cover
Contact Name
Herlina
Contact Email
dpp.pdpi@gmail.com
Phone
+6281322206464
Journal Mail Official
dpp.pdpi@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.pdpi.or.id/index.php/ijeb/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
IJEB
ISSN : 30249937     EISSN : 29882001     DOI : https://doi.org/10.58818/ijeb
Core Subject : Economy, Science,
Scope Indonesian Journal of Economic and Business: Business and Economics, Accounting, Entrepreneurship, Management, Management Organization, Marketing Strategy, Theory and Applications, Business Finance and Investment, Business Law, Capital Markets, Business Communication, Corporate Finance, General Business Research, Insurance, Investment, Monetary Banking, Organizational Behavior and Theory, Personnel and Industrial Relations, Production/Operations Management, Project Management and Strategy, and Public Policy, Statistics and Econometrics, Stock Exchange.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB" : 5 Documents clear
Pengaruh Diskon dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Shopee (Studi Kasus Alumni Latsar Cempor Angkatan 3) Nurjamad, Moh Aep; Maulana Rahman, Mochamad Syahfiar
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v2i1.59

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diskon dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada pelanggan di Shopee, baik parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu sebesar 200 dan sampel yang diambil untuk penelitian ini sebesar 134 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teknik probability sampling, simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner yang disebarkan kepada responden. Hasil dilakukannya penelitan tersebut, terdapat pengaruh diskon terhadap impulse buying secara parsial sebesar 41,3% dan shopping lifestyle terhadap impulse buying secara parsial sebesar 32,1%. Secara simultan, pengaruh diskon dan shopping lifestyle terhadap impulse buying yaitu sebesar 73,4%.
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Simpay Kimfa Banjaran Yulianti, Yulis; Herlina, Herlina; Kania, Nina
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v2i1.60

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu upaya terstruktur untuk memasarkan suatu produk atau jasa agar lebih dikenal masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Simpay Kimfa. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan partisipan sejumlah 5 orang yang terdiri dari manager beserta stafnya dan analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran dan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Simpay Kimfa menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu segi produk, harga, tempat, orang, proses, promosi, dan bukti fisik. Selanjutnya Simpay Kimfa secara umum telah menerapkan strategi tersebut, namun untuk memperbaiki dan menyempurnakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Perihal promosi, Simpay Kimfa masih belum maksimal, hal ini tercermin dari kepasifan Simpay Kimfa dalam mempromosikan tempat wisatanya.
Fungsi (BUMDes) Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa Banding Agung Partini, Emilia; Prasetiyo, Budi
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v2i1.61

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan organisasi yang ada di desa dan dijalankan sama aparatur desa dan penduduk desa dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa dan dibuat berlandaskan kepentingan dan kemampuan masyarakat desa. Pengumpulan informasi atas penelitian ini dari hasil pengamatan, Tanya jawab, juga pengumpulan riset. Lokasi penelitian ini berada di desa Banding Agung, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Dari itu peneliti terdorong melakukan penelitian dengan judul “Fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa” yang akan dilaksanakan pada BUMDes Batara yang ada di desa Banding Agung, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui efektivitas fungsi BUMDes Banding Agung dalam meningkatkan perekonomian desa. Dari hasil penelitian BUMDes Batara desa Banding Agung membantu pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat ekonomi desa dengan menggabungkan barang dan jasa dari komunitas dengan layanan perbankan. Mereka juga memproduksi barang-barang seperti tempat penampungan air bersih dan toilet umum. BUMDes membantu memasarkan produk desa. Mereka menyediakan pelatihan, dukungan, dan jaringan pasar untuk bisnis lokal. BUMDes juga membantu masyarakat umum dengan menyediakan layanan kesehatan dan meningkatkan keuntungan finansial dari sumber daya budaya, keagamaan, dan alam.
Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Masrupah, Sipa Siti; Nurjamad, Moh Aep
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v2i1.62

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT Bina Kreativ Berkah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahi seberapa besar pengaruh brand ambassador dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian di shopee baik secara parsial maupun simultan . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengambilan sample yaitu dengan menggunakan teknik sensus sebanyak 90 responden yang di peroleh dari karyawan PT Bina Kreativ Berkah. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, selain itu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrument penelitian. Berdasarkan hasil penelitian variabel independen (brand ambassador dan kepercayaan konsumen) menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 55,4 %. Pengaruh variabel brand ambassador terhadap keputusan pembelian sebesar 27,9 % dan pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 27,5%.
Analisis Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang di PT. Dymatic Chemicals Indonesia Aningsih, Anita Tri; Mulyeni, Sri
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v2i1.63

Abstract

Dynmatic Chemicals Indonesia merupakan Perusahaan dagang yang bergerak di bidang penyedia bahan pembantu tekstil dan bahan kimia halus lainnya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif menggambarkan bentuk penelitian yang memuat data yang berupa perilaku, kata-kata tertulis, dan lisan dari subjek penelitian. Teknologi sistem informasi manajemen sangat membantu dalam keberlangsungan kegiatan perusahaan. Dymatic System Management ini sangat memudahkan dalam proses pencatatan Purchase Order, dan memonitoring proses pengadaan barang. Sehingga membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaanya Divisi purchasing pasti memiliki kendala lainnya seperti kesalahan dalam pencatatan Purchase Order (PO), Keterlambatan Approval dari General Manager, Perubahan harga yang fluktuatif, serta supplier mengantarkan barang tidak sesuai dengan PO dari Purchasing atau kondisi barang yang tidak sesuai standard sehingga harus melakukan retur. Sehingga bagian Purchasing juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan para supplier. Agar proses pengadaan barang/jasa dapat berjalan dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5