cover
Contact Name
Tirsa Neyatri Bandrang
Contact Email
tneyatri.poltes@gmail.com
Phone
+6281394423356
Journal Mail Official
up2mpoltes@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani, Kuala Pembuang, Kab. Seruyan, Prov. Kalimantan Tengah, Indonesia
Location
Kab. seruyan,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal penelitian jalan dan Jembatan
Published by Politeknik Seruyan
ISSN : -     EISSN : 2809543X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan yang diterbitkan secara regulerpada bulan Juni dan September. Jurnal ini menghimpun para peneliti, dosen, mahasiswa dan praktisi untuk berkontribusi dalam penelitian ilmiah pada kompetensi jalan dan Jembatan. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para peneliti dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua artikel ilmiah yang diterbitkan melalui jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan dapat diakses untuk pembaca.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan" : 6 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHANAN RUANG PARKIR (STUDI KASUS PUSAT PERBELANJAAN MENTAYA ( PPM ) KOTA SAMPIT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH) Donny Dwy Judianto Leihitu MT.; Abdul Wahab
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.23

Abstract

Sampit adalah ibu kota kabupaten Kotawaringin Timur yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Pertumbuhan ekonomi di kota Sampit berkembang cukup baik. Salah satunya adalah dibangunnya Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) kota Sampit yang beralokasi di jalan Iskandar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perparkiran pada Pusat Perbelanjaan Mentaya yaitu karakteristik dan kebutuhan parkir agar penataan parkir masa mendatang akan lebih baik, selanjutnya sebagai acuan untuk penataan parkir pada masa mendatang dan diharapkan mampu memberi solusi tentang parkir di Pusat Perbelanjaan Mentaya kota Sampit. Adapun metode penelitian yaitu dengan pengambilan data primer dan data sekunder di Pusat Perbelanjaan Mentaya kota Sampit, kemudian perhitungan karakteristik parkir dan analisis data kebutuhan ruang parkir dengan metode regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian selama satu minggu di Pusat Perbelanjaan Mentaya Kota Sampit diperoleh karakteristik parkir untuk mobil yaitu, Volume Parkir sebesar 465 kendaraan, Akumulasi maksimum sebesar 123 kendaraan, Durasi maksimum sebesar 1.66 jam, Pergantian parkir maksimum sebesar 9.3 kend/petak/jam, Kapasitas maksimum sebesar 50 kend/jam, Penyedia Parkir maksimum sebesar 43 kendaraan, dan Indeks parkir maksimum sebesar 238%. Sedangkan Karakteristik parkir untuk sepeda motor yaitu volume parkir sebesar 3572 kendaraan, Akumulasi maksimum sebesar 1158 kendaraan, Durasi maksimum sebesar 1.50 jam, Pergantian parkir maksimum sebesar 4.89 kend/petak/jam, Kapasitas parkir maksimum sebesar 727 kend/jam, Penyedia parkir maksimum sebesar 618 kendaraan, dan Indeks parkir maksimum sebesar 158.63%. Untuk analisa kebutuhan diperoleh: Akumulasi parkir maksimum untuk Mobil sebesar 123 kendaraan, Jumlah Petak parkir yang tersedia sebanyak 50 petak, sehingga kapasitas parkir yang tersedia tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang parkir. Akumulasi maksimum untuk sepeda motor sebesar 1158 kendaraan, jumlah petak saat ini sebanyak 730 petak sehingga kapasitas parkir yang tersedia tidak dapat menampung kendaraan. Prediksi jumlah kendaraan mobil pada tahun 2025 atau 5 tahun mendatang sebesar 142 kend/jam dan pada tahun 2030 atau 10 tahun mendatang sebesar 265 kend/jam sudah tidak dapat menampung kendaraan yang parkir. Prediksi jumlah akumulasi sepeda motor pada tahun 2025 atau 5 tahun mendatang sebesar 849 kend/jam sudah tidak dapat menampung kendaraan sedangkan pada tahun 2030 atau 10 tahun mendatang sebesar 1631 kend/jam sudah tidak dapat mampu menampung kendaraan yang parkir di area tersebut Dari hasil analisis maka pihak pengelola parkir perlu mempertimbangkan adanya perubahan pada pola parkir 90º dan 60º menjadi pola parkir 45º agar mampu menampung kendaraan lebih banyak.
Analisis Harga Satuan Pekerjaan Dengan Metode BOW, SNI dan Lapangan (Pekerjaan Pembangunan di Desa dengan Dana Desa Pekerjaan Semenisasi Jalan Desa) Ridwan MT.
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.57

