cover
Contact Name
Muhammad Fuad Rasyid
Contact Email
m.fuadrasyid12@gmail.com
Phone
+6289538973171
Journal Mail Official
m.fuadrasyid12@gmail.com
Editorial Address
jl.raya inspeksi kalimalang, cikarang selatan, kab.bekasi Jawa barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching. Articles can be written in English, Indonesian or Malay. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia has been indexed in DOAJ, Google Scholar, BASE (Bielefeld Academic Search Engine), and Sinta (Science and Technology Index).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1: Mei 2017" : 7 Documents clear
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL SINEKTIKS DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT Titis Antika Sari; Zulaeha Ida; Istanti Wati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.10826

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan pembelajaran memproduksi teks anekdot yang menggunakan model sinektiks dan Problem Based Instruction pada gaya kognitif siswa dalam mengoptimalkan proses dan hasil pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA pada dua sekolah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa model pembelajaran sinektiks lebih sesuai diterapkan pada siswa bergaya kognitif field independen dan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih sesuai diterapkan pada siswa bergaya kognitif field dependent. Kedua model pada gaya kognitif siswa tersebut terdapat perbedaan kefektifan Kata Kunci: memproduksi teks anekdot, model sinektiks, problem based instruction, gaya kognitif Abstract This study aims to test the effectiveness of learning to produce an anecdotes text that uses the sinektiks and Problem Based Instruction models on cognitive styles of students in optimizing the learning process and results. Research using quasi-experimental method with analitist study design. Data collected through tests, observations, and interviews. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. The subjects were students senior high school of X class at two different schools. The result of research indicating that learning models is more appropriate sinektiks applied to the field independent cognitive style and problem based learning models is more applied field dependent cognitive style. Both models of the cognitive styles of the students there are differences effectiveness. Keywords: produce text anecdote, sinektiks models, problem based instruction models, cognitive style
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI LISAN MENGGUNAKAN METODE PASAR KELAS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SOCIAL SCIENCE-2 SMA NEGERI 3 SLAWI Cinda Rizki Aulia; Haryadi Haryadi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.11218

Abstract

Proses pembelajaran memproduksi teks negosiasi lisan pada peserta didik kelas X SOS-2 SMA Negeri 3 Slawi belum terlaksana secara optimal. Oleh karena itu, peneliti mencoba memecahkan masalah dengan menggunakan metode Pasar Kelas dan media audio visual. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan keefektifan dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan. Rata-rata nilai keterampilan peserta didik pada siklus I yaitu 2,94 dengan persentase ketuntasan 62,07%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 3,57 dengan persentase ketuntasan 100%. Peningkatan keterampilan memproduksi teks negosiasi lisan ini juga diikuti perubahan sikap religius dan sosial ke arah yang lebih baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran juga sangat baik. Kata Kunci: Media Audio Visual, Metode Pasar Kelas, Memproduksi Teks Negosiasi Lisan. Abstract Learning process of producing spoken negotiation text on the SOS-2 tenth grade students of SMA Negeri 3 Slawi has not been done optimally. Therefore, the writer tried to solve the problem using Class Market method with audio-visual. It is aimed to show the effectiveness and active students in learning. This research uses the design of classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of stages, planning, implementing and observing, reflecting. The result of the study showed the improvement significantly. The average score of students skill in first cycle is 2,94 with the precentage of completeness 62,07%. In the second cycle the average score increase significantly to 3,57 with precentage of completeness 100%. The improvement of this producing spoken negotiation text skill is followed by changes in the religious and social attitudes to be better. Response of students toward learning is also very good. Keyword: audio visual media, Class Market method, producing spoken negotiation text.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI DAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII SMP zumeroh zumeroh; Wagiran Wagiran
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.12149

