cover
Contact Name
Teguh Lesmana
Contact Email
teguhcrbn131@gmail.com
Phone
+6283824046348
Journal Mail Official
edulead.bbc@gmail.com
Editorial Address
https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/timeditor
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Edulead
ISSN : 26849208     EISSN : 28296311     DOI : 10.47453
Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan kepemimpinan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management" : 6 Documents clear
MANAJEMEN MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI TK AL FADHILAH INDRAMAYU Amanah Hutomo; Cecep Sumarna; Dian Widiantari; Bambang Firmansyah; Mashuri Mashuri
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.1511

Abstract

Abstrak Banyak anak usia dini yang belum bersekolah karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, sehingga memerlukan marketing untuk menarik minat masyarakat akan keberadaan TK Al Fadhilah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen marketing yang dilakukan agar maka lembaga pendidikan tersebut diterima, dikenal dan dipahami oleh masyarakat desa Panyindangan Kulon. Sehingga setiap tahun TK Al Fadhilah selalu bertambah jumlah anak didiknya. Marketing juga dilakukan untuk memetakan dan mengenalkan TK Al Fadhilah pada sasaran yang masih belum memahami pentingnya pendidiak anak usia dini dengan kunjungan ke rumah calon anak didik. Melakukan promosi dengan unjuk kreatifitas anak, mengundang anak TK lain ikut lomba kretifitas, dan kegiatan yang melibatkan orang tua anak didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metodologi studi kasus. Hasil penelitian menunjukan, manajemen marketing di TK Al Fadhilah dilakukan dengan cara kerjasama guru-guru dan orang tua anak didik, yang juga membantu pendanaan dan ikut dalam kegiatan manajemen marketing sehingga setiap kegiatan dapat berjalan sesuai harapan, ditunjukan dengan bertambahnya jumlah anak didik setiap tahun. Abstract Many early childhood children who have not attended school due to lack of public understanding of the importance of early childhood education, so it requires marketing to attract public interest in the existence of TK Al Fadhilah. This study aims to determine, planning, organizing, implementation and supervision of marketing Management carried out so that the educational institution is accepted, known and understood by the people of panyindangan Kulon village. So every year TK Al Fadhilah always increases the number of students. Marketing is also done to map and introduce kindergarten Al Fadhilah on target who still do not understand the importance of early childhood education with a visit to the home of prospective students. Doing promotion with children's creativity, inviting other kindergarten children to participate in creativity competitions, and activities involving parents of students. In this study, researchers used qualitative research methods with Case Study Methodology. The results showed, marketing Management in TK Al Fadhilah done by way of cooperation of teachers and parents of students, which also helps funding and participate in marketing management activities so that each activity can run as expected, indicated by the increasing number of students each year.
Manajemen Pendidikan MANAJEMEN KERJA SAMA INDUSTRI DUNIA USAHA DAN DUNIA KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMKS CENDEKIA WANASARI KABUPATEN INDRAMAYU Asep Sudarmono; Cecep Sumarna; Dian Widiantari; Teguh Lesmana
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.1518

Abstract

Manajemen kerjasama yang dilakukan sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) merupakan salah satu bentuk pengelolaan manajemen yang saling terkait antara dua institusi dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang saling mengisi, saling membutuhkan, dan saling menguntungkan di dalam melakukan program kerjasama yang direncanakan.. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data tunggal SMKS Cendekia Wanasari Kabupaten Indramayu . Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Tahap perencanaan yang dilakukan di SMKS Cendekia Wanasari Kabupaten Indramayu didasarkan pada sinkronisasi kurikulum bersama, pembuatan MoU antara sekolah dengan DUDI, perencanaan kesiapan siswa (pemetaan kompetensi), dan perencanaan penempatan (pemetaan tempat DUDI) yang akan digunakan dalam praktik kerja industri yang sesuai dengan kompetensi peserta didik yang dibutuhkan oleh DUDI. (2) Program kegiatan praktik kerja industri terdapat dua aspek, yaitu departementalisasi dan pembagian kerja. Yang mana pembagian kerja terdiri dari pembagian tenaga pengajar/pembimbing dari pihak sekolah, Tenaga instruktur dari pihak pihak Dunia Usaha/Dunia industri. Sedangkan, departementalisasi terdiri dari pemetaan peserta didik sesuai dengan kompetensi yang dimiliki serta penempatan siswa pada DUDI masing-masing. (3) Tahap pelaksanaan dalam kisi-kisi penelitian meliputi ; koordinasi dunia usaha dan industri, Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama, sinkronisasi kurikulum, dan Praktik Kerja industri. (4) Tahap evaluasi bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki para peserta didik ketika melaksanakan kegiatan praktik kerja industri dengan penilaian dari pihak DUDI tersebut. Selanjutnya tujuan evaluasi yang dilaksanakan antara guru pembimbing dengan para peserta didik yang selesai prakerin adalah mengetahui kelayakan maupun kondisi DUDI sebagai acuan tempat dalam melaksanakan praktik kerja industri selanjutnya
Peran Komunikator KH. Abdul Mujib Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Cirebon Sri Wanayati Aidin
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.582

