cover
Contact Name
Ithafur Rahman
Contact Email
ithafurrahman@gmail.com
Phone
+6285641085006
Journal Mail Official
ithafurrahman@gmail.com
Editorial Address
Pulutan Lor RT 1 RW 2 Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah
ISSN : -     EISSN : 29886414     DOI : https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v1i1.10
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah merupakan jurnal ilmiah tentang pengkajian pengembangan bahasa dan sastra daerah di Indonesia. Jurnal ini bertujuan pemertahanan serta pengembangan bahasa dan sastra daerah yang dimiliki oleh etnis masyarakat di Indonesia. Fokus Vilvatikta adalah mempertahankan keberadaan bahasa dan sastra daerah di Indonesia, serta mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra pada masyarakat yang memilikinya. Skop kajian Vilvatika adalah kajian linguistik, sastra, filologi, dan pengajaran bahasa-sastra daerah di Indonesia. 1. Kajian Linguistik: Meliputi kajian tentang fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, ragam bahasa, dan sejarah bahasa daerah di Indonesia. 2. Kajian Sastra: Meliputi kajian tentang sastra (lisan dan nonlisan), teori sastra, dan metode penelitian sastra daerah di Indonesia 3. Kajian Filologi : Meliputi kajian tentang naskah dan teks daerah di Indonesia. (kodikologi dan paleografi) 4. Kajian Pengajaran Bahasa dan Sastra: Meliputi kajian tentang metode pengajaran bahasa sastra daerah, pengembangan media dan materi pembelajaran bahasa sastra daerah, evaluasi hasil pembelajaran bahasa sastra daerah di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023)" : 5 Documents clear
Stimulasi Nilai-Nilai Budaya Bahasa Jawa Melalui Program Javanes Day di TK Pertiwi Sowan Kidul Kabupaten Jepara Ika Puji Astuti; Dwiana Asih Wiranti
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/vilvatikta.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi nilai-nilai budaya bahasa jawa melalui program javanes day usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Sowan Kidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan sumber. Informan pada penelitian ini meliputi guru dan siswa selaku pelaksana program javanes day. Hasil penelitian ini adalah stimulasi nilai-nilai bahasa jawa dapat menumbuhkan sikap sopan santun dan karakteristik yang baik pada diri anak.
Implementasi Kegiatan Eksplorasi Sains Fisik pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Aspek Kemampuan Menyimak di Kelompok Bermain Semai Senenan Octaviya, Shella; Dwiana Asih Wiranti
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/vilvatikta.v1i2.57

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu anak berkebutuhan khusus di kelas B di KB Semai Senenan.  Hasil  dari  penelitian  ini  dapat  diketahui  bahwa  dalam  aspek  kemampuan menyimak pada anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik di kelompok bermain semai senenan dalam proses pelaksanaan kegiatannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Perkembangan menyimak anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik sudah berkembang sesuai harapan dan berjalan dengan efektif, selain   perkembangan bahasa, aspek perkembangan lain juga dapat dikembangkan melalui eksplorasi sains fisik yaitu aspek perkembangan kognitif, aspek perkembangan seni dan perkembangan motorik. Faktor pendukung  dari  implementasi  kegiatan  eksplorasi  sains  fisik  pada  anak  berkebutuhan khusus dalam aspek kemampuan menyimak di kelompok bermain semai senenan yaitu keahlian guru dalam mengajar, dukungan dari orang tua siswa dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat yaitu   tidak adanya guru spesialis anak berkebutuhan khusus, kekurangan media, konsentrasi anak yang kurang fokus, kurangnya pemahaman bahasa guru kepada anak berkebutuhan khusus.
Penggunaan Tingkatan Bahasa Madura dan Kaidahnya oleh Masyarakat Madura Di Probolinggo Anwari, Anwari; Eka Kurniawati
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/vilvatikta.v1i2.73