Abstract

Rancangan Anggaran Biaya (RAB) memegang peranan penting dalam penyelenggaraan proyek. Ada beberapafaktor yang mempengaruhi perencanaan anggaran biaya suatu bangunan yaitu faktor teknis dan non-teknis.Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui Estimasi Anggaran biaya per meter kubik rabat beton semenisasijalan dengan metoda BOW, SNI dan Lapangan, Mengetahui perbandingan persentase estimasi anggaran biaya,Mengetahui hasil estimasi anggaran biaya yang lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian denganpendekatan rasionalistik dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan dataadalah memperoleh data pada sumber data yang telah ditentukan. Dari hasil perhitungan pada pembahasanAnalisis Harga Satuan Pekerjaan Dengan Metode BOW, SNI dan Lapangan, diperoleh kesimpulan sebagaiberikut: (1) Perhitungan estimasi biaya per meter kubik rabat beton semenisasi jalan dengan menggunakanmetode Lapangan adalah sebesar Rp. 2,306,048.75 dan metode SNI adalah sebesar Rp. 1,482,376.50 sertametode BOW adalah sebesar Rp. 1,474,021.56 (2) Perbandingan estimasi anggaran biaya antara metode BOWdan SNI , SNI lebih mahal 0,56%, sedangkan metode Lapangan dengan metode SNI 35,72 % lebih mahal. (3)Dari hasil perhitungan ketiga metode, hasil estimasi dengan metode BOW merupakan yang paling ekonomisdibandingkan dengan metode Lapangan dan metode SNI.
ANALISIS KOMPOSISI BETON K175 BERDASARKAN VARIASI AMPURAN PEMBENTUK BETON (FORMULA MENGGUNAKAN SOFTWARE MIROSOFT EEL) Lilis Indriani; Aripin ST
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.24

Abstract

Alat bantu analisis dan perhitungan komposisi beton K-175 berdasarkan variasi campuran pembentuk beton yang lazim digunakan saat ini oleh para peneliti umumnya adalah dengan menggunakan cara perhitungan manual berdasarkan rumus-rumus yang ada di buku. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, yang relatif sangat mudah digunakan, maka adanya aplikasi excel untuk perhitungan komposisi beton K-175 berdasarkan variasi campuran pembentuk beton yang dapat dibuat dalam computer akan sangat membantu seorang peneliti dalam melakukan perhitungan komposisi beton. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam perhitungan komposisi beton K-175 berdasarkan variasi campuran pembentuk beton dengan menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Excel. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan variasi campuran pembentuk beton yang berbeda-beda. Agregat halus terdiri dari pasir Sei Bakau, pasir Sei Gumpung, pasir Sei Sembuluhdan pasir Sei Seruyan.Agregat kasar yang digunakan berupa batu merak dan batu Gadur.Kemudian bahan tambah yang digunakan berupa abu sekam padi, abu cangkang kelapa sawit, kotoran sapi, bubuk cangkang telur dan serbuk kaca/beling.Jumlah variasi campuran beton adalah 40 variasi. Hasil perhitungan komposisi beton menggunakan Microsof Excel dan juga secara manual mendapatkan hasil yang sama dengan persentase perbedaan rata-rata 0,0000 %. Dengan formula Microsoft Excel dapat dihasilkan komposisi campuran beton K-175 yang baru berdasarkan variasi campuran pembentuk beton.
Karakteristik Pemilihan Moda di Kota Manado Dengan Metode Multinomial Logit Semuel Y. R. Rompis
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.25