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Cara KH. Abdul Mujib sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin berkomunikasi dengan masyarakat, peran komunikasi KH. Abdul Mujib di Masyarakat, dan persepsi masyarakat terhadap peran KH. Abdul Mujib. Peran Kyai Menurut Sulton Mashud : Sebagai visioner (mempunyai visi kedepan), komunikator (mempengaruhi masyarakat melalui komunikasi langsung dengan menekankan pentingnya nilai-nilai, asumsi, komitmen dan keyakinan serta tekad untuk mancapai tujuan bersama dengan mempertimbangkan moral dan etika, motivator menginspirasi masyarakat), innovator (mendorong pencarian cara-cara kerja baru yang lebih efektif untuk mencapai tujuan bersama ), edukator ( pendidik ) Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi participant, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu panduan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Ustadz, santri, dan warga masyarakat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara KH. Abdul Mujib berkomunikasi dengan masyarakat yaitu : Melalui interaksi dalam keseharian KH. Abdul Mujib, melalui berbagai acara keagamaan maupun sosial kemasyarakatan di masyarakat, dan dengan mengundang masyarakat untuk hadir dalam acara-acara Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin. Peran komunikasi KH. Abdul Mujib di Masyarakat meliputi bidang-bidang sebagai berikut : keagamaan, pendidikan, sosial, ekonomi, kebangsaan, politik dan hubungan dengan pemerintahan. Persepsi masyarakat terhadap peran komunikasi KH. Abdul Mujib pada umumnya menganggap positif. Persepsi masyarakat yaitu peran komunikasi Kyai Abdul Mujib sangat penting di masyarakat Kesimpulan Penelitian yaitu KH. Abdul Mujib berkomunikasi dengan masyarakat dengan beberapa cara yaitu Melalui interaksi dalam keseharian, melalui berbagai acara keagamaan maupun sosial kemasyarakatan di masyarakat, dan dengan mengundang masyarakat untuk hadir dalam acara-acara Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin. Peran komunikasi KH. Abdul Mujib di masyarakat sangat beragam meliputi bidang keagamaan, pendidikan, sosial, ekonomi, kebangsaan, dan politik serta hubungan dengan pemerintahan. Persepsi masyarakat terhadap peran komunikasi KH. Abdul Mujib umumnya positif dan menganggap penting. Kata Kunci: Peran, Komunikator, Pesantren
Manajemen Pendidikan PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMK SWASTA SE-KABUPATEN INDRAMAYU H. Priyanto; Cecep Sumarna; Dian Widiantari; Teguh Lesmana
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.1519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi terhadap produktivitsa kerja, pengaruh kompensasi finansial terhadap roduktivitas kerja dan pengaruh kompetensi dan terhadap kompensasi finansial terhadap roduktivitas kerja guru SMK Swasta di Kabupaten Indramayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 41 guru sebagia responden. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari dari dua variabel yaitu variabel bebas (kompetensi dan kompensasi finansial) dan variabel terikat (produktivitas kerja). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tingkat pengukuran skala likert. Hasil penelitian perhitungan SPSS 25 menunjukan bahwa 1). terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi terhadap produktivitas kerja. Dibuktikan dengan angka thitung > ttabel yaitu 3,110 > 2,023 dan nilai pvalue sebesar 0,003 sehingga p value<5% (0,003<0,05 dan besarnya pengaruh kompetensi terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 19,9%. Adapun sisanya sebesar 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompensasi finansial terhadap produktivitas kerja. Dibuktikan dengan angka thitung > ttabel yaitu 3,202 > 2,023 dan nilai pvalue sebesar 0,003 sehingga p value<5% (0,003<0,05). Besarnya pengaruh kompensasi finansial terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 20,8%. Adapun sisanya sebesar 79,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi dan kompensasi finansial secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja. Dibuktikan dengan angka fhitung > ftabel yaitu 8,266 > 3,243 dan nilai pvalue sebesar 0,001 sehingga p value<5% (0,001<0,05, besarnya pengaruh kompetensi kompensasi finansial terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 26,6%. Adapun sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi terhadap kompensasi finansial dengan besarnya pengaruh kompetensi terhadap kompensasi finansial adalah sebesar 11,7%. Adapun sisanya sebesar 88,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID Rusita -
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.595

