cover
Contact Name
Syahrudin
Contact Email
syahiairm062@gmail.com
Phone
+6282143777483
Journal Mail Official
journaliktifak@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar, Kec. Siman, Kab. Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, 63471
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
ISSN : -     EISSN : 30312558     DOI : https://doi.org/10.55380/iktifak.v1i2
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies is a peer-reviewed scientific open access national journal published of Institut Agama Islam (IAI) Royadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. The purpose of this journal is to publish quality articles dedicated to the scientific research development aims to promote scientific publication concerning Gender, Social Inclusion, and the protection of children’s rights. The focus and scope of this journal are (1) Gender and Religious Texts (2) Gender and Islamic Law (3) Gender and educations (4) Gender and politics (5) Gender and Economic (6) Gender and Digital humanities, (7) Gender and social inclusion and (8) Children’s right protection. This Journal is published twice a year in June and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies" : 5 Documents clear
Konsep Akhlak Dalam Prespektif Ibnu Miskawaih dan Psikologi wahyu permadi; Rifa Hidayah
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
Publisher : Intitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/iktifak.v2i1.633

Abstract

Banyak tantangan di era modernisasi saat ini khususnya dalam bidang akhlak. Dimana semakin maju perkembangan zaman akhlak semakin luntur dan turunnya nilai akhlak itu sendiri. Padahal karakter sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak merupakan hal yang paling utama dalam membangun hubungan baik dengan tuhan, dan sesama manusia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji konsep akhlak pemikiran tokoh Ibnu Miskawaih dalam pentingnya di era modernisasi. Metode dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian ini adalah kajian pustaka atau Library Research. Adapun sumber data penelitian dibagi menjadi dua. Pertama, sumber data primer ialah terkait karya Ibnu Miskawaih tentang konsep Akhlak. Kedua, sumber sekunder merupakan konsep akhlak menurut Ibnu Miskawaih yang dikaji dan ditulis oleh orang lain serta dikaitkan dengan kondisi tertentu. Selanjutnya setelah data yang diperoleh dianalisis dengan teknik conten analisys. Hasil penelitian ini ialah Ibnu Miskawaih menyebutkan sebelum masuk ke konsep akhlak lebih dulu mengkaji dan mengenal konsep manusia dan jiwa. Ibnu Miskawaih menyebutkan bahwa sebelum membahas tentang akhlak harus diawali mengenal tentang konsep manusia dan jiwa. karena jalan menuju kesempurnaan akhlak ialah dengan mengenal jiwa itu sendiri. Esensi manusia adalah gabungan antara jasad (tubuh) dan jiwa. manusia memiliki daya berfikir untuk membedakan atara perkara yang baik dan salah Sedangkan dalam pengertian psikologi karakter dari akhlak berasal dari bahasa Yunani yang berarti "to mark" (menandai) dan memfokuskan, bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku
Peran Perempuan Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Zakaria Bintang Pamungkas
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
Publisher : Intitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/iktifak.v2i1.699

Abstract

Kaum perempuan memiliki peran penting dalam pendidikan anak. Saat ini ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa sudah masuk ke semua lini kehidupan masyarakat, termasuk mempengaruhi kehidupan anak. Gencarnya laju perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap anak membutuhkan fondasi keagamaan sehingga hal- hal negatif dapat diminimalisir lewat penanaman karakter religius yang ditanamkan lewat sosok perempuan yaitu ibu. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa perempuan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan karakter religius anak. Hal tersebut dapat dilihat dari kedekatan seorang ibu terhadap anak, karena secara kodrati perempuan atau diberi keistimewaan untuk mengandung melahirkan dan menyusui. Ibu adalah guru pertama yang memperkenalkan anak kepada dunia, dan tidak bisa dipungkiri bahwa ibu adalah inspirasi utama bagi anak. Nilai-nilai yang diajarkan dalam pembentukan karakter religius anak oleh seorang ibu dalam mendidik anak adalah dalam bentuk pembentukan kebiasaan, pemberian keteladanan, nasihat dan pemberian perhatian atau pengawasan. Semua nilai-nilai tersebut dimiliki oleh sosok seorang ibu atau perempuan dalam membentuk nilai-nilai religius anak. Oleh karenanya, peran perempuan dalam hal ini adalah ibu sangat penting karena ibu adalah tokoh pertama yang terekam oleh memori seorang anak manusia sepanjang hidupnya.
Praktik baik shadow, menggali pengalaman menemukan jalan terbaik mendampingi ABK Nailis Sa'adah
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
Publisher : Intitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/iktifak.v2i1.712

