cover
Contact Name
Alil Rinenggo
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
-
Journal Mail Official
karim@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Jl. Tentara Pelajar No. 13 Ungaran - 50514 Telp. (024) 76911929, Fax. (024) 6923180 Email: waspada.fkip@undaris.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 25802267     EISSN : 27220435     DOI : 10.61689
Core Subject : Education,
WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ini
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): WASPADA" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA PESERTA DIDIK KELAS V SPF SDN PRINGAPUS 03 Santoso, Teguh
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.141

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SPF SD Negeri Pringapus 03. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar PPKn menggunakan model active learning tipe role reversal question. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan tanggal 3 Mei 2019 sampai 9 Mei 2019 di SPF SD Negeri Pringapus 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes untuk mengukur hasil belajar PPKn, sedangkan non tes untuk mengukur keterampilan guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk mengolah hasil belajar dan analisis kualitatif untuk mengolah data keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar PPKn, Hasil belajar pada Siklus I yang memenuhi KKM sebanyak 33 peserta didik (82,5%) dan siklus II peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 38 peserta didik (95%) sehingga terjadi peningakatan 12,5%. Hal tersebut diikuti peningkatan keterampilan guru, pada siklus I memeroleh nilai 92,3 dengan berperingkat amat baik (A), dan pada siklus II memeroleh nilai 100 dengan berperingkat amat baik (A). Diikuti pula peningkatan nilai klasikal peserta didik, pada siklus I memeroleh 90% dan siklus II memeroleh 100%, sehingga terjadi peningkatan 10%.
UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UNDARIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS Nimas Puspitasari
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.142

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep dasar IPS PGSD UNDARIS dengan  menerapkan pembelajaran Problem Base Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart dengan alur perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II . Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui, observasi, dan tes. Hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I mencapai nilai tuntas secara klasikal dengan presentase 75%, dengan jumlah nilai tuntas sebanyak 9 mahasiswa, nilai tidak tuntas sebanyak 3 mahasiswa dengan nilai rata- rata 78,4. Pada siklus II nilai tuntas mahasiswa secara klasikal dengan presentase 92% dengan nilai tuntas sebanyak 11 mahasiswa, tidak tuntas sebanyak 1 mahasiswa, dengan nilai rata- rata 78,4% dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) Klasikal yang sudah di tetapkan sebesar 75%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 17%. Penerapan pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I    mencapai nilai 23 atau 82%, sedangkan pada siklus II mencapai nilai 26 atau 93% dengan peningkatan sebesar 11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapkan pembelajaran Problem Base Learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPS.
PENGGUNAAN MEDIA “ALGA MAJI” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HAJI DAN UMRAH KELAS IX A SMP NEGERI 4 GANTUNG Heriyanto, Heriyanto
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.138

Abstract

Tujuan inovasi pembelajaran ini adalah untuk mewujudkan pembelajaran abad 21 dan era revolusi industri 4.0 yaitu berfikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi efektif, dan kreatifitas dalam pembelajaran dan membentuk karakter peserta didik, serta meningkatkan pemahaman dan hasil belajar pada materi Haji dan Umrah kelas IX A SMP Negeri 4 Gantung Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan hasil angket dari peserta didik dan observasi langsung yang dilakukan oleh guru, serta hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, penggunaan media “Alga Maji” dan Video Haji pada materi haji pada kelas IX A diperoleh hasil yaitu pembelajaran dengan penggunaan alat peraga “Alga Maji” dan Video Haji dapat menciptakan pembelajaran abad 21 dan era revolusi 4.0 yaitu berfikir kritis dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah, dalam menjabarkan dan menjelaskan tata urutan pelaksanaan ibadah haji. Selain itu penggunaan media “Alga Maji” dan Video Haji juga membentuk karakter berani dan percaya diri peserta didik tampil di depan kelas ketika mempresentasikan pelaksanaan ibadah haji serta bertanggung jawab dan amanah ketika mendapatkan tugas. Penggunaan media alat peraga manasik haji “Alga Maji”dan Video Haji dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terbukti dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan belajar 100%. Hal ini didukung dengan menggunakan media “Alga Maji”dan Video Haji.
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENNGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PGSD FKIP UNDARIS DI SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN TIMUR TAHUN AKADEMIK 2018/2019 Winarti, Puji
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.151

