cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS" : 5 Documents clear
MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS TERHADAP ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA CARDSORT KELAS B TK PKK 1 BANJARSARI Fadila, Nida; Tisnawati, Nina; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i2.7142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media card sort pada penanaman nilai-nilai di kelas B TK PKK 1 Banjarsari Kecamatan Metro Utara dan mengetahui strategi pengguanaan media card sort pada penanaman nilai-nilai di kelas B TK PKK 1 Banjarsari Kecamatan Metro Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk melihat “Menanamkan Nilai-Nilai Religius Terhadap Anak Usia Dini Melalui Media Card Sort Di Kelas B Tk Pkk 1 Banjarsari” yang diambil pada TK PKK 1 Banjarsari Metro Utara 57 peserta didik yang berada di dua kelas yaitu kelas B1 berjumlah 30 siswa dan kelas B2 berjumlah 27 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif adalah proses mencari dan menyusun data secara sistematis dari yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan (observasi). Berdasarkan penelitian pada nilai-nilai religius (nilai ahlak dan nilai iman), maka didapatkan hasil yaitu nilai ahlak mencapai rata-rata 83,5. Kemudian nilai iman mencapai rata-rata 86,5. maka dapat disimpulkan bahwa media card sort memberikan peningkatan pada nilai-nilai religius. adanya penanaman nilai-nilai religius dengan mengguanakan media card sort di kelas B TK PKK 1 Banjarsari Metro Utara ini anak-anak mulai mengalami perubahan dalam bersikap, seperti berdoa sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan, menjaga perkataan untuk sesama teman dan guru, makan dan minum dengan duduk saat di luar jam istirahat. Selain itu, hasil observasi pada penelitian ini, menunjukan bahwa implemetansi media card sort dalam penanaman nilai-nilai religius DI TK PKK 1 Banjarsari Kecamatan Metro Utara memiliki peran yang begitu penting karna dapat di terapkan dalam proses pembelajaran dengan variasi yang bermacama-macam.
PERAN GURU TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI METRO PUSAT Vani, Yulis Okta; Noormawanti, Noormawanti; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i2.7144

Abstract

Diverse nation, with various religions and beliefs. Early childhood education covers 6 aspects of development that are very important in shaping a child's personality, including an understanding of religious tolerance. At Pertiwi Metro Kindergarten, which has students from various religious backgrounds, teachers play a key role in educating, directing and instilling the values ​​of tolerance, The research method used is a qualitative approach with a descriptive type. Sources of research data include Pertiwi Metro Pusat Kindergarten teachers. Data collection techniques are interviews and documentation and observation. The data analysis techniques used are data condensation, data presentation and conclusion drawing. Test the validity of the data using triangulation of sources, techniques and time.The research results show that teachers at Pertiwi Metro Kindergarten play an important role in instilling the values ​​of religious tolerance in early childhood. They develop a curriculum that emphasizes the values ​​of tolerance through stories, songs and routine class activities, as well as being role models in everyday behavior. An inclusive learning environment is created so that every child feels accepted regardless of religious background, and communication with parents is established to strengthen the understanding of tolerance at home. This school integrates religious activities according to each child's beliefs and regularly evaluates the tolerance program through observation and feedback from parents. Despite the challenges of diversity in family backgrounds, schools overcome them with training for teachers and dialogue with parents. As a result, children at Pertiwi Metro Kindergarten show a better understanding of religious differences and mutual respect, forming the basis for a harmonious society in the future. This research also highlights the importance of collaboration between teachers and parents, as well as an integrated learning approach that includes activities for Muslim and non-Muslim children, in creating an inclusive environment that respects religious diversity
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUAL MENURUT ISLAM TERHADAP ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD DARUL ULUM SUKOHARUM KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU Sari, Ayu Mareta; Tisnawati, Nina; Garianto, Garianto
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i2.7152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep implementasi sekseual menurut Islam serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pendidikan seksual terhadap anak usia 5-6 tahun di PAUD Darul Ulum Sukoharum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan verifikasi. Responden dari penelitian ini merupakan kepala sekolah, guru, wali murid dan 12 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan seksual di PAUD Darul Ulum Sukoharum perlu ditingkatan, hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas, adanya diskusi tanya jawab dan lain sebagainya. Contoh kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam menyelipkan pembelajaran seksual menurut Islam yakni kegiatan shalat dhuha, mengaji sebelum belajar, edukasi kepada anak dan orang tua serta berbagai kegiatan tersebut rutin diterapkan sesuai dengan jadwalnya. Melalui pembelajaran yang afektif dan kooperatif yang didukung dengan metode ceramah, metode bermain sambil belajar, metode diskusi, skerjasama, dan materi sebagai pendukung berjalannya pembelajaran. Adapun faktor pengambat implementasi pendidikan seksual menurut Islam terhadap anak usia 5-6 tahun di PAUD Darul Ulum Sukoharum kurangnya kesadaran dari dalam diri anak, lingkungan yang kurang mendukung dan keterbatasan perangkat media pembelajaran di sekolah. Sedangkan pendukung dalam implementasi pendidikan seksual menurut Islam terhadap Anak Usia 5-6 tahun yaitu peran guru, peran orang tua dan lingkungan, berperan sangat penting untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anak yang akan berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman mengenai pendidikan seksual.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PASCA COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK HARAPAN BATANGHARI OGAN Sari, Yulina Nawarita; Tisnawati, Nina; Noormawanti, Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i2.7153

