cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS" : 5 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN METODE BERCERITA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI Alawiyah, Al; Tisnawati, Nina; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v1i2.3466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode bercerita terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Sampel ditentukan secara sampling random, dengan jumlah sampel 36 siswa TK ABA Semanggi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan dengan bantuan Microsoft excel versi 14(32-bit). Hasil analisa data menggunakan rxy diperoleh nilai 0,895 pada tabel db sebesar 34, maka diperoleh pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,339 sedangkan pada taraf signifikasi 1% sebersar 0,436. Dengan demikian diterima dan ditolak yang berarti terdapat hubungan metode bercerita terhadap konsentrasi belajar anak usia dini di TK ABA Semanggi Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah.
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI Triani, Ani; Noormawanti, Noormawanti; Tisnawati, Nina
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v1i2.3467

Abstract

Menanamkan nilai-nilai Islami dapat mengajarkan anak dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi. Metode bercerita sangat baik dan sangat disukai oleh jiwa anak-anak karena manusia memiliki pengaruh yang sangat baik untuk dapat menarik perhatian anak. Pembelajaran dengan metode bercerita menjadi solusi untuk dapat menanamkan nilai-nilai Islami pada diri anak usia dini. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Islami metode bercerita pada anak usia dini di TK ABA Kalirejo Lampung Tengah. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Islami melalui metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan historis. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak usia dini pada tingkat B di TK ABA Kalirejo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara, observasi, dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam penggunaan metode bercerita dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak berkembang sesuai harapan (BSH). Penggunaan metode bercerita memudahkan guru dalam penyampaikan materi di kelompok B TK ABA Kalirejo. Dilakukan dengan meneladani tentang kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Muhammad SAW. Dibalik keberhasilan metode bercerita ada faktor pendukung dan penghambatnya dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Penggunaan metode bercerita merupakan pilihan yang tepat agar siswa mudah mengingat, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan nilai-nilai Islami.
UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN KERTAS WARNA Rahayu, Nila Kurnia; Noormawanti, Noormawanti; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v1i2.3468

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap perkembangan motorik halus anak yang masih kurang berkembang. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang menarik. Kegiatan kolase menggunakan kertas warna menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu, 1)Untuk mengetahui upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna dan 2)Mengetahui hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna kelompok B 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Sridadi Kalirejo Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan 20 siswa TK Aisyiyah Sridadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) Upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna, guru menggunakan metode terbaru dengan cara kertas warna digunting kemudian digulung menggunakan gunting lalu ditempel pada gambar yang disediakan. Jika sebelumnya guru menggunakan cara yang kurang menarik untuk siswa yaitu, kertas warna dirobek menjadi bagian kecil kemudian ditempel. 2) hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna kelompok B 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Sridadi Kalirejo Lampung Tengah, setelah penulis melakukan penelitian, 10 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 8 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak Mulai Berkembang (MB). dengan indikator pencapaian siswa mampu menggunting kertas sesuai pola, menempel gambar dengan tepat dan memiliki ide kreatif.
PENGGUNAAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENGHAFAL ASMAUL HUSNA ANAK USIA DINI Retnowati, Yeni; Noormawanti, Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v1i2.3469

Abstract

Islam merupakan agama yang menuntut para pemeluknya mampu merealisasikan berbagai ajaran Islam dalam bentuk amal nyata yaitu berupa amal shaleh yang diridhai Allah SWT. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna dipilih sebagai sarana untuk membantu dalam penyampaian materi dan meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna pada anak usia dini di TK Budi Utomo serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna di TK Budi Utomo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Budi Utomo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan dalam penggunaan metode gerak dan lagu dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna memudahkan guru dalam penyampaian materi. Dilakukan secara bertahap, dan secara konsisten. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna yang diterapkan di TK Budi Utomo dan dapat meningkatkan kemampuan menghafal pada anak.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECEDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN PERMAIANAN TRADISIONAL KENTONGAN Rahmayanti, Zulfa; Marlisa, Lusi; Tisnawati, Nina
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 1 No. 2 (2022): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v1i2.3470

Abstract

Kecerdasan Musikal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengingat rangkaian nada dan irama serta mengekspresikannya melalui aktivitas musik. Penelitian ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap perkembangan kecerdasan musikal anak yang masih kurang berkembang. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan terbatas dan kurang menarik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa di TK Al Wustho Kaliwungu. Alat pengumpul data yang digunakan dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini. 1)Guru tidak hanya menggunakan permainan tradisional kentongan saja akan tetapi guru dapat menggabungkan permainan kentongan tersebut dengan alat musik perkusi yang lain, seperti panci, kentongan, sendok sehingga akan membentuk suatu kesatuan irama dan nada 2)Guru lebih kreatif dan inovatif sehingga anak tidak merasa bosan dan anak akan berminat untuk memainkan alat musik, guru menggunakan tema alat komunikasi tradisional yang sudah diterapkan dalam sekolah tersebut. 3)Guru mengenalakan media yang digunakan serta bagaimana cara memainkannya, kemudian guru memilih lagu dan menyanyikannya secara bersama-sama, lalu guru mencontohkan kepada anak cara memaninkan alat musik dan di iringi dengan irama lagu. 4)Dalam pelaksanakan kegiatan tersebut dilakukan dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari jum’at dan sabtu, kemudian kegiatan tersebut memiliki dampak positif bagi TK Al Wustho Kaliwungu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5