Abstract

Pemilihan moda merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan dan pemodelan transportasi. Model pemilihan moda yang sensitif terhadap atribut-atribut perjalanan yang mempengaruhi individu sangat diperlukan. Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi, seperti karakteristik sosio ekonomi pelaku perjalanan dipengaruhi oleh pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan dalam menentukan pilihan penggunaan transportasi kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan, mengetahui variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi dan membandingkan probabilitas berdasarkan gender pada setiap moda antara mikrolet, taxi online dan kendaraan pribadi dengan atribut-atribut seperti biaya perjalanan, biaya parkir, jarak jalan kaki, waktu tunggu, waktu tempuh, waktu jalan kaki, kenyamanan dan keamanan. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan model multinomial logit. Analisis pemilihan moda dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 600 responden berisi karakteristik pelaku perjalanan, dengan atribut yang ada pada tiap moda transportasi mikrolet, taxi online dan kendaraan pribadi. Analisa regresi berganda diperoleh bahwa variabel yang mempengaruhi responden dalam memilih moda transportasi yaitu variabel keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan moda. Dalam hasil menunjukan bawah pria dan wanita lebih cenderung memilih moda transportasi Kendaraan Pribadi daripada taksi online dan angkot, hal ini ditunjukkan dengan setiap bertambahnya isu keamanan maka minat untuk menggunakan kendaraan pribadi pada pria dan wanita menurun. Pemodelan dilakukan menggunakan model multinomial logit didapat variabel yang dominan memberi pengaruh adalah variabel Keamanan membuat responden untuk memilih moda yang akan digunakan dalam melakukan antivitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa probabilitas pemilihan moda secara keseluruhan atau umum moda transportasi kendaaran pribadi memiliki probabilitas paling tinggi yaitu sebesar 0,39. Probabilitas berdasarkan gender memperoleh hasil untuk pria sebesar 0,39 memilih kendaraan pribadi dan wanita memilih moda transportasi kendaraan pribadi dengan nilai probabilitas sebesar 0,46. Hasil dari regresi yang diperoleh, telah memenuhi syarat, sehingga seluruh variabel bebas bersama–sama berpengaruh terhadap variabel terikat.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH (Studi kasus DI Perumahan Wijaya Indah Residence, Kuala Pembuang) Ridwan MT.; Glory Himatniyati
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.26

Abstract

Perumahan adalah sekelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana lingkungan. Dengan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, kelancaran kerja, atau pemenuhan kebutuhan lainnya sehingga memberikan kepuasan bagi penghuninya. Rasa puas dan tidaknya penghuni terhadap lingkungan yang ditempati akan terasa setelah menetap untuk beberapa waktu dan mengetahui keadaan tempat tinggalnya.   Skripsi ini disusun untuk mengetahui besarnya tingkat kepuasan penghuni bertempat tinggal di perumahan tersebut. Manfaat yang didapat dengan adanya penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan pembangunan proyek perumahan dengan memperhatikan faktor-faktor yang diinginkan konsumen. Selain itu dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi peneliti dan pembaca tugas akhir ini.  Penelitian ini menggunakan analisis indeks dan peehitungan uji validitas dan reliabilitas dengan program IBM SPSS Statistics Versi 24.0. populasi dalam penelitian ini ada penghuni perumahan Wijaya Indah Resdence, Kuala Pembuang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 35 responden dengan metode Propotional Random Sampling.  Berdasarkan analisis yang telah digunakan, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan data kuesioner ke uji Validitas dan Relibilitas. Pengujian tersebut valid reliabel. Hal ini berarti variabel harga, lokasi bangunan dan lingkungan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
MASTER PLAN KAMPUS POLITEKNIK SERUYAN Budi Tjahjono S.Si, MT.; Rafli Yono
Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Seruyan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59900/ptrkjj.v1i1.29

Abstract

Kampus Politeknik Seruyan adalah kampus yang akan dibangun di kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. Dimana akan didirikan di atas lahan seluas 1.84 Ha. Agar ketika awal pelaksanaan pembangunan kampus dan juga untuk pembangunan selanjutnya dapat terarah, maka dari itu diperlukanlah sebuah master plan. Master plan merupakan sebuah kerangka dari semua rencana pembangunan gedung serta infrastruktur yang sudah terencana secara menyeluruh sehingga hal tersebut dapat mempermudah dalam pelaksanaan pembangunan serta pengembangan kawasan kampus selanjutnya. Dalam penelitian ini akan diteliti mengenai apakah Master Plan Kampus Politeknik Seruyan yang pernah dibuat sudah memenuhi ketentuan standar, baik untuk luas bangunan serta kebutuhan akan ruangan. Dan apakah untuk 10 tahun kedepan lahan seluas 1.84 Ha masih mencukupi untuk kebutuhan lahan, jika kemungkinan nantinya ada peningkatan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian Master Plan Kampus Politeknik Seruyan diketahui bahwa adanya desain yang masih belum menyeluruh, sehingga hal tersebut belum diketahui arah pembangunannya. Dan hasil dari pengembangan rancangan Master Plan Kampus Politeknik Seruyan untuk 10 tahun kedepan, dengan luas lahan 1.84 Ha tidak mencukupi untuk kebutuhan lahan apabila adanya peningkatan sarana dan prasaranan. Hal tersebut dikarenakan dalam rencana program fasilitas untuk tiga program studi sudah mengacu pada syarat ketentuan dalam rencana pembangunan sarana dan prasarana perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6