cover
Contact Name
Fiqra
Contact Email
jurnal.attahalli@uniga.ac.id
Phone
+6282126005480
Journal Mail Official
jurnal.attahalli@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang Jl. Hampor No.52A, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 28282337     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i2
Core Subject : Religion, Education,
Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ini sebagai berikut: 1. Metode dan model pembelajaran Interaktif 2. Pendidikan Karakter 3. Moderasi Beragama 4. Isu Terkini Sekitar Pendidikan Agama Islam 5. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 6. Teks Suci dalam Agama 7. Keragaman Etnis Budaya, Sosial dan Tradisi keagamaan 8. Studi Wawasan dan Globalisasi 9. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi 10. Manajemen Pendidikan Islam
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam" : 5 Documents clear
MODEL BISNIS ALUMNI PONDOK PESANTREN Hari Setiadi
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v2i1.2933

Abstract

This paper aims to Pondok Pesantren is a traditional educational institution in Indonesia which has an important role in shaping the character and giving religious education to the students (students). Apart from giving religious education, Islamic boarding schools also have great potential for produce alumni who have diverse expertise and skills. This business model provides benefits to alumni in terms of economic independence, job creation, self-empowerment, dissemination of values and religious education, as well as community development and social empowerment. The alumni can develop a business that incorporates the principles of ethics, justice and social responsibility, thereby encouraging sustainable economic growth and improving the welfare of the surrounding community. However, there are challenges that need to be faced in implementing this business model, such as market competition, careful financial management, and fulfilling market needs that continue to grow. Therefore, an effective development strategy, collaboration with stakeholders, and empowering alumni are essential for business success and wider positive impact. Overall, the Islamic boarding school alumni business model is an innovative approach that combines religious values, education, and economic empowerment
Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Penelitian Eksperimen di Kelas X MAN 2 Garut) Rifha Asyilia Fadillah; Jafar Amirudin
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v2i1.2823

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Muhammad Fikri Gunawan; Masrifah Masrifah; Yufi Nasrullah
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v2i1.2838

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah yang di alami oleh para peserta didik di kelas VIII MTs Al-Musaddadiyah Garut yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM khususnya pada Mata Pelajaran Fiqih. Maka dari itu di adakannya penelitian ini tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Al-Musaddadiyah Garut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif eksperimen. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan angket. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswayang signifikan dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol, dapat dilihat dari data hasil observasi guru yang presentasenya 80,00% dan siswa 84,15% yang terinterpretasi baik sekali dan dari hasil data pretest dan postest baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 67,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yairu 77,00. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw rata-rata pada kelas eksperimen meningkat yaitu 89,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah 80,00. Dari hasil pretest ke hasil posttest kelas eksperimen terdapat peningkatan sebanyak 33% dan posttest kelas kontrol hanya mengalami peningkatan 15%.
Analisis Metode Picture and Picture dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Nur Aisyah; Ijudin Ijudin; Chica Marliyana; Wanti Nurlaeni
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v2i1.2889

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis metode picture and picture dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam. Analisis literatur ini melibatkan empat langkah utama. Langkah pertama adalah memilih topik yang akan dipelajari. Setelah itu, langkah kedua melibatkan mencari dan memilih artikel yang relevan dengan topik tersebut. Langkah ketiga adalah menganalisis dan mensintesis literatur yang telah terpilih. Langkah keempat adalah mengatur tulisan. Hasil kajian literatur dan analisisnya menunjukkan bahwa pendekatan picture and picture memainkan peran yang sangat penting dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dengan menggunakan metode Picture and Picture, diharapkan siswa lebih aktif, kreatif, dan antusias saat belajar. Ini akan membantu guru mencapai tujuan pembelajaran mereka. Metode picture and picture seharusnya menjadi dasar pembelajaran yang penting, terutama dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam. Karena dengan adanya metode picture and picture dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok, dan menggunakan kreativitas mereka untuk membuat gambar-gambar tersebut.  
Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam salma karomah; Nenden Munawaroh; Ane Haerani
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v2i1.2896

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kajian Pustaka atau Literature Review yaitu suatu penelusuran atau studi kepustakaan dengan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lain. Berdasarkan hasil analisis dalam pembahasan artikel ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dalam proses pembelajaran sangat mendukung pendidik dan peserta didik. Hal ini karena metode merupakan sistematisasi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dicapai. Dengan menggunakan metode pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar, karena dengan metode materi pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil Kajian Pustaka atau Literature Review dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat diaplikasikan pada proses belajar mengajar di kelas pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan yang disesuaikan dengan materi ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Oleh karena itu, penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan, hasil belajar, prestasi belajar sehingga peserta didik dapat mencapai keberhasilan belajar.Kata kunci: metode, role playing, sejarah kebudayaan Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 5