cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
AL-MAKTABAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah" : 8 Documents clear
Analisis Pelaksanaan Sistem Perpustakaan Unpad Library Manajemen Sistem (ULiIMS) Menurut Perspektif Pustakawan di Fakultas Pertanian Menggunakan Technology Acceptance Model Een Rosmiati; Edwin Ridwan; Rosnandar Romli
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21059

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Pelaksanaan Sistem Perpustakaan Unpad Library Manajemen Sistem (ULiMS) Menurut Perspektif Pustakawan di Fakultas Pertanian menggunakan Technology Acceptance Model. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan 6 orang pustakawan di Fakultas Pertanian Unpad. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi teori, yaitu melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan di Fakultas Pertanian Unpad menerima sistem ULiMS sebagai sistem yang dapat mengintegrasikan sistem perpustakaan Fakultas dengan semua database perpustakaan di lingkungan Unpad. Pustakawan dapat memahami kelemahan dan kelebihan dari sistem ULiMS. Dalam melaksanakan ULiMS, Fitur ULiMS yang telah dimodifikasi memudahkan pengguna sistem dalam menggunakan sistem lebih efektif, efisien dan telah terintegrasi dengan beberapa perpustakaan di Universitas Padjadjaran.
Peran Dan Kontribusi Pustakawan Sebagai Mitra Riset (Pengalaman Kolaborasi Riset di KITLV Belanda dan Jepang) Muhammad Tawwaf
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21055

Abstract

Pustakawan perguruan tinggi atau Pustakawan akademis yang diundang untuk memilih jati diri dan kontribusinya kepada lembaga asal mereka. Kolaborasi penelitian dengan dosen yang menghasilkan co-authorhip dari keluaran ilmiah adalah salah satu cara yang mungkin untuk menunjukkan keselarasan perpustakaan dengan misi kelembagaan. Mendukung pustakawan dalam penelitian juga meningkatkan keterampilan pustakawan dalam menawarkan layanan dukungan penelitian. Tulisan ini mencoba membahas kontribusi dan pengalaman pustakawan melakukan penelitian di berbagi negara dengan tema yang berbeda-beda. Dalam hal penelitian bersama, pustakawan dalam hal ini tidak hanya terlibat sebagai pendamping saja, akan tetapi ikut serta terlibat dalam penelitian, khusunya dalam pencarian sumber-sumber informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Peran pustakawan dalam mencari sumber informasi di berbagai media baik buku, jurnal ilmiah, dan media online lainnya yang mendukung penelitian sangat dibutuhkan. Praktik kolaborasi pustakawan dengan para peneliti di bidang tertentu akan menunjukkan kompetensi dan peran pustakawan yang sangat strategis dalam keberhasilan sebuah program penelitian. Hal yang tidak kalah penting adalah adanya pengakuan pustakawan sebagai mitra penelitian dan pengakuan keberadaan pustakawan dalam sebuah penelitian
Taman Bacaan Masyarakat Dan Minat Baca Anak Masa Pandemi COVID-19 Alfida Alfida; Riri Rizky Maulida
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menafsirkan pengalaman yang dialami taman bacaan selama COVID-19. Metode investigasi adalah kualitatif pendekatan fenomenologis melibatkan pendiri taman bacaan, ibu2 penerima manfaat dari taman bacaan di sekitar Lembaga ini. Memahami pengalaman mereka dicapai melalui analisis jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh peneliti. Hasil mengungkapkan bahwa pengalaman peran taman bacaan selama ini sangat besar dalam membantu mengembangkan minat baca masyarakat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini TBM Warabal berperan penting dalam pengembangan minat baca melalui Pendar dan Dongeng. Kegiatan ini disambut oleh antusiasme tinggi anak-anak dan respon positif dari para orang tua, serta didukung layanan koleksi buku bacaan yang sudah memenuhi kebutuhan bacaan anak-anak. Pendar dan Dongeng masih mengalami hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu terbatasnya ruangan karena banyaknya anak-anak, terbatasnya pengajar yang hanya berjumlah 7 orang dalam mendampingi anak dengan jumlah kurang lebih 100 orang. Kemudian lokasi TBM berada di pedalaman dan belum ada transportasi umum, hal ini menjadi kendala bagi anak-anak yang tinggal jauh dari TBM. Karena saat ini, 80% anak yang terlibat dalam kegiatan Pendar dan Dongeng bertempat tinggal jauh dari TBM.
Sains Terbuka: Ketakutan dan Harapan Peneliti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Lilik Istiqoriyah; Lolytasari Lolytasari
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21056