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu berhasil tidaknya pendidikan mencapai tujuan selalu dihubungkan dengan kiprah para guru. Prodi PGSD FKIP UNDARIS sebagai salah satu lembaga pendidikan yang membuka program studi kependidikan sangat berperan penting dalam mencetak guru yang berkompeten. Salah satu cara yang digunakan Prodi PGSD FKIP UNDARIS untuk mencetak guru yang professional adalah dengan memberikan suatu mata kuliah yang bersifat praktik mengajar dan khusus untuk mahasiswa kependidikan yang dinamakan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019. Populasi penelitian  deskriptif kuantitatif ini adalah seluruh guru kelas SD yang digunakan untuk praktik PPL mahasiswa PGSD Undaris yang berjumlah 12 guru pamong.  Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogis, sosial, kepribadian dan professional mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019 berada pada kategori Baik.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI KEBIASAAN MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR Yanti, Rosmalah
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.139

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fakta bahwa siswa yang telah dibiasakan membaca, memiliki motivasi belajar, dan prestasi belajar yang baik ternyata kemampuan literasi sainsnya masih rendah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Metode penelitian ini Ex Post Facto dengan variabel kebiasaan membaca, motivasi belajar, prestasi belajar, dan kemampuan literasi sains. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sejumlah 193 siswa dengan sampel 112 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kebiasaan membaca dan motivasi belajar serta soal kemampuan literasi sains yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Kebiasaan membaca berpengaruh secara langsung sebesar 0,16% terhadap motivasi belajar, 9,67% terhadap prestasi belajar, dan 3,6% terhadap kemampuan literasi sains. Kebiasaan membaca dan motivasi belajar memberikan pengaruh langsung sebesar 1,58% terhadap prestasi belajar, dan prestasi belajar terhadap kemampuan literasi sains sebesar 7,12%. Selain pengaruh langsung, kebiasaan membaca berpengaruh sebesar 0,50% terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, serta berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains melalui motivasi belajar sebesar 0,13%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains secara dominan dipengaruhi oleh kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi belajar. Namun, motivasi belajar tidak mempengaruhi kemampuan literasi sains. Saran yang diberikan adalah agar siswa dilatih dan dibiasakan mengerjakan soal-soal yang menguji kemampuan literasi sains.
PENGARUH GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR Sri Legowo, Yogi Ageng
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.152

Abstract

Penelitian tentang gender akan selalu menjadi bahasan yang menarik untuk dikaji. Terutama jika dikaitkan dengan kemampuan mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan salah satu kajian tersebut yang bertujuan untuk melihat pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan di sekolah dasar. Hal ini juga dapat berarti bahwa tidak ada pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di sekolah dasar
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PADA DABIN 1 KORWILCAM BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUMOWONO Sarjono, Sarjono
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 7, No 1 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v7i1.140

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Sebagian besar guru mengalami kesulitan menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 karena pada tahun pelajaran sebelumnya masih menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2006. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan Supervisi Akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Penelitian dilaksanakan di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono, dengan populasi guru kelas VI yang berjumlah 13 orang. Dipilih 6 orang guru sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Amalsis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai kompetensi pedagogik guru pada siklus I adalah sebesar 73,3. Nilai ini meningkat dari hasil nilai pra penelitian yang hanya sebesar 62,5. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai kompetensi pedagogik guru sebesar 80,7. Dapat diketahui bahwa nilai kompetensi pedagogik guru selalu mengalami peningkatan setelah dilaksanakan Supervisi Akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Supervisi Akademik efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 7