Abstract

Shadow teacher memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah. Karena cara mendidik ABK lebih sulit dan membutuhkan perlakuan khusus dari guru kelas, shadow teacher, dan sekolah. Sehingga dibutuhkan metode dan media yang tepat sesuai karakteristik dan kebutuhan ABK guna proses belajar bisa berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran shadow dalam meningkatkan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus dengan menyoroti manfaat yang mereka berikan dan bagaimana mereka dapat membantu anak-anak tersebut meraih potensi penuh mereka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah shadow teacher dan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, dengan informan kepala sekolah, guru kelas, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis dengan menggunakan model analisis interaktif mencakup: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu shadow diharuskan memiliki jalan terbaik dalam mendampingi ABK. Adapun jalan terbaik yang perlu di miliki shadow yaitu terkait skill modifikasi yang di dalamnya mencakup reward, teknik kepatuhan dan kreativitas. Selain penerapan skill modifikasi, shadow juga harus memiliki sosio-emosi yang mencakup perhatian khusus dan suasana hati (mood). Sehingga dengan menggunakan jalan terbaik dalam mendampingi ABK ini shadow mampu mendampingi serta membatu proses belajar anak secara optimal.
MEMAHAMI PERAN, HAK DAN MARTABAT PEREMPUAN DALAM PANDANGAN KONSEPTUAL DAN GENERASI Z Akhnalia Izzal millah; Arina Maula; Harnum Diastuti
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
Publisher : Intitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/iktifak.v2i1.717

Abstract

The main aim of this article is to analyze the role, rights and dignity of women in the social changes that occurred from the time of the Prophet Muhammad to the present, as well as to describe how they contribute to shaping social transformation in society. This approach allows us to gain a comprehensive understanding of the role of women in specific social and historical contexts. The results of the analysis show that women play an important role in the process of social reform. Women also play an important role in supporting changes in social norms, including gender equality and the protection of women's rights.
Upaya Pembentukan Karakter Anak melalui kajian rutin Kitab Ahlakul Banin Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Al-Muttaqin Jabung Mlarak Ponorogo Fatakhul Huda Huda; Syahrudin
IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies Vol. 2 No. 1 (2024): IKTIFAK: Journal of Child and Gender Studies
Publisher : Intitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/iktifak.v2i1.811

Abstract

Abstrak This research aims to find out how to strengthen the values ​​of character education through learning the book Al-Akhlak Lil Banin at Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Al-Muttaqin Jabung Mlarak Ponorogo. This research is descriptive field research with a qualitative approach. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data analysis technique is as proposed by Miles and Huberman, through data reduction, data display, and data verification. From this research, it can be found that efforts to strengthen the value of character education through learning the book Al-Akhlak Lil Banin at Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Al-Muttaqin Jabung Mlarak Ponorogo are: religious values, discipline values, love of cleanliness, and family values. Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Al-Muttaqin Jabung Mlarak Ponorogo uses several methods including, methods of understanding, habituation, role modeling or example, and requires students to obey all existing regulations in the Madrasah (reward and punishment). Where the four values ​​of character education contained in the book Al-Akhlak Lil Banin and the method of instilling character education have been implemented quite well and more planting has begun to strengthen the value of character education for students.

Page 1 of 1 | Total Record : 5