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan tingkat Bahasa Madura dan kaidahnya yang digunakan oleh penuturnya di Desa Kalidandan, Kec. Pakuniran, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pedekatan metode mendengarkan dan elistasi. Artinya, peneliti mendengarkan secara langsung dan mencatat penggunaan Bahasa Madura yang dituturkan oleh penuturnya. Selain itu, pengambilan data didukung oleh beberapa teknik, yaitu wawancara dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan berbahasa dalam Bahasa Madura yang digunakan oleh penuturnya di Desa Kalidandan, Kec. Pakuniran, Kab. Probolinggo memiliki tiga tingkatan, yaitu 1) Enje’ Iyeh; 2) Engghi Enten; dan 3) Engghi Bhunten. Enje’ Iyeh mengacu pada bahasa yang tidak sopan dan Engghi Enten mengacu pada bahasa yang sopan. Sedangkan Engghi Bhunten mengacu pada bahasa yang sangat sopan. Secara umum, pengguaan Enje’ Iyeh digunakan oleh orang yang lebih tua umurnya pada yang lebih muda, atau juga digunakan oleh orang yang seumuran atau sebaya. Engghi Enten merupakan tingkatan kedua yang tingkatnya sudah mulai diperhalus. Tingkatan ini juga digunakan oleh anak muda, anak pada orang tuanya, menantu pada mertuanya, suami-istri, anak muda pada yang lebih tua, dan hubungan keluarga. Engghi Bhunten merupakan tingkatan ketiga yang tingkatnya sangat sopan. Engghi Bhunten digunakan anak muda pada orang yang lebih tua, khususnya orang tua dan pemimpin desa atau keagamaan yang sangat dihargai keberadaannya, seperti Tokoh Masyarakat dan Kiai. Dalam tradisi Madura, Engghi Bhunten memiliki tingkatan sama dengan Kromo Inggil dalam Bahasa Jawa. Di samping itu, Bahasa Madura memiliki kaidah yang unik dalam segi pengucapan. Salah satunya ialah 1) Bahasa Madura tidak mengenal kata ganti orang ketiga; 2) Bahasa Madura memiliki bunyi aspirat dan non-aspirat; 3) Bahasa Madura tidak mengenal morfem lepas dan terikat; 4) Setiap verba yang berakhiran fonem (-a) merupakan tensis simple future; dan 5) Setiap verba yang didahului oleh fonem (e-) merupakan kalimat pasif untuk semua subjek, baik orang pertama, kedua, maupun orang ketiga.
Citra Perempuan Jawa dalam Serat Darmduhita Drajat Nahda Riyani
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/vilvatikta.v1i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupas Serat Darmaduhita pada aspek citra wanita Jawa yang tergambar di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian feminis dan metode yang digunakan adalah struktural. Subjek pada penelitian ini yaitu naskah Serat Darmaduhita. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, kemudian dicari dengan menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Serat Darmaduhita dilihat dari strukturnya berbentuk tembang dan berisi tentang nasihat raja kepada putrinya dalam hal pernikahan. Serat Darmaduhita dituliskan pada tanggal 7 Ruwah 1736 (tahun Jawa). Citra perempuan Jawa yang ditemukan dalam serat ini ada dua, yaitu citra psikis dan sosial. Adapun citra fisik tidak ditemukan dalam serat ini.
Wacana Tajuk pada Majalah Panjebar Semangat (Analisis Wacana Kritis) Lusiana
Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/vilvatikta.v1i2.83

Abstract

Wacana tajuk tentang pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada majalah Panjebar Semangat yang sarat akan pendapat dan sikap resmi suatu media dan sangat cocok untuk dikaji dengan menggunakan teori analisis wacana kritis. Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1)bagaimana struktur wacana tajuk,(2) ideologi apa saja yang terdapat dalam wacana tajuknya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi struktur wacana dan ideologi apa saja yang terdapat dalam wacana tajuk tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kritis dan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis konten dan partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wacana tajuk tersebut memiliki struktur wacana dengan menggunakan hampir semua aspek keutuhan wacana unsur kohesi dan koherensi. Adanya ideologi dalam wacana tajuk tersebut yakni ideologi politik, ideologi sosial, dan ideologi agamis, yang ditunjukkan melalui adanya keterkaitan antara wacana dengan ideologi itu sendiri maupun melalui adanya hubungan kekuasaan, atau melalui pembentukan dan pengubahan pengetahuan serta objek- objeknya, hubungan sosial dan identitas sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 5