitas mereka.
PELATIHAN PERSIAPAN UJI KOMPETENSI BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK DWI WARNA Nasution, Minasari; Gani, Abdul; Andi Astuti, Yuniar; PS, Andry Roy; Fadli, Zahri; Hervina Sihombing, Ester; Nurlaili, Nurlaili; Al Jawi, Amin
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.4467

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Dwi Warna dalam menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih kurang percaya diri dan belum sepenuhnya memahami materi ujian, khususnya dalam praktik penyusunan laporan keuangan dan penggunaan software akuntansi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: koordinasi dengan pihak sekolah, penyusunan modul pembekalan, pelaksanaan pelatihan dan simulasi UKK, serta evaluasi kegiatan. Metode pelaksanaan mencakup pemberian materi teori dan praktik, simulasi UKK berbasis studi kasus, serta pendampingan secara langsung oleh dosen dan mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap pemahaman siswa, yang terlihat dari peningkatan nilai post-test dibandingkan pre-test. Selain itu, siswa menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam menyelesaikan soal UKK. Kegiatan ini juga mendorong terjalinnya kerja sama antara pendidikan tinggi dan pendidikan menengah kejuruan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan SMK.
PELATIHAN TATA CARA PENYELENGGARAAN JENAZAH Indria, Anita; Rahmi, Elvi; Aryanti, Yosi; Yemmardotillah, M.; Firdaus, Beni
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.4414

Abstract

Kegiatan ini merupakan pelatihan tata cara penyelenggaran jenazah yang diadakan dengan tujuan menyatukan pendapat sehingga tidak ada lagi perselisihan yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat. Penyelenggaraan jenazah hukumnya fardhu kifayah yang merupakan kewajiban bagi kaum muslimin yang apabila dilakukan oleh Sebagian kecil muslimin itu sudah menyelamatkan kaum muslimin yang lainnya. Banyak Masyarakat yang meragukan tata cara penyelenggaraan jenazah terutama pada bagian memandikan. Kenagarian Panampuang mengadakan pelatihan tata cara penyelenggaraan jenazah untuk menyatukan pendapat tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen STIT Ahlussunnah Bukittinggi yang bertempat di Aula Wali Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek. Pelatihan ini diawali dengan pembukaan dari wali nagari dan pemuka Masyarakat, kemudian penjelasan dari narasumber secara teori dan praktek. Setelah penjelasan secara teori, saat sesi tanya jawab banyak bermunculan pertanyaan yang berkaitan dengan memandikan jenazah. Setelah memberikan penjelasan secara teori, lanjut dengan mempraktekkan cara mengafani jenazah yang diselingi oleh pertanyaan peserta. Peserta yang hadir merupakan Ibu-ibu majlis ta’lim yang masih aktif di tengah-tengah Masyarakat Nagari Panampuang. Setelah pelatihan tata cara penyelenggaraan jenazah ini, para peserta menyadari bahwa perbedaan selama ini tidak melanggar syari’at. Selanjutnya setiap menyelenggarakan jenazah sudah bisa memaklumi hal-hal yang berkaitan dengan adat budaya yang tidak mempengaruhi aturan syari’at dalam pelaksanaannya.
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BODY SHAMING Kardo, Rici; Wae, Rahmawati
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.4481

Abstract

Masa remaja adalah masa dimana terjadi perubahan atau transisi dari anak – anak ke masa dewasa dengan rentang usia 12 sampai 19 tahun. Pada usia remaja terjadi perubahan yang sangat drastis baik itu dari segi fisiologis maupun psikologis. Fenomena seputar gaya hidup sangat cepat berkembang dan mempengaruhi remaja. Kecantikan, kesehatan dan perawatan tubuh adalah sebagian tren yang diikuti remaja. Dari tren gaya hidup yang berkembang tidak sedikit yang memunculkan perudungan bagi mereka yang tidak mengikuti atau tidak sesuai tren. Tindakan perundungan ini terkait dengan penampilan fisik seseorang atau lebih dikenal body shaming. Body shaming banyak menimpa remaja pada masa puberitas karena perbuahan fisik yang dialami. Perilaku body shaming tersebut menjadikan remaja tidak aman dan nyaman terhadap penampilan fisiknya Solusi yang ditawarkan pada permasalahan yang terjadi bagi peserta didik di SMPN 1 VII Sungai Sarik yaitu memberikan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan dalam rangka untuk mereduksi perilaku body shaming. Diharapkan ada pemahaman dan wawasan yang baru yang didapatkan melalui bimbingan kelompok dengan teknik play therapy.
PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMK PERSIAPAN PADANG TUALANG Daulay, Zulia Rifda; Nazah, Khairatun; Hermansyah, Hermansyah; Sujarwo, Sujarwo; Nasir, Miftah Faridh; Ginting, Berupilihen; Sondang, Sondang
Jurnal Pema Tarbiyah Vol 4, No 1 (2025)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/pema.v4i1.4641

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung kinerja dan kualitas lembaga pendidikan, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan tenaga pendidik serta staf administrasi di SMK Persiapan Padang Tualang dalam bidang manajemen SDM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi awal, penyusunan materi pelatihan, penyampaian materi secara interaktif, diskusi kelompok, serta evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap konsep dasar manajemen SDM, seperti perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, pelatihan, dan penilaian kinerja. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam praktik sehari-hari di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mendorong pengelolaan SDM yang lebih profesional di lembaga pendidikan vokasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6