cover
Contact Name
Yamin
Contact Email
prodiolahraga@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
prodiolahraga@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Bolo-Donggo, PGRI Bolo Kab. Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 28286413     EISSN : 28286251     DOI : 10.56842
Core Subject : Education, Social,
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): April 2022" : 7 Documents clear
THE EFFECT OF DRIBBLING EXERCISES WITH TOOLS AND DRIBBLING WITH OPPONENT AND THE EYE-FOOT COORDINATION ON INCREASING THE DRIBBLING SKILL OF EXTRCURRICULAR PARTICIPANTS Afif Rafiun; Muhammad Yamin
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to know: (1) the effect between Dribbling Exercises with tools and Dribbling with an opponent on increasing the dribbling skill of extracurricular participants. (2) the effect between the eye-foot coordination (high eye-foot coordination and low eye-foot coordination) on increasing the dribbling skill of extracurricular participants. (3) the interaction between Dribbling Exercises with tools and Dribbling Exercises with the opponent and the eye-foot coordination (high and low) on increasing the dribbling skill of football extracurricular participants of Bima regency. This research used an experimental method with a 2x2 factorial design. The result of data analysis showed that (1) there was a significantly different effect between dribbling exercises with tools and dribbling exercises with an opponent on increasing the dribbling skill of football extracurricular participants, which was proved from P= 0.000 ≤ 0.05. it was indicated that dribbling exercises with tools are better than dribbling exercises with an opponent. (2) there was a significantly different effect between high eye-foot coordination exercise and low eye-foot coordination exercise on increasing the dribbling skill of extracurricular participants, which was proved from P= 0.001 ≤ 0.05. it was indicated that high eye-foot coordination exercise was better than low eye-foot coordination exercise. (3) there was no significant interaction between dribbling exercise with (tooling and opponents) and eye-foot coordination exercise (high and low), it was proved from P= 0.000 ≤ 0.05.
“Bumi Rempah Nusantara Untuk Dunia: Rekonstruksi Dan Revitalisasi Jalur Rempah” Muhammad Yamin; F Firmansah; S Subhan; F Fadlin
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengupas kembali kekayaan sejarah bumi nusantara yang telah lapuh oleh perkembangan jaman tetapi memiliki nilai cita rasa untuk pembangunan bangsa Indonesia sampai saat ini. Sejarah nusatara tersebut telah terpikat oleh satu kesatuan yang utuh yang namanya kekayaan rempah. Dengan demikian tujuan dari tulisan ini akan mengagas kembali satu tema yang menarik yaitu “Bumi Rempah Nusantara Untuk Dunia: Rekonstruksi dan Revitalisasi Jalur Rempah” dari uraian tersebut dapat direalisasikan bahwa jalur rempah di Indonesia akan semakin maju menjadi salah satu aikon dunia jalur poros maritim untuk meningkatkan grafik ekonomi pembangunan bangsa Indonesia yang berkelanjutan serta  masyarakat lokal pada khususnya karena keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia dari berbagai latar belakang dan ciri khas yang berbeda akan menopang kearah pusat perdagangan nusantara terus dilirik oleh masyarakat dunia. Selanjutnya, desain yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan sosial, budaya dan ekonomi. Selanjutnya, Kajian yang di gunakan adalah literature dengan memilih beberapa rujukan buku, jurnal, google, dari berbagai sumber. Rujukan tersebut tidak melakukan plagiasi namun hanya sebatas telaah untuk mempertajam pisau analisis.
PENTINGNYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Imaduddin Saitya
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran ditentukan oleh kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai sebuah pembelajaran. Kualitas sebuah pembelajaran diawali dari sebuah perencanaan pembelajaran, merencanakan pembelajaran merupakan tugas guru. Peran guru sangatlah penting, guru sebagai ujung tombak dalam memfasilitasi siswa pada proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi siwa. Pendidikan Jasmani sebagai proses pembelajaran merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi sehat bugar secara jasmani dan memiliki karakter (jiwa sporttivitas) melalui berbagai macam aktifitas fisik gerak.  Pendidikan jasmani merupakan sebuah pendidikan melalui gerak sebagai media dalam mengembangkan potensi peserta didik harus direncanakan. Meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya melalui proses perencanaan yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari membuat rencana pelaksanaan pembelajaran  agar  pembelajaran terarah (sistematis). Rencana pelaksanaan pembelajaran memberikan manfaat sebagai pedoman dalam melaksakan sebuah pembelajaran untuk mencapai tujuan yang akan dicapai dengan menyusun rencana pembelajaran diupayakan dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan
Hubungan Antara Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash dalam Permainan Bola Volly M Muhadi; Imaduddin Saitya; Afif Rafiun
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam bermain bola voli para pemain masih kurang memiliki kemampuan dalam melakukan smash sehingga berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut. apakah ada hubungan daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan terhadap smash dalam permainan bola voli pada club himpunan mahasiswa monta Kabupaten Bima. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian adalah Ingin Mengetahui apakah ada hubungan daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan terhadap smash dalam permainan bola voli pada club himpunan mahasiswa monta Kabupaten Bima. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian korelasi product moment. Sampel penelitian ini adalah sebagian pemain club himpunan mahasiswa monta. dengan jumlah sample 25 pemain putra atau menggunakan tekhnik studi populasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah teknik analisisi korelasi ganda pada taraf signifikan 5% berdasarkan dari hasil analisis data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan terhadap smash dalam permainan bola voli pada club hiumpunan mahasiswa monta Kabupaten Bima, terbukti R-hitung = 0,0,042 (R-hitung= 0,042Rtabel=0,666).maka Dapat di simpulkan bahwa tidak ada hubungan daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan terhadap smash dalam permainan bola voli pada club himpunan mahasiswa monta Kabupaten Bima tahun 2022.
PENGARUH SENAM POCO-POCO TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 03 SILA Afif Rafiun; Muhammad Yamin
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam poco-poco terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN 3 Sila tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termaksud penelitian kuantitatif dengan menggunakan design penelitian the one group pretest –posttest design. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V SDN 3 Sila tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang. Untuk mengukur kesegaan jasmani siswa, maka penelitian ini menggunakan tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyrat normalitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan senam poco-poco terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V SDN 3 Sila tahun pelajaran 2014/2015, hasil ini dibuktikan dengan perbandingan hasil hitung pada uji t pada kelompok pre-test dan post-test sebesar 10,771 lebih besar dari t-table sebesar 1,729. 
OLAHRAGA TRADISIONAL TAPA GALA DALAM MENYATUKAN NILAI MULTIKULTURAL MASYARAKAT Muhammad Yamin; Randi Ardiansyah; I. Ikra; Afif Rafiun
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang di timbulkan akibat dari Olahraga Tradisional Tapa Gala Dalam Menyatukan Nilai Multikultural Masyarakat. Dengan tujuan bahwa permainan trasional Tapa Gala tersebut dapat memberikan nilai keharmonisan yang signifikan terhdapat masyarakat dari berbagai latar belakang dan ciri khas yang berbeda. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah kajian literature masyarakat peminat pecinta olahraga tradisional, dengan memilih beberpa artikel ilmiah, jurnal, buku, majalah, dan berita-berita local dari berbagai sumber. 
UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Imaduddin Saitya; Muhammad Yamin
PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Sifatnya mutlak dalam kehidupan, baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, maupun bangsa dan negara.Degradasi moral  melanda dunia pendidikan yang sebagian besar peserta didiknya adalah remaja dan generasi muda. Maju - mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan bangsa itu. pendidikan karakter sebagai proses belajar yang memungkinkan siswa dan orang dewasa untuk memahami, peduli, dan bertindak pada nilai etika inti, seperti rasa hormat, keadilan, kebijakan warga negara yang baik, dan bertanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain. Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan ketrampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial) dan pembiasan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang

Page 1 of 1 | Total Record : 7