cover
Contact Name
Liah Siti Syarifah
Contact Email
liahss@staisyamsululum.ac.id
Phone
+6285716563367
Journal Mail Official
manhajuna@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No.27-29, Gunungpuyuh, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43123
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 28281055     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical experience.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi " : 5 Documents clear
Studi Implementasi Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren Syafruddin Amir
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian tentang modernisasi pendidikan di pesantren cenderung membahasmasalah reformasi, perkembangan sistem pendidikan Islam danintergrasinya pada pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untukmengkaji implementasi modernisasi pendidikan di pondok pesantren.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi,yaitu teknik menyalin dokumen atau referensi buku-buku yang berkaitandengan isi materi penelitian ini. Analisis data dilakukan bersamaan dengansambil pengumpulan data dan setelah pengumpulan data secara simultan.Langkah analisis data ini meliputi mengatur urutan data, memisahkansetiap satuan data sesuai aturan analisis terkait rumusan masalah danpenafsiran data. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa modernisasipendidikan di lingkungan pondok pesantren dilakukan dengan mendirikanlembaga pendidikan formal yang sejalan dengan kebutuhan konsumenpendidikan, tuntutan kehidupan modern, dan kebutuhan intelektual Muslimberikutnya.
Penerapan Strategi Modernisasi Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Baca-Tulis al-Qur’an Enung Nurjanah
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan strategi pembelajaran modernisasi bagi peserta didik dari kelas ekonomi menengah ke atas dalam menumbuhkan minat baca-tulis al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitik dengan menggunakan pendekatan fenomenologi karena berkaitan langsung dengan kehidupan, khususnya di SMA se Kota Sukabumi. Dengan pendekatan fenomenologik, diharapkan deskripsi atas fenomena yang tampak dilapangan dapat diinterpretasikan makna dan isinya secara mendalam. Berdasarkan kajian didapatka hasil bahwa strategi modernisasi merupakan kemampuan menciptakan situasi dan kondisi, komunikatif serta menyenangkan, akselerasi pencapaian tujuan, melakukan kontak dan komunikasi dengan cara-cara yang baik, tidak banyak tekanan, kemampuan mengelola faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik, keterlibatan seluluh komponen pendidikan serta kerjasama. Juga mengetahui berbagai macam hambatan untuk dicarikan solusinya dan pemahaman akan manfaat mempelajari baca tulis al-Qur-an bagi peserta didik dari kelas ekonomi menengah ke atas untuk menumbuhkan minat terhadap baca tulis al-Qur’an di SMA se Kota Sukabumi.
Penerapan Epistemologi Bayani dan Burhani sebagai Metode Pembelajaran Rasyid Ridlo
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang epistemologi bayani dan burhani yang diterapkan menjadi sebuah metode pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan Penelitiannya menjelaskan penerapan epistemologi bayani dan burhani di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan library research yaitu dengan metode pengumpulan data pustaka, yang terdiri dari beberapa artikel jurnal dan beberapa buku selanjutnya membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Artikel ini menyimpulkan bahwa epistemologi bayani bersumber dari texs yang terdiri dari al-Quran, Hadits, dengan metode ijtihad, istinbat, istinja dan istidlal diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah pada pelajaran al-Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqh dan Sejarah kembudayaan Islam. Metode Bayani ini menjadi pondasi ilmu yang kokoh bagi peserta didik pada kegiatan belajar dimasa yang akan datang. Sedangkan epistemologi burhani bersumber dari kealaman dan kemanusiaan yang diterapkan pada mata pelajaran IPA, IPS, PPKN, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Seni dan Olahraga. Metode burhani dilakukan dengan kegiatan tradisi ilmiah melalui pengembangan ilmu yang sudah ada dan tradisi mencari temuan dari masalah disekiratnya.
Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Zenna Hara Lestari; Jasmansyah
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan di SMK Plus An-Naba Sukabumi di kelas X AP 2. Pada penelitian ini, dilakukan empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis, analisis data pada aspek kognitif digunakan gain skor. Berdasarkan hasil penelitian nilai tes akhir mata pelajaran PAI pada siklus I sebesar 46,9 dan N-gainna sebesar 0.29, sedangkan rata-rata nilai tes akhir mata pelajaran PAI pada siklus II sebesar 71,05 n N-gainnya sebesar 0,31. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Filsafat: Sarana Berpikir pada Manusia Asri Rahmatillah
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan berpikir merupakan salah satu keseharian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena kehadirannya mampu mempengaruhi manusia terhadap berbagai aspek kehidupannya. Tujuan dalam penulisan artikel ini ialah untuk mengetahui serta memahami bagimana peran filsafat sebagai sarana berpikir manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yang dimulai dengan reduksi data, tabulasi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil paparan serta analisis menunjukkan, bahwa filsafat merupakan bagian penting dari sarana berpikir manusia, dimana proses berpikir filsafat yaitu berpikir secara mendalam, dari berbagai sudut pandang, serta menyeluruh, sehingga kebenaran yang pasti bisa ditemukan. Mengingat peran penting filsafat tersebut, maka tentunya hal ini sangat dibutuhkan oleh manusia sepanjang masa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5