cover
Contact Name
Muh. Arafah
Contact Email
jurnalibfperbankan@gmail.com
Phone
+6285255658626
Journal Mail Official
islamicbanking@iain-bone.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Bone Polewali Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone Provinsi Sulawesi Selatan 92721
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Islamic Banking and Finance
ISSN : 28284402     EISSN : 29639034     DOI : https://doi.org/10.30863/ibf
Core Subject : Economy,
Journal IBF (Islamic Banking and Finance) is a scientific journal managed by Islamic banking, the Bone State Islamic Institute of Religion. This journal focuses on major studies in Islamic Finance, Islamic Banking, finance, Islamic Financial Technology, Islamic Accounting and relevant fields of science.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2024)" : 5 Documents clear
Implementasi Kepatuhan Syariah terhadap Produk-produk Baitul Mal Wat Tamwil An-Nahdliyyin Gunung Lerang Mastura, Emy; Farida, Ida
Islamic Banking and Finance Vol. 4 No. 1 (2024)
Publisher : Faculty of Islamic Economics and Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v4i1.5492

Abstract

The objectives of this research are (1) To find out the types of products offered by BMT Nahdliyin Gunung Lerang, (2) To find out the implementation of sharia compliance in BMT Nahdliyin Gunung Lerang products. This research uses a qualitative approach, the data collection techniques used are observation and interviews. The subjects of this research are the administrators and members of BMT Nahdliyin Gunung Lerang, the research objects are the products at BMT Nahdliyin Gunung Lerang. The data analysis techniques in this research are data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that: (1) The types of products offered by BMT Nahdliyin Gunung Lerang are, Baitul Ma'al Products: Santri Savings, Short Term Financing and Long Term Financing. Then Baitul Tamwil Products: Livestock and Agriculture, (2) Implementation of sharia compliance for BMT Nahdliyin Gunung Lerang products that meet sharia compliance. Based on the first product, namely student savings using a wadiah or deposit agreement which is in accordance with sharia principles. Then short-term and long-term financing products use a qardh contract which refers to providing loans without any additional rewards or benefits. Furthermore, livestock products use a musyarakah agreement, namely cooperation and joint participation between BMT Nahdliyin and investors. Then agricultural products consisting of chilies, eggplant, bananas and sweet potatoes use a mudharabah contract, which is a form of cooperation between capital owners (shahibul maal) and capital managers (mudharib) in certain projects.
Strategi Personal Branding dalam Meningkatkan Minat Nasabah PT. Pegadaian Cab. Bone Kalsum, Ummy; Fitriani, Fitriani
Islamic Banking and Finance Vol. 4 No. 1 (2024)
Publisher : Faculty of Islamic Economics and Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v4i1.5495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi personal branding, faktor yang menjadi hambatan dalam dalam personal branding, dan strategi personal branding yang digunakan dalam meningkatkan minat nasabah PT. Pegadaian (persero) Cab. Watampone. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mewawancarai beberapa narasumber. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi personal branding telah dilaksanakan dengan baik, dimana pegawai memiliki karakter yang kuat dalam pekerjaannya, seperti kecepatan dalam bekerja, komunikasi yang baik, penampilan yang rapi, bekerja dengan tepat waktu, transparansi, melayani nasabah dengan ramah serta bekerja dengan ikhlas. Terdapat beberapa faktor hambatan dalam implementasi personal branding yaitu adanya rasa tidak percaya diri, kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik dan persaingan yang ketat. Adapun strategi personal branding yang dilakukan adalah dengan melakukan briefing, pelatihan, konsisten, promosi, dan pendekatan dengan nasabah.
Pengaruh Literasi Produk Terhadap Keputusan Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Rahmat, Arya; Yamin, Muhammad
Islamic Banking and Finance Vol. 4 No. 1 (2024)
Publisher : Faculty of Islamic Economics and Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v4i1.5496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi produk bank syariah terhadap keputusan masyarakat dalam menabung di BSI Cabang Bone. Menggunakan metode survei dengan desain cross-sectional, penelitian ini mengumpulkan data dari responden pada satu titik waktu tertentu, sehingga efisien dalam hal waktu dan biaya. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, fokus pada masyarakat sekitar BSI Cabang Bone. Populasi penelitian adalah masyarakat Bone yang potensial menjadi nasabah Bank BSI, dengan sampel sebanyak 120 responden yang diambil secara acak sederhana dari populasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara literasi produk Bank Syariah dan keputusan menabung masyarakat di BSI Cabang Bone. Literasi produk Bank Syariah memainkan peran penting dalam keputusan menabung, meskipun hanya sekitar 24,6% variasi dalam keputusan menabung yang dapat dijelaskan oleh variabel ini. Indikasi hubungan linear antara literasi produk dan keputusan menabung memberikan gambaran tentang kompleksitas hubungan antar variabel yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan strategi literasi keuangan. Penelitian ini memberikan kontribusi berarti dalam pemahaman literasi keuangan dan perilaku menabung masyarakat di konteks perbankan syariah.  Selain itu, perlunya pengembangan program literasi keuangan yang lebih terarah dan efektif di BSI Cabang Bone, serta memberikan wawasan bagi lembaga keuangan dan regulator untuk meningkatkan layanan perbankan syariah
Literasi Akad Salam Terhadap Minat Beli Gen-Z via E-Commerce di Kab. Bone Muthmainnah, Titiek; Novianty, Rina; Jumarni, Jumarni
Islamic Banking and Finance Vol. 4 No. 1 (2024)
Publisher : Faculty of Islamic Economics and Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v4i1.5499

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Literasi Akad Salam terhadap Minat Beli Via E-commerce Studi Generasi Z Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada responden secara online dan offline di lima kecamatan yaitu Cina, Tellu Siattinge, Tenete Riattang, Tenete Riattang Timur, dan Tenete Riattang Barat. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat literasi akad salam terhadap minat beli mempunyai koefisien regresi  positif sebesar 0,595 yang menunjukkan bahwa minat beli meningkat dengan literasi akad salam. Nilai signifikansi dibandingkan dengan tingkat kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hipotesis (H1) yang digunakan dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak.  Literasi akad salam memiliki dampak yang signifikan terhadap keinginan untuk membeli barang melalui internet pada pengujian determinasi menunjukkan bahwa variabel X memberikan pengaruh sebesar 63,3% terhadap minat beli, dan faktor-faktor tambahan sebesar 36,7% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas atau disebutkan dalam penelitian ini.
The Influence of Religious, Social Environment, and Motivation on Savings Decision Pratama, Alief Mas; Utami, Sari
Islamic Banking and Finance Vol. 4 No. 1 (2024)
Publisher : Faculty of Islamic Economics and Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/ibf.v4i1.5490

Abstract

Sharia aspects have become an important topic that determines people's decisions, including in the financial sector. The aim of this research is to partially determine the influence of religiosity, social environment, and motivation on the decision to save at a sharia bank. This research uses a quantitative approach, the data collection method used is a questionnaire. The population in this study were sharia bank customers in Bone Regency. The number of samples used was 100 samples. The data that has been collected will go through the stages of validity testing, reliability testing, classical assumption testing, and hypothesis testing. Data processing was carried out with the help of SPSS analysis tools. The results of the research show that religiosity has a positive and significant effect on the decision to save in sharia banks with a t value of 7.241 > t table 1.660, the social environment has no effect on the decision to save in sharia banks with a t value of -0.672 < t table 1.660, and motivation has a positive effect and significant for the decision to save in Islamic banks with a t value of 5.643 > t table 1.660.

Page 1 of 1 | Total Record : 5