Abstract

Tulisan ini mengkaji pandangan dan sikap peneliti di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap gerakan sains terbuka. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai para peneliti yang terdiri dari dosen, pustakawan dan laboran. Temuan dari penelitian ini adalah sebagian besar peneliti tersebut belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai sains terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti di UIN Jakarta sebagian besar belum siap untuk terlibat dalam gerakan ini. Mereka baru menunjukkan kesediaan open akses terhadap hasil penelitian sebagai output riset. Faktor terbesar dikarenakan belum adanya regulasi pemerintah dan lembaga pergruan tinggi yang jelas dan terperinci. Untuk itu direkomendasikan segera dirumuskannya peraturan dan kebijakan dimaksud, di samping pentingnya disediakan jaminan perlindungan data (high secure), tersedianya infrastruktur yang memadai dan tersosialisasi.
Urgensi Pemahaman Psikologi Bagi Pustakawan (Kajian Terhadap Psikologi Perpustakaan) Rhoni Rodin; Eka Apriyani
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21057

Abstract

Kegiatan di perpustakaan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan manusia, dalam hal ini pemustaka. Karena memang kegiatan utama di perpustakaan adalah jasa layanan informasi. Dimana tujuannya adalah kepuasan pemustaka. Untuk mencapai tujuan tersebut maka seorang pemustaka harus memahami psikologi perpustakaan. Baik pemahaman terhadap ilmu, mulai dari pertumbuhan dan fase perkembangan manusia, serta perilaku manusia. Juga pemahaman terhadap manusianya dalam tataran operasional ketika memberikan layanan kepada pemustaka. Seorang pustakawan harus betul-betul memahami karakter seorang pemustaka. Disinilah letak urgensinya pemahaman psikologi perpustakaan bagi seorang pustakawan.
Penggunaan E-Book Pada Era Digital Nasrul Makdis
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21058

Abstract

Perkembangan teknologi yang serba digital yang mempermudah akses terciptanya e-book. Adanya e-book tentu akan mempermudah pemustaka dalam mengakses sumber-sumber bacaan yang diinginkan di manapun dan kapanpun. Meski, juga tidak terlepas dari kekurangan adanya e-book tersebut. Penggunaan e-book pada era digital ini berimplikasi pada kemudahan hidup manusia sehari-hari terutama yang berhubungan dengan kegiatan baca-membaca.
Inovasi Layanan Perpustakaan Khusus Dalam Ekosistem E-Research Dalam Mendukung Open Science: Studi Kasus Perpustakaan PDDI LIPI Mohamad Djaenudin; Cahyo Trianggoro
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.21054

Abstract

Tujuan makalah ini adalah menjelaskan inovasi layanan perpustakaan yang mendukung terwujudnya perpustakaan khusus berbasis inklusi sosial yang menekankan pada faktor manfaat perpustakaan yang dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Pengumpulan penelitian dilakukan melalui observasi, dan studi pustaka (literatur). Observasi dilakukan dengan cara mendata kegiatan layanan dan produk pengetahuan yang pernah dibuat oleh PDDI LIPI. Studi literatur dilakukan dengan cara menelaah refensi yang berhubungan dengan layanan dan pembuatan produk pengetahuan. Hasil telaah literatur kemudian dianalisis dan diinterprestasikan dalam bentuk hasil dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa idealnya perpustakaan PDDI dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan yang pernah dilakukan sebelumnya, seperti kegiatan Co working Space dan pemanfatannya, mengadakan talkshow, diskusi publik, knowledge sharing, dan pengembangan produk layanan berbasis pengetahuan serta membuat inovasi layanan data penelitian sebagai salah satu terobosannya.
Taman Bacaan Masyarakat dan Minat Baca Anak Masa Pandemic Covid 19 Alfida Alfida; Riri Rizky Maulida
Al Maktabah Vol 19, No 1 (2020): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v19i1.32058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menafsirkan pengalaman yang dialami taman bacaan selama COVID-19. Metode investigasi adalah kualitatif pendekatan fenomenologis melibatkan pendiri taman bacaan, ibu-ibu penerima manfaat dari taman bacaan di sekitar Lembaga ini. Memahami pengalaman mereka dicapai melalui analisis jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh peneliti. Hasil mengungkapkan bahwa pengalaman peran taman bacaan selama ini sangat besar dalam membantu mengembangkan minat baca masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini TBM Warabal berperan penting dalam pengembangan minat baca melalui Pendar dan Dongeng. Kegiatan ini disambut oleh antusiasme tinggi anak-anak dan respon positif dari para orang tua, serta didukung layanan koleksi buku bacaan yang sudah memenuhi kebutuhan bacaan anak-anak. Pendar dan Dongeng masih mengalami hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu terbatasnya ruangan karena banyaknya anak-anak, terbatasnya pengajar yang hanya berjumlah 7 orang dalam mendampingi anak dengan jumlah kurang lebih 100 orang. Kemudian lokasi TBM berada di pedalaman dan belum ada transportasi umum, hal ini menjadi kendala bagi anak-anak yang tinggal jauh dari TBM. Karena saat ini, 80% anak yang terlibat dalam kegiatan Pendar dan Dongeng bertempat tinggal jauh dari TBM.

Page 1 of 1 | Total Record : 8