Abstract

Pembelajaran daring mulai diperkenalkan saat masa pandemi Covid-19 yang berlanjut sampai saat ini meskipun frekuensinya tidak seperti pada saat masa pandemi, namun kondisi pelaksanaan pembelajaran daring saat ini belum dapat disebut ideal sebab masih terdapat berbagai hambatan yang dihadapi seperti kesiapan sumber daya manusia meliputi pendidik, peserta didik, dan dukungan orang tua yang menjadikan pelaksanaan pembelajaran daring belum efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Pembelajaran Daring terhadap aktivitas belajar anak di TK Harapan Batanghari Ogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru serta 10 orang wali murid. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring di TK. Harapan Batanghari Ogan kurang efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar anak dimana hal ini dapat dilihat dari antusiasme anak yang semakin menurun seiring dengan waktu pelaksanaan pembelajaran daring serta belum nampaknya perubahan yang signifikan jika dilihat dari minat dan hasil mengikuti pelajaran daring. Saran dari penelitian ini agar pihak sekolah dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam memberikan pembelajaran secara daring melalui pelatihan dan menyediakan ruang bagi guru untuk saling berdiskusi tentang pembelajaran daring serta membuat sebuah sistem yang bisa digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja guru serta siswa selama pembelajaran daring
TINJAUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN Al Iftitah, Ismatul Izza; Firdausyi, Annisa Nur; Noormawanti, Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 2 (2024): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i2.7156

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi konsep filosofi pendidikan anak usia dini yang didasarkan pada pemahaman bahwa anak-anak sejak awal kehidupan memiliki potensi yang perlu dikembangkan secara optimal. Perspektif ini sejalan dengan pandangan para ahli psikologi anak dan etnopediatri yang menekankan pentingnya perkembangan sosial, kognitif, dan motorik sejak dini. Pembahasan ini mengulas pandangan beberapa filsuf terkemuka, termasuk Al-Ghazali, Frederich W. Froebel, Ibnu Sina, Ki Hajar Dewantara, dan John Dewey, yang masing-masing memberikan kontribusi signifikan terhadap pemikiran pendidikan anak usia dini. Al-Ghazali menekankan pentingnya pendidikan yang membimbing anak untuk berbuat baik dan berinteraksi melalui permainan. Froebel, sebagai pelopor konsep Taman Kanak-Kanak, mendorong pendidikan yang memungkinkan anak-anak berkembang secara alami melalui permainan. Ibnu Sina menyoroti pentingnya teladan, motivasi, dan penguatan melalui pujian serta hukuman dalam pendidikan anak. Ki Hajar Dewantara mengintegrasikan pendidikan berbasis budaya dengan nilai-nilai Islam untuk membentuk insan kamil. Sementara itu, John Dewey menekankan pentingnya pengalaman dan interaksi dalam proses pendidikan, serta memahami minat dan kebutuhan anak sebagai elemen fundamental dalam perkembangan mereka. Melalui kajian ini, penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan filosofis terhadap pendidikan anak usia dini memainkan peran krusial dalam membentuk individu yang seimbang dan berakhlak mulia, dengan setiap filsuf memberikan wawasan yang relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan kontemporer.

Page 1 of 1 | Total Record : 5