Abstract

Pendidikan karakter sudah mulai berkurang di setiap satuan pendidikan, lebih mengutamakan pengetahuan dari pada karakter, sehingga peserta didik banyak yang mempunyai sikap atau karakter yang kurang terpuji. Masih banyak tawuran antara peserta didik sehingga masyarakat merasa terganggu dan tidak nyaman. Minum keras diminum oleh peserta didik tanpa ada pemikiran bisa merusak alat untuk berfikir yaitu otak. Perkembangan teknologi juga dapat mempengaruhi karakter peserta didik yang negatif, seperti sifat individualistik dan informasi yang negatif. Penelitian tentang Manajemen Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon merupakan fokus penelitian yang perlu di teliti karena kegiatan ekstrakurikuler Tripala sudah berjalan dengan intensitas yang tinggi dan terorganisir dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon pada aspek manajerial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatip dengan metode studi kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling meliputi kiyai, ketua Tripala, pembina dan Kepala Sekolah. Instrumen penelitiannya peneliti dengan mengumpulkan data sesuai caranya yaitu wawancara mendalam, observasi, dokumen dan trianggulasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduction, display dan conclusion. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Manajemen Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan rapat tahunan sebanyak 2 kali, membuat program, jadwal, pemateri, menunjuk ketua Tripala dan pembina, pengurus dan peserta didik yang akan dilatih. Pengorganisasian di pendidikan ekstrakurikuler Tripala meliputi pembagian tanggungjawab mulai dari ketua Tripala, pembina, pengurus dan peserta didik. Pelaksanaan di pendidikan ekstrakurikuler Tripala meliputi lama pendidikan 4-6 bulan, wajib bagi siswa kelas X, pemberian materi, in door dan out door, mempraktekan, dan PHG (Pelatihan Hutan Gunung). Pengawasan dilakukan langsung oleh pembina ke lapangan setiap latihan, baik pengawasan kepada pengurus maupun peserta didik, dan setiap harinya pembina dibantu oleh bagian kedisiplinan untuk mengawasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Manajemen Pendidikan Karakter melalui ekstrakurikuler Tripala mempunyai peran atau berkontribusi dalam membentuk, mengembangkan dan meningkatkan karakter peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon.
Manajemen Pendidikan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon Mufid Mufid Mufid
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 1 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i1.1515

Abstract

Aliran sesat merupakan satu manifestasi bagi satu proses yang telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Berbagai bentuk aliran sesat telah muncul dan menyebar ke masyarakat Islam, dan telah berhasil mempengaruhi bukan saja golongan yang berpendidikan rendah tetapi juga telah mempengaruhi golongan yang berpendidikan tinggi, termasuk mereka yang dalam bidang agama juga turut terpengaruh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan formulasi, pelaksanaan, dan evaluasi strategi penyuluh Agama Islam dalam menangkal aliran sesat di Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study (studi kasus). Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Responden yang digali informasinya sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fomulasi strategi penyuluhan agama Islam dilakukan dengan melakukan identifikasi eksternal tentang eksistensi aliran sesat. Pelaksanaan strategi dilakukan dengan membangun komitmen terhadap jamaah, melakukan penyuluhan dengan pola bandongan dan pendekatan sosio kultural. Evaluasi strategi ditempuh melalui evaluasi diri, evaluasi peserta, dan evaluasi hasil. Strategi pembinaan penyuluh agama iIslam dalam membina aqidah masyarakat di desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon berjalan efektif dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 6