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi pada siswa kelas VIII SMP, (2) menentukan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model teams games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP, (3) mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi dan model teams games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design dengan memberikan perlakuan model simulasi pada eksperimen 1 dan model teams games tournament (TGT) pada eksperimen 2. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sample yaitu siswa kelas VIII H sebagai eksperimen 1 menggunakan model simulasi dan siswa kelas VIII I eksperimen 2 menggunakan model teams games tournament (TGT). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pembelajaran membacakan teks berita pada siswa VIII SMP Negeri 4 Ungaran efektif menggunakan model simulasi dan model teams games tournament (TGT). Pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model simulasi lebih efektif dibandingkan menggunakan model teams games tournament (TGT). Kata kunci : pembelajaran membacakan teks berita, model simulasi, model teams games tournament (TGT) ABSTRACT The aim of this study : (1) determine the effectiveness of learning reading news item text using simulation models to the student of VIII grade of SMP, (2) determine the effectiveness of study read the text message using a model of teams games tournament (TGT) to the eighth grade students of SMP, (3) determine differences in the effectiveness of reading news item text using simulation models and teams games tournament (TGT) models to the VIII grade of SMP. This research uses quasi-experimental research design with nonequivalent control group design by delivering a treatment of simulasion model in the experiment 1 and teams games tournament (TGT) model in the experiment 2. The population of this study was all often study of VIII grade of SMP Negeri 4 Ungaran. Samples of this study were selected by using purposive sample technique students of VIII H as experiment 1 using a simulation model and the which is the students of VIII I use teams games tournament (TGT) model a experiment 2. The results of this study show that learning on the students reading a news item text of SMP Negeri 4 Ungaran of effective using simulation model and teams games tournament (TGT) model. Learning reading a news item text the simulation model is more effective than using a of teams games tournament (TGT) model. Key word: learning reading news item text, simulation model, teams games tournament model (TGT)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE AJJI (AMATI JARING-JARING IDE) DENGAN MEDIA SKEMA BARANG KENANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG Bambang Hartono; Mutaqim Mutaqim
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.14532

Abstract

Pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa belum terlaksana secara maksimal karena pembelajaran yang dilaksanakan belum memotivasi siswa dengan baik. Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa yaitu dengan menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dan media skema barang kenangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil tes keterampilan sebesar 74 dengan persentase ketuntasan 56%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes keterampilan meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan 100%. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi ini juga diikuti respon siswa terhadap pembelajaran dan juga perubahan sikap religius dan sosial ke arah yang lebih baik. Kata kunci:Menulis teks deskripsi, metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide), media skema barang kenangan, sikap religius, sikap sosial ABSTRACT Learning of write descriptive text in class X-Acounting Masehi PSAK Ambarawa senior high school has not been done up since learning implemented not motivate the students well. Efforts to improve the writing skills of descriptive text in class X-Acounting Masehi PSAK Ambarawa Senior High School is by using a method of AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) and skema barang kenangan media. The results showed a significant increase. In the first cycle, the average value of the skills test results by 74 to 56% the percentage of completeness. In the second cycle, the average value of the skills test results increased to 82 with the percentage of completeness 100%. Improved writing skills descriptive text is also followed by the response of students to learning and also religious and social attitudes change towards the better. Keywords: writting descriptive text, AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) method, skema barang kenangan media, religious attitudes, social attitudes
PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF MENGGALI INFORMASI DAN MENDEMONSTRASIKAN TEKS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SD subyantoro subyantoro; Afif Restu Fauzi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.14633

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik CD interaktif teks permainan tradisional, (2) merancang prototipe CD interaktif teks permainan tradisional, dan (3) memperoleh validasi prototipe CD interaktif teks permainan tradisional.Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development(R&D)dengan lima tahapan. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil analisis karakteristik CD interaktif teks permainan tradisional, (2) prototipe CD interaktif teks permainan tradisional, (3) penilaian dan perbaikan CD interaktif teks permainan tradisional. Produk CD interaktif yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pelengkap buku teks kurikulum 2013untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggali informasi dan keterampilan peserta didik dalam mendemonstrasikan teks permainan tradisional. Kata kunci:CD Interaktif, permainan tradisional, muatan karakter, pembelajaran tematik ABSTRACT The objectives of this study were (1) to identify characteristics of interactive CDs of traditional game text, (2) designing an interactive CD prototype of traditional game text, and (3) obtaining an interactive prototype CD validation of traditional game text. This research uses Research and Development (R & D) approach with five stages. The results of this study were (1) the results of interactive CD characteristic analysis of traditional game text, (2) prototype CD interactive traditional game text, (3) assessment and improvement of interactive CDs of traditional game texts. The interactive CD product developed can be used as a complementary media textbook of the 2013 curriculum and to improve the learner's ability to explore the information and skills of learners in demonstrating traditional game text. Keywords: Interactive CDs, traditional game, character content, thematic learning
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS FABEL BERMUATAN NILAI BUDAYA DENGAN METODE GOALL, PLANS, IMPLEMENTATION, AND DEVELOPMENT BAGI SISWA SMP Nas Haryati; Citra Bulan Vasda Resta
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.14716

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran teks fabel, mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan teks fabel, merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan teks fabel, mengetahui prototipe buku pengayaan teks fabel, mengetahui hasil uji validasi dan perbaikan prototipe buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya dengan metode membaca goall, plans, implementation, and development (GPID) bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap. Prototipe dari buku pengayaan teks fabel adalah sampul buku, bagian awal buku (halaman judul, halaman hak cipta, prakata, daftar isi, petunjuk penggunaan buku), bagian isi buku (teori dan praktik, contoh teks fabel, info budaya, rangkuman), dan bagian akhir buku (glosarium, daftar pustaka, tentang penulis). Hasil dari produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai buku pendamping dan bahan referensi dalam pembelajaran memahami dan meringkas teks fabel. Kata Kunci: buku pengayaan, keterampilan memahami, keterampilan meringkas, teks fabel, nilai budaya, metode membaca GPID ABSTRACT The aim of this research are to describe the availability and condition of fables text learning companion book, to describe the needs of fable text enrichment book, to formulate the principles of enrichment book development, to know the prototype of fable text enrichment book, to know the results of the validation test and the prototype improvement that containing value of culture with goall, plans, implementation, and development (GPID) reading method for junior high school students. This research used Research and Development (R&D) design. It was done for five stages. Prototype of the fable text enrichment book are: cover book, the beginning part of book (title page, copyright page, foreword, table of contents, instructions using book), content section of book (theory and practice, sample of fable text, culture info, summary), and end section of book (glossary, bibliography, about the author). The result of developing product can be used as companion books and references in learning to comprehend and summarize fable text. Keywords: enrichment book, comprehend and summarize skill, fable text, culture value, GPID reading method
THE DEVELOPMENT OF MEDIA SKILLS READING POETRY BASED ON ANDROID PARTICIPANTS WITH LEARNING STYLE AUDITORIS IN SENIOR HIGH SCHOOL Nugraha Ardi Setyawan; Ahmad Syaifudin -; Mulyono - -
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1: Mei 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v6i1.16299

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan karakteristik, prinsip-prinsip, dan prototipe media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang pendidikan SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Karakteristik media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris meliputi (1) menggunakan perangkat mobile atau portible, (2) memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi bergerak, (3) praktis dibawa ke mana pun, (4) sifatnya yang mobile dan terkoneksi internet, (5) peran pendidik sebagai jembatan penghubung untuk melakukan bimbingan belajar, (6) materi dapat diakses setiap saat dan visualisasi yang menarik, dan (7) tidak terbatas ruang dan waktu. Prinsip-prinsip media terampil membaca puisi meliputi (1) merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dan khas, (2) merumuskan butir-butir materi secara terperinci (3) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (4) menulis naskah media audio, dan (5) Ppoduksi media audio. Keunggulan media ini dapat dioperasikan di mana saja dan kapan saja, pengoperasian yang mudah, dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan pendidik Kata kunci : membaca puisi, media pembelajaran, media puisi, android, auditoris This research aims to explain the characteristics, principles, and media prototype of android-based poem reading skill for senior high school students through auditory learning method. This study uses research and development (R&D) method. The characteristics of android-based poem reading skill for senior high school students through auditory learning method are (1) using mobile or portable devices, (2) utilizing portable devices and technology, (3) easy to carry everywhere, (4) mobile characteristic and connected to the Internet, (5) role of the educator as a connector in advising the students, (6) the materials can be accessed every time with interesting visualization, and (7) no spot and time limitation. Principles of poem-reading media are (1) formulating special instructional purposes operationally, (2) formulating material items specifically, (3) develop success parameter devices, (4) write the audio media script, (5) production of audio media. The benefits of this media are easy to operate, can be operated everywhere and anytime, and students are able to communicate with the teacher. Keywords: poem reading, learning media, poem media, android, auditory.

Page 1 of 1 | Total Record : 7